Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 20 Mei 2015

8 Manfaat / Keuntungan dari Ngeblog

Manfaat atau keuntungan dari aktivitas ngeblog atau bermain blog tentunya ada. Hanya saja tidak semua orang dapat menyadarinya sebelum mereka pernah melakukannya sendiri. Padahal daripada Anda update status yang tidak bermutu di jejaring sosial dan hanya untuk mencari muka alias gaya-gayaan serta mengeluh nggak jelas di tempat yang salah, lebih baik Anda blogging saja.

Saya ingin bertanya lebih lanjut:
  • Jika Anda menulis status yang tidak bermakna jelas lalu dipublish di social media, akankah membuat diri Anda terkenal?
  • Lalu apabila mengeluh di social media, apakah keluhan Anda akan benar-benar terjawab dan membuat bahagia?
Tentunya tidak juga kan?

Memiliki akun social media dan menggunakannya bukanlah hal yang salah. Yang salah itu otak Anda karena menggunakannya secara berlebihan dan tidak memanfaatkannya dengan baik. Saya malah lebih senang dan mengapresiasi jika Anda dalam menggunakan social media untuk berbisnis atau memberikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain, bukannya malah nyebar aib orang atau mau cari muka.

Ayo! Coba mainan baru 'ini' (Ngeblog). Ngeblog itu asyik lho! Anda tidak akan pernah menyesal apabila mau serius dan benar-benar mengoptimalkannya. Ditambah lagi aktivitas ini nggak ada yang namanya deadline dan mengganggu kewajiban anda. Pokoknya terserah Anda dalam mengurusnya, asalkan masih tetap update postingan baru walaupun sebulan sekali. Tentunya konten yang diposting pada blog bukan yang melanggar hukum, informasi sesat atau hoax, dan memecah belah persatuan.

Sedangkan untuk alasan saya sengaja membuat blog ini sudah saya sampaikan di artikel pertama yang berjudul Menulis Artikel Blog Pertama Kali. Silakan dibaca jika berkenan.

Anda bisa ngeblog dengan menggunakan platform yang gratis, seperti: blogger, wordpress, tumblr, atau yang berbayar dengan menyewa hosting. Tinggal pintar-pintar saja Anda memilih dan menggunakannya. Untuk tahu kelebihan dan kekurangan tentang platform yang berbayar dan gratis, Anda bisa cari tau sendiri di situs blog atau website yang telah membahasnya dan tersebar di internet.

Balik ke topik.

Saya langsung membahas mengenai apa saja manfaat yang dapat kita rasakan atau diperoleh dari kegiatan ngeblog. Mari budayakan kebiasaan membaca sebelum berkomentar!

Manfaat dari Ngeblog

1. Blog Sebagai Tempat 'Curhat' (Mencurahkan Hati)

Kalau Anda tidak ingin bercerita kepada pihak lain secara langsung karena malu atau bersifat rahasia, Anda bisa menuliskan dan menuangkan unek-unek yang ada dalam pikiran ke dalam blog pribadi Anda.

Bukannya nggak enak ya kalau Anda punya beban pikiran atau masalah? Apalagi jika masalah yang Anda miliki memang benar-benar berat dan semakin menumpuk?

Siapa tau dengan memposting postingan keluhan, pembaca yang hadir akan membaca dan bisa memberikan pendapat, jawaban, dan memotivasi lewat kolom komentar blog pribadi Anda. Jika perlu, silakan gunakan inisial (nama samaran) sebagai identitas rahasia Anda.

Selain masalah, Anda juga dapat menuliskan perasaan suka kepada orang yang Anda kagumi, segala kebodohan-kebodohan pribadi, dan juga semua aib yang Anda miliki walau nggak mungkin banget. Lol.

Pokoknya yang dipublikasikan dalam blog bukan postingan yang bersifat provokatif, p*rnografi, atau yang melanggar hukum. Karena akibatnya bisa-bisa blog Anda kena banned pihak search engine atau Anda malah masuk bui atau penjara gara-gara asal posting dan diketahui pihak berwajib.

2. Sarana Menyalurkan Kelebihan Hobi atau Bakat

Sebagian hobi bisa jadi merupakan sebuah bakat. Dan bakat setiap orang tentunya bermacam-macam. Ada yang berbakat menulis, melukis, design, membuat lagu, dan bakat lainnya yang bisa dibagikan kepada khalayak umum.

Siapa tau dari apa yang Anda bagikan ke dalam blog dapat mencuri hati orang lain. Karya-karya Anda bisa diminati orang banyak. Bahkan, bisa juga karya Anda dilirik oleh produser rekaman yang suka dengan lirik, musik, atau lagu yang telah dipublikasikan di blog pribadi Anda. Bukan tidak mungkin guys, apa sih yang tidak mungkin? Tuhan punya rencana tersendiri untuk diri Anda kedepannya selama Anda tetap melakukan kegiatan yang positif.


3. Mendatangkan Uang atau Penghasilan dari Blog

Salah satu manfaat dari ngeblog ialah menghasilkan pendapatan materi berupa Uang. Nggak percaya?

Ini merupakan salah satu bukti bahwa saya nggak asal berpendapat.

PENGHASILAN dari GOOGLE ADSENSE

Bukti diatas adalah salah satu sumber penghasilan saya dari aktivitas blogging, yaitu menjadi Publisher Google Adsense. Sudah saya peroleh secara cash lewat Western Union. Walau sebenarnya upah dari penayangan iklam Google Adsense tidak seberapa, setidaknya saya bisa menuai hasil dari pembuatan blog dan aktivitas ngeblog lainnya.

Selain Adsense, Anda juga dapat mengikuti program afiliasi lainnya yang tersebar di internet. Bisa juga membuat blog bisnis online, menawarkan jasa periklanan, atau jasa penulis online.

Jadi, seperti peribahasa "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui". Pintar-pintar saja dalam mengelola blog agar nantinya banyak diminati oleh pengunjung atau pembaca.

Untuk dapat diterima Google Adsense, bila berkenan silakan ikuti cara saya agar diterima google adsense.

4. Membuat Kita Populer

Anda tau Raditya Dika? Beliau merupakan salah satu artis terkenal di negara Indonesia ini.

Sebelum terkenal atau sepopuler saat ini, awalnya Raditya Dika juga seorang blogger. Beliau menulis segala unek-uneknya di blog dengan diisi kelucuan setiap postingannya. Karya tulisannya akhirnya disukai atau diminati orang banyak untuk dibaca dan dishare. Dan sampai pada akhirnya blognya menjadi pijakan kepopulerannya hingga saat ini.

Anda pun juga bisa seperti beliau. Berawal dari yang kelihatannya kecil, tapi pada kenyataannya hasil akhirnya pun dapat berbuah kesuksesan yang sangat luar biasa. Sudah minat untuk ngeblog sekarang?

5. Memperkenalkan Usaha atau Produk yang Kita Punya

Banyak pihak pengusaha membuat website untuk memperkenalkan produk dan jasa yang mereka miliki. Tapi itu hanya bersifat statis dan kaku, sehingga kurang greget.

Disisi lain, karena harga pengiklanan di televisi jauh lebih mahal daripada lewat internet, maka itu pihak mereka membuat sebuah Blog.

Blog bagi mereka berguna sebagai wadah update informasi terbaru, entah itu berupa produk baru atau penawaran-penawaran lainnya, yang dapat dibaca oleh pencari info terkait. Keuntungan lain dari postingan blog membuat konsumen lebih paham dan tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Karena informasi yang ditulis di blog biasanya lebih lengkap daripada lewat website. Apalagi mau beriklan di televisi sudah 'singkat' harga atau biaya periklanannya sangat mahal pula. Sehingga banyak pemilik usaha memanfaatkan blog untuk membantu memperkenalkan produk-produknya agar laris manis terjual.

6. Sarana Bersosial

Para blogger biasanya akan mengenali blogger lainnya lewat forum atau grup blogger. Di forum, kita bisa mendapat ilmu baru, masukkan, atau kritikan. Sehingga, selain menambah teman, kita juga dapat berbagi informasi dan menambah wawasan tentang pengelolaan blog. Yang pada akhirnya, pastinya bermanfaat untuk diri kita sendiri dalam mengelola blog.

7. Berbagi Informasi

Tulis semua hal yang sudah kita pahami, praktikkan, dan ketahui di blog. Siapa tau ada orang lain yang sedang membutuhkan juga. Dengan demikian artikel yang kita tulis di blog dapat bermanfaat untuk orang lain juga. Luar biasa sekali bukan?

8. Membantu Kita Belajar Menulis dengan Baik

Menulis dengan baik yang saya maksud adalah tulisan yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disesuaikan), komunikatif, rapi, tidak amburadul dan alay. Dengan kebiasaan seringnya menulis artikel, kita dapat melihat perbandingan artikel awal dengan artikel berikutnya. Dan bisa saya tebak, pasti tulisan di artikel terakhir Anda akan lebih baik daripada tulisan di artikel pertama kalinya Anda posting.

Itu lah 8 Manfaat atau Keuntungan dari Ngeblog atau Bermain Blog yang dapat saya sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Amin!

Terima kasih telah berkunjung. Baca juga artikel lainnya dalam blog ini. Sekian, salam \^o^/ Ngeblog Asyikk.
8 Manfaat / Keuntungan dari Ngeblog
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top