Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Senin, 20 April 2015

8 Alasan Orang Berkata Kotor dan Kasar

Ungkapan dan ucapan seseorang itu dikatakan baik bila sesuai dengan lingkungan dan lawan bicara. Bila berbicara dengan pemimpin pasti akan menggunakan pengucapan yang sopan dan tepat, bisa dibilang sesuai dengan EYD (ejaan yang disesuaikan) kalau bisa. Ucapan seseorang itu menandakan kepribadiannya, tapi ada juga yang pintar bermain drama layaknya artis profesional. Ucapan kotor atau 'misuh' (bahasa jawa) sering terucap juga, entah disengaja maupun tanpa sadar. Laki-laki kebanyakan mengucapkan kata tersebut, tapi ada juga wanita yang mengatakannya. Bahkan kata ini juga diucapkan oleh anak-anak yang masih dalam proses meniru atau ikut-ikutan. Tapi, bagi orang yang memiliki keyakinan (agama) yang tinggi biasanya tidak pernah mengeluarkan kata-kata tersebut.

Nah, untuk artikel ini akan memberikan 8 alasan orang berkata kotor dan kasar. Ini sesuai dengan pengalaman dan tentunya hasil observasi lapangan. Tanpa banyak basa-basi, bacalah:

ragu

1. Marah

Ucapan timbul karena rasa marah yang begitu besar sehingga diri sendiri tidak bisa mengontrol untuk tidak mengucapkan kata tersebut. Ini terucap, entah pada orang lain atau diri sendiri.


2. Pengganti Nama

Kata ini terucap kepada teman yang sudah akrab kepada kita. Karena begitu akrabnya, sampai-sampai nama asli bisa diganti dengan nama yang kotor.


3. Membela Diri

Berusaha merendahkan lawan. Ini adalah bukti bahwa aslinya lemah sehingga perlu usaha penguatan, yang tidak didapatkan dari kata-kata baku yang intelek. Kelemahan lebih lanjut tampak ketika tidak mampu mengendalikan lidahnya tanpa mempedulikan konteks, topik atau situasi.


4. Mengumpat

Kata itu muncul ketika kita marah tapi tidak ada orangnya. Bagi saya ini adalah sikap yang banci dan pengecut, karena hanya berani menjelek-jelekkan orang dibelakang.


5. Kesal

Kesal disini bukan berarti marah. Contoh: ketika kita kalah main game, kata-kata kotor itu keluar begitu saja. Atau ketika kita sedang menyelesaikan tugas di komputer, tiba-tiba komputer mati sebelum kita menyimpan file tugas kita.


6. Bingung

Ketika merasa diri kita dalam keadaan bingung, kata itu kadang terucap begitu saja. Penyebabnya karena kebingungan yang tidak memiliki penyelesaian atau pada jalan buntu


7. Malu

Contohnya adalah malu karena jatuh sendiri tanpa sebab di depan orang banyak.


8. Lingkungan

Lingkungan yang buruk membawa dalam keburukan juga. Setiap perbuatan buruk pasti berdampak buruk juga. Begitu juga dengan ucapan.


-------------

Sekian artikel saya yang berjudul 8 alasan orang berkata kotor dan kasar saya bagikan kepada kalian. Semoga kita dan anak-anak kita terhindar dari mengucapkan kata-kata kotor. Memang kesalahan bukan hanya dari cara kepengurusan orang tua terhadap anaknya. Tetapi, kesalahan utama itu dibuat oleh diri sendiri yang tidak bisa menjaga nama baik dirinya sendiri.
8 Alasan Orang Berkata Kotor dan Kasar
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top