Friday, February 20, 2015

Sesungguhnya Setiap Manusia Membutuhkan Sebuah Cinta

Sesungguhnya Setiap Manusia Membutuhkan Sebuah Cinta

Mungkin bagi segelintir orang cinta tidak dianggap penting, mungkin karena memiliki trauma mendalam yang ia peroleh dari orang lain, entah karena kena bully, kasus pemerkosaan, hamil diluar nikah, kekerasan rumah tangga, putus cinta, dan penyebab lainnya.

Tanpa adanya cinta membuat ‘mereka’ akhirnya berpikiran hal-hal yang tidak dapat dinalar, contoh saja bunuh diri. Mereka melakukan itu karena tidak mengingat dan ‘mereka’ lupa memiliki keluarga, sahabat, dan TUHAN. Sehingga pemikiran mereka itu terlihat betapa sangat tidak manusiawi. Iya sangat tidak manusiawi, karena akhirnya memutuskan tidak membutuhkan cinta.

Jadi begini, suatu ketika ada orang lain yang menyukai ‘mereka’ (yang tidak butuh cinta). Orang lain itu dengan penuh tenaga, penuh asa, dan penuh harta sudah mengeluarkannya dengan susah payah dan sepenuh hati namun tidak menerima balasan apa-apa. Begitu juga sebaliknya, bila ‘mereka’ sangat membutuhkan bantuan orang lain, tapi tidak ada balasan/bantuan yang mereka dapatkan. Apakah ‘kalian’ (mereka) juga akan terima? Tidak kan? Maka dari itu gunakanlah cinta kalian dalam berhubungan dengan orang maupun melakukan sesuatu.

Cinta sebenarnya sangat bermanfaat dalam kehidupan seseorang. Cinta berdampak sangat besar bila satu sama lain saling mencintai. Dan juga, cinta tidak hanya dimunculkan kepada pasangan kekasih saja. Karena cinta bisa diberlakukan kepada orang tua, saudara, anak, alam, dan tentunya juga kepada TUHAN.

Dengan adanya cinta kita bisa memberikan kasih sayang, menjadikan kita selalu berpikiran positif, menjauhi sikap mengeluh, menghilangkan raut wajah yang bermuram durja, serta dengan cinta kehidupan yang kita jalani ini akan lebih indah, hidup, dan bermakna.

Jangan sia-siakan cinta yang ada pada diri kita tertutup karena sebuah trauma. Karena sesungguhnya trauma itu bisa disembuhkan bila kita berani memunculkan atau menghidupkan cinta yang dulunya padam menjadi berapi-api.

Tidak ada rasa sia-sia bila kita benar-benar melakukan sesuatu hal dengan cinta. Malahan sebaliknya, dengan cinta segalanya akan mudah terwujud. Tapi dalam menjalani hidup jangan hanya mengandalkan sebuah cinta saja, karena sesungguhnya semua manusia memiliki otak atau akal untuk berpikir. Berpikir ke depan, berpikir realistis, dan berpikir membangun. Karena dengan menggunakan cinta dan akal kita akan menemukan Arti Sebuah Kebahagiaan yang Sebenarnya.
Sesungguhnya Setiap Manusia Membutuhkan Sebuah Cinta
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -