Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Selasa, 26 Mei 2015

8 Senjata Ngeblog Para Blogger yang Harus Dimiliki

Inilah 8 senjata ngeblog para blogger yang harus atau wajib dimiliki - Sebuah blog juga harus dioptimasi agar setiap postingan artikelnya muncul di SERP, kalau memungkinkan tampil di page one dan pada urutan pertama di mesin pencarian.

Bagi para blogger kebanyakan pastinya ingin sekali blog menjadi terkenal dan blog mendapatkan banyak pengunjung. Bukan hal yang susah sebenarnya apabila mau berusaha dengan maksimal serta cari-cari referensi yang up to date, atau minta masukan blogger ahli, dan jangan lupa untuk selalu praktik / bereksperimen teknik-teknik baru.

Ada cara tersendiri untuk menggapai itu semua. Layaknya sebuah perang kita memerlukan senjata dan strategi untuk melawan musuh agar menang. Kemenangan adalah wajib diperoleh, tapi jangan sombong apabila anda telah meraih kesuksesan setelah itu. Bagikanlah tips & triknya walau hanya setengahnya kepada rekan-rekan anda. Intinya, menang ataupun kalah harus diterima dengan lapang dada. Karena disetiap peperangan pasti ada yang menang dan ada yang kalah.

Sesuai dengan judul, kali ini saya akan membahas tentang senjata yang harus dimiliki oleh blogger-blogger dalam mengoptimasi blog. Senjata yang disampaikan semuanya sudah saya praktikkan pada blog ini.

Silakan dibaca, dipahami, serta dipraktikkan.

senjata Ngeblog Para Blogger

1. Email

Memiliki email merupakan kewajiban seluruh blogger. Sekarang kan mau mengakses apa-apa di internet harus membutuhkan email untuk mengakses lebih lanjut. Mau membuat blog, daftar hosting, daftar akun social media, semua serba pakai email.

Ada kok penyedia pembuatan email yang gratis, seperti yahoo dan gmail. Jadi mulai sekarang, buatlah akun email sekalian yang banyak untuk jaga-jaga.


2. Akun Webmaster

Banyak search engine yang tersebar dan tersedia di dunia internet, seperti google, bing, yahoo, yandex, baidu, dan masih banyak lagi.

Sebagai blogger anda wajib mendaftarkan blog ke webmaster. Alasannya, agar blog anda diakui dan secara cepat artikel-artikel baru anda dapat terpampang di mesin pencari.

Bukan hal yang sulit untuk mendaftarkan blog ke webmaster, karena hanya butuh email dan kemudian melakukan verifikasi kode ke dalam meta tag html template blog.

Ikuti saja aturan main pihak webmaster, tidak menyulitkan dan malah membantu kok.


3. Social Media

Media sosial disingkat 'MedSos' sangatlah banyak, seperti: FB (Facebook), Twitter, Google+, Line, Instagram, dan lainnya. Selain buat status dan kirim photo maupun file, MedSos juga dapat digunakan para blogger untuk membagikan alamat postingan baru blog mereka. Cara tersebut dipakai supaya blog mereka diketahui oleh khalayak umum, terutama teman-teman Medsos-nya.

Pokonya, setiap anda menulis postingan baru yang telah dipublikasikan, silakan bagikan ke akun media sosial anda supaya dibaca teman-teman anda. Kalau konten anda menarik, siapa tau url yang anda bagikan di-reshare oleh teman-teman anda.


4. Alat Monitoring Statistik Pengunjung

Sebenarnya ngeblog lewat platform blogger.com sudah terdapat tool melacak visitor, namun tidak begitu detail. Makanya kita butuh alat monitoring lain yang berguna untuk mengetahui jumlah pengunjung yang mengunjungi site secara detail.

Terdapat banyak jasa atau penyedia tools monitoring yang cuma-cuma alias gratis, seperti: google analytics, histats, flag counter, stat counter, dan masih banyak lagi.


5. Cek Error HTML

Ketika mengotak-atik template yang kita miliki terkadang memiliki kendala error. Maka itu kita membutuhkan senjata ini sebagai pelacak pada bagian-bagian template mana yang terdeteksi mengalami kerusakan.

Karena template saya HTML5, biasanya saya menggunakan validator W3C. W3C sudah terkenal dan terbukti membantu mengetahui bagian yang mengalami error atau ketidakcocokan. Entah itu css, meta tag, maupun kode html lainnya.


6. Alat Mempercepat Loading Blog

Banyak para pengunjung mencari informasi lewat mesin pencari, biasanya mereka lebih memilih web yang loadingnya cepat. Karena apa, karena memang begitu adanya. ha..ha.. Lol.

Semakin lama loading blog anda saat diakses dan dibuka, maka semakin malas juga para pencari informasi untuk menunggu loadingnya, dan pada akhirnya semua pencari informasi akan keluar dari blog anda tanpa membaca kontennya.

Perlu diketahui juga bahwa loading blog digunakan sebagai salah satu penilaian untuk diterima oleh Google Adsense dan juga penilaian peringkat di SERP

Biasanya saya memakai PageSpeed Insight milik simbah Google dan juga GTmetrix dalam mengecek kecepatan load. Untuk GTmetrix, bagi saya tidak begitu pasti, karena setelah saya cermati ternyata GTmetrix mengukur nilai load kadang-kadang tergantung dari kecepatan koneksi internet kita.

So, perbaikilah kecepatan loading blog anda agar nantinya para silent reader dan pengunjung yang ingin berkomentar tidak susah mengakses blog anda.


7. Mengatasi Link Rusak

Jangan menganggap remeh sebuah link (utamanya link eksternal) yang anda tanam pada tiap artikel atau halaman blog. Kerusakan link atau url yang ada dapat menurunkan kualitas konten artikel atau keseluruhan halaman situs kita, alhasil mesin pencari mengecap blog kita buruk.

Anda bisa mengecek seluruh link rusak pada blog dengan bantuan situs Online Broken Link Checker. Tools yang mereka pakai dalam mengecek seluruh url dalam website sudah diakui kehebatannya oleh banyak pihak.


8. Compress Gambar

Kenapa harus compress gambar?

Gambar dicompress agar loading blog nggak lemot atau lambat. Sudah saya tuliskan sebelumnya bahwa kecepatan loading blog juga dinilai oleh mesin pencari. Semakin cepat proses loadingnya semakin baik di mata mereka, alhasil SERP pun juga naik di mesin pencarian.

Saya biasa menggunakan situs Compress JPEG untuk compress gambar, khususnya JPEG. Alasannya, tidak ribet atau rumit dalam penggunaannya.


Selesai 8 senjata ngeblog para blogger yang telah saya gunakan untuk kelangsungan hidup blog NgeblogAsyikk ini. Saya sarankan dan persilakan anda untuk cari senjata-senjata lainnya yang tersebar di situs-situs lain.

Apabila tertuang kesalahan penyampaian, informasi, dan penulisan dalam artikel ini, mohon dimaafkan. Bantu SHARE! jika suka. Semoga bermanfaat dan membantu kalian. Amin. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
8 Senjata Ngeblog Para Blogger yang Harus Dimiliki
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top