Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 15 Januari 2015

Uniknya Mahasiswa (BM) Bidik Misi

Postingan berikut menceritakan bagaimana keunikan menjadi seorang mahasiswa Bidik Misi. Cerita ini saya ambil dari artikel Facebook milik adik kelas satu jurusan. Beliau sering membuat artikel-artikel mengenai kehidupannya di akun facebooknya. Beliau merupakan salah satu mahasiswa bidik misi yang nilai ipk-nya tinggi sekali, bisa dibilang hampir sempurna.

Saya tau beliau makannya nasi, tapi otak dan pemikiran saya dan beliau berbeda. Beliau anak bidik misi, sedangkan saya adalah mahasiswa mandiri.

Langsung saja, tanpa basa-basi. Bacalah !

Uniknya Mahasiswa (BM) Bidik Misi

mahasiswa organisasi bidik misi

Hai, perkenalkan nama saya Nanang. Saya adalah salah satu mahasiswa bidik misi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2012. Berarti saya sudah semester lima kawan. Saya mau bercerita tentang pengalaman hidup saya selama menjadi mahasiswa. Enaknya dimulai dari mana kawan? Dimulai dari Sabang sampai Merauke atau dimulai dari kosong terus diakhiri dengan angka sebelas? malah jadi klub sepak bola dong? Ha...ha garing kawan.

Oke kawan, kalian semua pada tau es krim kan? Apa yang kalian bayangkan tentang es krim? Rasanya enak, manis, banyak rasa mulai dari yang pahit karena pas kalian makan, kalian campurkan obat. Sampai yang manis sekali karena saya tambahkan gula. Menurut kalian es krim itu unik tidak? Banyak bentuknya iya, mulai dari yang tumpul, yang bulat-bulat, sampai yang ujungnya lancip seperti piramid pun juga ada ha..ha.

Ya, ibarat es krim. Menurut saya mahasiswa bidik misi itu juga unik. Kenapa saya bilang “unik”? Coba kalian lihat setiap mahasiswa bidik misi di fakultas kalian masing-masing, saya jamin dan saya pastikan tak ada mahasiswa bidik misi yang memiliki kesamaan identik, kembar, sama persis 100% ha..ha..ha, kalau kalian tidak percaya coba deh kalian mengadakan penelitian, kalau perlu kalian jadikan judul skripsi tentang analisis mahasiswa bidik misi yang memiliki kesamaan 100%? Ha..ha..ha mungkin malah buang-buang duit ha..ha..ha

Kawan, sekali lagi mahasiswa bidik misi itu unik. Dari sekian juta mahasiswa bidik misi di UNY atau di Indonesia tak ada dua pun mahasiswa yang memiliki kesamaan 100%. Tapi “unik” yang saya bahas di sini bukan “unik” yang begituan, ha..ha..ha. Uniknya mahasiswa bidik misi menurut versi saya ditinjau dari berbagai sudut pandang. Pertama, ditinjau dari segi prestasi, kedua ditinjau dari segi finansial, ketiga ditinjau dari segi asmara, ha..ha. Enaknya dimulai dari mana ya? Enaknya dimulai dari segi yang pertama aja ya. ha..ha..ha

Oke. Pertama ditinjau dari segi prestasi, mahasiswa bidik misi itu mempunyai prestasi yang beraneka ragam. Beraneka ragam, artinya mahasiswa bidik misi itu prestasinya bermacam-macam, mulai dari prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi akademik, contohnya mendapatkan IPK lebih dari 3, mendapatkan kejuaraan lomba karya tulis, dan lain-lainnya sejenis itu. Ha..ha Prestasi non akademik juga banyak yang dicapai oleh mahasiswa bidik misi, contohnya prestasi di bidang olahraga baik tingkat nasional maupun internasional. Bidang seni, baik seni tari, seni musik, seni vokal maupun seni copy paste tugas sampai tidak ketahuan dosen ha..ha..ha. Jangan tersinggung ya, itu benar-benar ada dalam pengamatan saya. Tapi jangan ditiru ya. *nakal

Kedua ditinjau dari segi finansial. Tau finansial kan? Finansial itu kalau di indonesia artinya keuangan, kalau di jawa artinya 'keduitan' :D. Saya kasih tau ya, mahasiswa bidik misi itu paling sensitif dan peka kalau disinggung tentang masalah begituan. Termasuk saya juga sih. Ha..ha..ha. Menurut saya, mahasiswa bidik misi itu selalu 'hemat' *ke arah pelit, boros, visioner, senang di awal bulan tapi juga menderita di akhir bulan. 1) hemat, mahasiswa bidik misi selalu hemat dalam hal apapun misalnya untuk makan, bahkan saking hematnya itu ke arah pelit, ada yang sampai makan hanya satu piring nasi sehari :D (menderita sekali). 2) boros, mahasiswa bidik misi itu terkadang niatnya di awal beli apa malah jadinya membeli apa, maklum itu. 3) visioner, mahasiswa bidik misi itu selalu visioner ke depan, punya harapan ke depan, punya harapan mau beli motor dengan tabungan, bahkan yang ingin jadi pengusaha juga ada. 4) Senang di awal dan menderita di akhir bulan, ya.. ini sudah menjadi tradisi mahasiswa bidik misi ketika masa-masa transisi pergantian bulan :D Ketika di awal mahasiswa bidik misi merasa senang bukan main, mentang-mentang punya uang lalu dihabiskan sekejap mata ke sana kemari tanpa berpikir ke depannya mau bagaimana. Ha..ha. Lanjut ketika di akhir bulan, ini adalah masa-masa paling menderitanya mahasiswa bidik misi, apalagi bagi mereka yang tidak diberi uang saku oleh orang tua, dimasa-masa ini mahasiswa bidik misi pada prihatin, pada mulai melakukan penghematan ha..ha..ha

Ketiga ditinjau dari sudut pandang asmara. Nah, ditinjau dari sudut yang satu ini ada hal-hal yang unik dan menarik bagi saya bahkan bagi kalian semua. Ditinjau dari status asmara mahasiswa bidik misi itu mempunyai banyak status. Ada yang status jomblo, berhubungan tanpa status, pacaran, dll. ha..ha Siapa yang saat ini tidak pernah jomblo? Pasti kalian semua pernah jomblo kan? Ayo mengaku? sudah menjadi takdir status jomblo itu, entah jomblowan atau jomblowati, entah jomblo bidik massa atau jomblo bidik misi. Ha..ha..ha. Jomblo disini juga ada kelasnya. Jomblo kelas setia dan jomblo kelas tidak setia. Jomblo setia itu contohnya saya, jomblo yang setia pada satu hati maksudnya :v ha.ha.ha. Kalau jomblo yang tidak setia itu, ya jomblo yang sering mencari mangsa, selingkuhan banyak ke sana ke mari, selalu bikin tips cadangan, tapi tidak pernah dapat-dapat :v sakit hati kan kalau begitu :P. Yang kedua adalah status pacaran. Nah, saya yakin kalian semua mahasiswa bidik misi tentu ada yang punya pacar. Iya kan? Iya kan? Ha..ha. Entah itu pacar satu kampus atau beda kampus, entah itu pacar sesama bidik misi, atau pacar beda jalur. Saya baru membayangkan nih, bagaimana kalau ada mahasiswa bidik misi yang pacaran ala bidik misi begitu, pasti menarik dan so sweet banget. Cara berpacaran pasti dilandasi dengan prinsip hemat dan keprihatinan. Ketika kencan, pastinya juga ada jadwal, pasti jadwal kencan di setiap awal bulan, kalau tidak pas di hari uang bidik misi turun, ya paling mundur satu minggu dari tanggal satu :v Terus tempat makannya ya kalau tidak di angkringan, di 'warteg' ( warung tegal ), atau di warung 'burjo' ( bubur kacang hijau ), kan hemat. Ha..ha..ha.. Ketika beli es jus, satu gelas untuk berdua. Makan satu piring berdua, Ketika kencan, jalan kaki saja, kan sehat dan so sweet malahan :D

Bagaimana? Mahasiswa bidik misi emang unik bukan? So, bangga dong jadi mahasiswa bidik misi yang unik :D Salam berkarya!


Karya Oleh: Nanang Yulianto
Sumber: https://www.facebook.com/notes/nanang-yulianto/uniknya-mahasiswa-bm/765799536806538


Nah, bagaimana dengan cerita dan curhatan hati anak bidik misi barusan? Apakah kalian juga mengalaminya? Atau jangan-jangan, hidup kalian lebih indah atau lebih buruk?

Semoga saja, kalian para mahasiswa bidik misi selalu berpikiran positif. Jangan sia-siakan bantuan dari kampus, dontur, atau pemerintah. Kalau nilai ipk kalian dibawah minimal syarat menjadi mahasiswa bidik misi, jangan khawatir. Karena kalian masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki. Tetap optimis dan jangan menyerah!!! :)


----------

Sekian postingan saya kali ini. Semoga menghibur. Lol

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Uniknya Mahasiswa (BM) Bidik Misi
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top