Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 16 April 2015

17 Kebiasaan Mahasiswa Baru

Sesuatu hal bersifat new pasti perlu adanya penyesuaian. Ini juga terjadi dengan mahasiswa baru. Di kampus mereka akan merasa malu atau minder. Hal itu terjadi karena kurangnya rasa percaya diri yang timbul karena merasa baru. Hal tersebut terjadi entah itu dengan teman sekelas, dosen, kakak tingkat, dan hal-hal baru lainnya. Di artikel ini saya akan menyebutkan 17 Kebiasaan Mahasiswa Baru sesuai dengan pengalaman dan observasi lapangan. Silahkan baca baik-baik.

mahasiswa baru ke kampus

  1. Kumpul bareng teman satu SMA. Teman lama lebih diprioritaskan karena masih gengsi untuk berkenalan dengan mahasiswa baru lainnya yang berbeda SMA.
  2. Langsung pulang ke kost atau rumah. Ini adalah mahasiswa baru yang belum punya kenalan dan tidak punya teman SMA yang satu jurusan, fakultas, atau universitas.
  3. Jalannya masih bungkuk. Belum ada kewibawaan dan kepercayaan diri karena masih dalam tahap penyesuaian lingkungan.
  4. Bawa buku lengkap. Tipe mahasiswa baru yang tidak tahu jadwal mata kuliah. Sekedar bawa buat jaga-jaga.
  5. Bawa tas berat. Ini adalah mahasiswa rajin, tapi sebenarnya ini hanya pencitraan pertama kali. Setelah kenalan dan akrab dengan teman sekelas, tas yang dibawa sudah mulai ringan karena biasanya satu buku untuk dua orang atau lebih.
  6. Bawa motor atau kendaraan sendiri. Kalau sudah kenal, pasti akhirnya boncengan buat jaga-jaga pengeluaran yang mulai membludak. Kalau tidak punya kendaraan pribadi, jalan sendiri-sendiri.
  7. Makan di borjo atau angkringan. Karena tempat itulah yang biasanya harga makanan dianggap paling murah.
  8. Bolos. Masih malu-malu dan akhirnya bolos untuk mempersiapkan kepercayaan diri untuk bertemu teman baru.
  9. Tekun belajar. Demi menjaga harkat dan martabat diri, Indeks Prestasi harus tinggi.
  10. Selalu bertanya dan menjawab pertanyaan. Biar terlihat pintar, padahal aslinya memang pintar. Tapi, kadang sikap itu sering membuat pergunjingan teman sekelas, karena membuat jam pulang menjadi lebih lama.
  11. Memanggil dengan Nama Asli. Orang baru harus sopan dalam berbicara maupun bersikap. Hal ini dilakukan demi mendapatkan teman baru. Memanggil dengan nama asli adalah salah satunya. Tapi kalau sudah akrab, nama samaran, nama bully-an, dan nama binatang akan terdengar keras dan biasa.
  12. Bawa bekal dari rumah. Kebiasaan SMA masih dibawa demi penghematan. Nanti kalau sudah kenal teman baru, makannya sudah di warung ramai-ramai.
  13. Sering mampir lokasi Organisasi Mahasiswa. Sekedar melihat kakak tingkat yang dikagumi dan mengisi kekosongan waktu kuliah dan hati.
  14. Diam di kelas. Mau tanya malu, mau jawab malu, mau ngobrol malu, mau ke toilet juga malu.
  15. Pergi ke tempat Ibadah. Tempat tujuan yang paling bermanfaat untuk mengisi kekosongan waktu kuliah adalah tempat Ibadah. Kebanyakan mahasiswa baru sering berkunjung untuk ibadah dan menyendiri karena belum kenal dengan teman baru.
  16. Pergi ke perpustakaan. Ini adalah trik lama yang sampai sekarang masih dipakai untuk mengisi kekosongan waktu kuliah. Trik ini dilakukan terutama bagi mahasiswa baru yang rumahnya jauh dari peradaban kampus.
  17. Ikut seminar. Mengharap sertifikat untuk kelulusan sesuai saran kakak tingkat. Sebenarnya itu hanyalah bualan kakak tingkat demi memperoleh peserta sesuai kuota yang telah disepakati.

Itu tadi adalah 17 Kebiasaan Mahasiswa Baru yang telah saya sebutkan diatas. Bagi kalian yang mau menambahkan lagi tentang kebiasaan mahasiswa baru lainnya, silahkan tulis di kolom komentar. Saya akan menambahkan 5 link aktif di artikel ini bagi pengunjung yang pertama kali memberikan tambahan mengenai topik diatas, yang pastinya berbeda dengan yang saya sebutkan tadi dengan menambahkan alasannya.

Sekian artikel saya hari ini, bila ada kritik, saran, dan masukkan kalian bisa berkomentar atau lewat kontak yang tertera pada sidebar. Terimakasih telah berkunjung. Salam Ngeblog Asyikk \^o^/
17 Kebiasaan Mahasiswa Baru
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top