Thursday, February 12, 2015

Alasan Kenapa Orang Tua Melarang Anaknya Pulang Malam

ibadah
serenemaklong.blogspot.com
Ada beberapa alasan kenapa banyak orang tua melarang anaknya pulang malam. Namun di sisi lain, anak terkadang kurang peka terhadap nasehat yang mereka dengar dari orang tua mereka. Alasan-alasan tersebut sebenarnya masuk akal dan harusnya anak dapat memahami atas semua alasan yang diberikan oleh orang tua. Tapi sayangnya, kebanyakan anak pada jaman sekarang ini, bukannya bersedia berpikir, malah sudah memberi kesimpulan buruk atas alasan-alasan yang diberikan orang tua kepada mereka. Tanpa panjang lebar saya akan memberikan Alasan Kenapa Orang Tua Melarang Anaknya Pulang Malam secara sepintas.

Silahkan dibaca:


Orang tua takut anaknya pulang malam karena kondisi di malam hari yang gelap dan sepi. Orang tua takut bila di jalan si anak tiba-tiba mendapat musibah, misalkan: ban bocor, kecopetan, pemerkosaan, bensin habis, kendaraan mogok, atau pun pembunuhan. Pada malam hari pastinya orang yang keluar rumah tidak seperti siang hari. Sehingga orang tua yang sangat peduli dan sayang terhadap anaknya pasti memiliki kecemasan tinggi. Orang tua menginginkan kehidupan yang layak dan pastinya baik terhadap kelangsungan hidup si anak di tahun-tahun kedepan. Contoh saja: “Kalau anaknya pulang malam terus diperkosa. Apakah orang tua kalian tidak terpukul hatinya? Karena malu, kalian kemudian lalu bunuh diri. Padahal kesalahan itu dimulai dan dibuat oleh kalian sendiri, yaitu dengan pulang malam. Padahal sebelumnya orang tua kalian sudah berpesan bahwa kalian tidak boleh pulang malam. Tapi kenapa kalian masih keras kepala?” “Begitu juga kalau tiba-tiba dijalan kalian jatuh dari motor gara-gara jalan licin. Tahu sendiri kalau malam hari jalanan pasti sudah sepi. Kalian ingin meminta tolong kepada siapa? Orang lain? Orang lain pada tidur di rumah. Tuhan? Tuhan memang tidak tidur dan ada dimana-mana, tapi Tuhan hanya menonton atau mungkin tertawa atas kecerobohan dan kelalaian kalian akibat sikap tercela kalian kepada orang tua, itu supaya kalian sadar.” Seberapa besar cinta kita kepada orang tua?

Mungkin kalian akan 'sadar' bila kalian sudah menjadi orang tua yang memiliki seorang anak pastinya. Tapi itu masih lama. Belum tentu juga kalian masih hidup, gara-gara kalian mati dibunuh orang karena pulang malam. “Ingat, bahwa segala yang kita perbuat hari ini bisa menular pada anak kalian sendiri di masa datang. Kalau kalian berbuat buruk, anak kalian juga akan berbuat buruk. Begitu juga bila kalian berbuat baik, anak kalian juga akan menjadi baik. Karena sesungguhnya anak adalah cerminan orang tua. Bertobatlah sebelum ajal menghentikan nafas kalian. Kalau tidak sekarang, kapan lagi?

Ya itu saja yang bisa saya bagikan secara sepintas. Tapi jujur saja saya juga sebelumnya juga suka pulang malam. Tapi semakin bertambahya umur, saya semakin berpikir tentang masa depan saya. Jadi supaya kehidupan saya benar-benar baik, saya juga harus berbuat baik dan tidak membuat orang tua marah terhadap diri saya. Saya anjurkan lebih baik kalian menginap tidur di rumah teman kalian dengan mengatakan yang sejujurnya kepada orang tua kalian. Tapi, kalau sudah diperbolehkan menginap jangan untuk keluyuran. Saya pernah mendengar perkataan, seperti ini kalau saya menangkapnya: “Karena setiap apa-apa yang dikatakan orang tua kepada anaknya, terutama seorang ibu, itu semua adalah doa. Entah itu doa yang baik maupun doa yang buruk.” Jadi tinggal kalian yang memilih sendiri, mau doa yang baik atau doa yang buruk. Itu semua tergantung niat dan semua perbuatan kita. Oh iya, kalian bisa juga tanyakan secara langsung kepada orang tua kalian masing-masing tentang alasan mereka melarang kalian pulang malam. Agar lebih dapat menyadarkan kalian betapa berharganya kalian dimata ‘mereka’ (orang tua).
Alasan Kenapa Orang Tua Melarang Anaknya Pulang Malam
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -