Friday, January 9, 2015

Masalah Sosial Remaja Masa Kini di Indonesia

problem teens

Masalah sosial remaja masa kini terletak pada kepercayaan diri. Banyak yang tidak percaya kepada dirinya sendiri dengan apa yang mereka miliki, apa yang mereka kenakan, apa yang mereka lakukan, dan apa yang mereka harapkan.

Apalagi bila membicarakan mengenai gengsi. Gengsi menyebabkan kepercayaan diri mereka menjadi kacau, bahkan dapat membuat mereka menjadi terlihat buruk di mata orang lain. Sesekali mereka ingin tampil beda, akan tetapi gosip miring selalu terucap keras dan membuat telinga panas. Padahal mereka sebenarnya hanya ingin berubah demi kebaikan.

Indonesia berpenduduk mayoritas agama islam. Agama yang diwajibkan menutup aurat bagi perempuan dan laki-laki, agama yang berbudaya dan hidup bersosial tinggi, agama yang dijunjung dengan etika yang kuat, dan agama yang mewajibkan penganutnya untuk selalu tampil sederhana.

Sekarang Indonesia sudah merdeka di tahun 1945. Namun tetap saja masih merasakan penjajahan bangsa lain. Kita bisa lihat dari segi penampilan, dari segi kebudayaan, dan dilihat dari segi teknologi.

Dari segi penampilan dulu. Masyarakat Indonesia terlihat mulai menurun dari segi budaya penampilan. Budaya berpenampilan yang sederhana kini telah runtuh. Remaja sekarang saling berlomba-lomba untuk berpenampilan glamor. Penyebab itu semua karena gengsi. Gengsi adalah salah satu penyebabnya utamanya pada saat sekarang ini. Mereka akan dipandang kuno bila tidak mengikuti cara berpenampilan layaknya bangsa barat. Yang dulunya tertutup, sekarang tampil buka-bukaan. Bahkan sampai ada perancang asal Indonesia yang pakaian buatannya tampil buka-bukaan, bisa menjadi top dunia.

Kemudian dari segi kebudayaan. Masyarakat sekarang lebih memilih menjadi seorang musisi band, atau ikut-ikutan K-POP. Mereka lebih terlihat nyaman dan senang dengan kebudayaan asing. Mereka sengaja lupa dengan kebudayaan aslinya, salah satunya kebudayaan kesenian Gamelan. Gamelan, kesenian alat musik tradisional yang sekarang sudah mulai kurang digemari, tidak dijamah, dan bahkan sudah ada yang melupakan. Hanya para orang tua saja yang tetap memainkan dan melestarikan alat musik gamelan ini. Tapi sebaliknya, kenyataannya sekarang para turis dari negara asing lebih telaten dari pada remaja Indonesia untuk memainkan alat musik gamelan.

Terakhir, dari segi teknologi. Lihat saja gadget keluaran dari Cina dan kendaraan keluaran Jepang lebih mendominasi, daripada buatan asli Indonesia. Negara yang merdeka, ternyata masih terjajah dan bergantung pada negara lain. Harusnya para remaja Indonesia harus bisa berpikir bagaimana ke depannya atau masa yang akan datang. Karena mereka yang akan memimpin Indonesia di masa depan. Naik buruknya moral sosial bangsa ini, dipegang oleh garis darah mereka.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai masalah sosial remaja masa kini di Indonesia. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Jangan ada saling menyalahkan, saling meremehkan, dan saling menjatuhkan. Bercerminlah pada diri sendiri.

Sekian, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Masalah Sosial Remaja Masa Kini di Indonesia
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -