Sunday, May 3, 2015

10 Dosa Anak Remaja Waktu Sekolah

Saat remaja adalah masa dimana kita selalu ingin tahu dan mencari identitas diri. Di waktu ini para remaja lebih senang dengan mencari ilmu dan pengalaman baru. Yang terkadang ilmu dan pengalaman baru itu bersifat negatif dan kontroversional. Bukannya apa, tapi masa remaja memang masanya pembuatan dosa. Kenakalan masa remaja bisa dibilang paling expert. Dari dosa kecil sampai dosa besar.

Dan di artikel ini saya akan membagikan 10 Dosa Remaja Waktu Sekolah berdasarkan pengalaman dan observasi. Silahkan, bacalah:

Dosa Remaja Waktu Sekolah

1. Bolos Sekolah

Ijin dari rumah buat pergi ke sekolah. Tau-tau bukannya sampai sekolah, malah nongkrong di burjo, pergi ke mall buat nyari kecengan, atau di warnet (warung internet) buat main game atau browsing film. Nanti sampai waktu pulang sekolah, bukannya pulang ke rumah malah pergi ke sekolah buat ketemu pacar atau main bola sama teman bolosnya.


2. Berbohong Minta Uang SPP

Yang harusnya bayar 300 ribu, bilang ke orang tuanya 400 ribu. Orang tua tau biaya SPP 300 ribu, tapi sebagai remaja profesional membuat alasan bahwa 100 ribu nya buat bayar buku pelajaran.


3. Berbohong Minta Uang Beli Buku Pelajaran

Biaya buku pelajaran tidak banyak diketahui oleh orang tua. Dengan begitu mereka bakalan minta uang lebih untuk bayar buku pelajaran. Hal ini lebih sering dipraktikkan daripada bohong soal bayar uang SPP, ya karena memang tingkat ketidaktahuan orangtua sangat tinggi. Makanya saya harapkan untuk para wali murid untuk selalu mengawasi dan mengecek ke sekolah sendiri.


4. Tawuran Antar Sekolah

Remaja laki-laki yang paling dominan melakukan hal ini. Tapi, tidak sedikit pula remaja wanita juga melakukannya. Berawal dari masalah saling mengejek saat menjadi suporter perlombaan antar sekolah, menjadi besar ketika ada orang yang tidak bertanggungjawab sebagai pemanas antar 2 kubu yang saling ejek. Selesai pertandingan bukannya pulang malah asyik melempar batu dan akhirnya tawuran pun terjadi hingga saat ini.


5. Menyontek

Menyontek dilakukan ketika ada ulangan maupun tugas rumah. Menyontek sebagai langkah mudah untuk menyelesaikan ulangan atau tugas untuk mencapai nilai yang baik, walau ternyata hasil yang diharapkan tidak seperti kenyataan. Mungkin tidak hanya masa remaja SMP / SMA saja, dari SD saja sudah melakukan dosa seperti ini.


6. Makan dan minum barang / atau produk yang bisa dibilang haram. Contoh: menikmati narkoba dan 'miras' (minuman keras)

Berawal dari ajakan teman yang sudah pro dalam hal itu, lalu mencoba sedikit, ketagihan, dan akhirnya menggunakan layaknya kebutuhan.


7. Mencuri Barang Temannya

Waktu mencuri yang tepat adalah ketika kelas berada posisi kosong. Entah waktu istirahat, olahraga, maupun ketika pelajaran di pindah ke laboratorium sekolah. Pencurinya sebagian besar adalah teman kelasnya sendiri yang pura-pura mengambil barang di kelas atau ijin ke kamar mandi.


8. Seks Bebas

Berawal menonton video bokep atau BF (Blue Film / 18++) yang ada di handphone temannya, kemudian browsing internet, download, ditonton di rumah atau di kos secara berulang-ulang, dan akhirnya mempraktekkan layaknya pasangan suami istri yang sedang melakukan adegan penyaluran hasrat, nafsu, dan cinta. Mereka mempraktekkannya bersama lawan jenis, kalau yang sejenis namanya HOMO. Entah dilakukan bersama pacar, teman tapi mesum, atau pekerja seks komersial. Biasanya tempat melancarkan aksinya ketika di rumah waktu sepi, warnet, kos, penginapan, kamar mandi atau kelas kosong sekolah, dan bagi yang orang tuanya kaya biasanya di hotel. Maka tidak jarang banyak remaja sekolah yang dikeluarkan dari sekolah mereka karena alasan ada yang ketahuan hamil, menghamili, dan terjangkit virus HIV AIDS.


9. Main Judi

Berawal dari bermain kartu di sekolah waktu istirahat atau jam kosong. Agar lebih seru dan menantang, mereka menambah dengan uang receh maupun kertas sebagai taruhan. Setelah merasa profesional dalam bermain kartu, lalu menjadi bandar dan tidak sedikit temannya untuk diajak bermain judi demi menambah uang jajan bila menang.


10. Jajan Gratis di Kantin Sekolah

Pasti tau kan? Yang nggak tau saya jelaskan. Gratis adalah free alias nggak bayar. Dosa adalah hal yang dilarang agama. Jadi, Dosa jajan gratis di kantin adalah menyebutkan jumlah jajanan yang dibeli / dimakan lebih sedikit dari kenyataannya. Contoh: ambil jajanan 10 buah. Yang dimakan ditempat 5 buah. Waktu bayar di kasir, bilang 5 buah sesuai yang dibawa atau ditunjukkan pada kasir. Yang 5 buah dimakan di tempat otomatis jajan gratis. Begitu. Sekarang sudah paham?



Jangan dipikirkan terlalu berat-berat. Namanya manusia pasti memiliki kesalahan. Yang penting mau bertobat dan tidak akan mengulangi kedua kalinya adalah manusia HEBAT!! Dan ingatlah selalu orang tua kita ya guys, apalagi kalau lahir di keluarga yang kurang mampu, jangan memaksakan diri, prihatin sama orang tua, bantu-bantu kerja gitu daripada gengsi sama teman. Gengsi itu penyakit yang akhirnya akan menimpa diri kita sendiri, entah malu sama teman karena ketahuan keluarga kita miskin, alhasil kita malah diejek, dihina, dicaci maki, bahkan dibully habis-habisan. Jujur aja, apa adanya, nggak perlu banyak gaya, sekolah ya sekolah, nggak perlu urusin orang lain guys. Biarin teman ngomong apa, siapa tau ternyata mereka sebenarnya juga lahir di keluarga kurang mampu. Lol 😉


------------

Sekian artikel dari saya. Semoga bermanfaat dan camkan baik-baik kalimat terakhirnya, hehehe

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Dosa Anak Remaja Waktu Sekolah
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -