Thursday, May 28, 2015

Repotnya Menjadi Mahasiswa - Lika-Liku Masa Kuliah

Lika-liku kehidupan mahasiswa ini bukan seperti komik si Juki, karangan salah satu komikus berbakat Indonesia, yaitu, mas Faza Meonk. Kalau kalian sudah baca komiknya, pasti akan merasa bahwa isi komik tersebut ada benarnya juga. Kebanyakan isi cerita dalam komik si Juki itu menceritakan kegilaan seorang mahasiswa kost, tapi jangan ditiru adegan kegilaan-kegilaan didalam kehidupan nyata kalian. Karena tidak segila itu juga kali. Masa, sabun colek buat mentega? Absurd banget bukan? Ya, itulah salah satu keunikan komik si Juki yang membuat populer di Indonesia. Tapi bukan komik si Juki yang saya bahas disini, karena memang bukan itu yang mau saya bahas ha..ha..

berangkat masuk kuliah kampus repot goes to campus ngeblogasyikk

Untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang repotnya menjadi seorang mahasiswa. Tentunya sebagai seorang mahasiswa, pastinya memiliki kesibukan yang berbeda-beda.

Nah, tanpa basa-basi lagi silahkan baca.

----------

1. Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal mudah

Sebagai mahasiswa baru kita harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, agar tidak tertinggal dengan teman-teman sekelas. Mahasiswa juga dituntut untuk memiliki IPK (indeks prestasi mahasiswa) yang tinggi, ya minimal diatas 2,5 itu sudah lumayan. Tapi kalau buat melamar kerja di kantoran, IPK seperti itu susah sekali diterimanya. Jadi tips agar diterima di kantoran minimal IPK kalian harus wajib cumloude ha..ha.. Apa lagi kalian mahasiswa sistem bantuan pemerintah dan bidik misi, kalian dituntut untuk selalu berusaha mendapat IPK diatas minimal sesuai kesepakatan sebelumnya.


2. Ormawa (organisasi mahasiswa)

Menjadi salah seorang pengurus organisasi, kalian dituntut pandai membagi waktu antara pelajaran di kelas dan pelajaran di luar kelas. Kalau kalian tidak pandai membagi waktu diantara kedua itu, bisa dipastikan salah satu ada yang gagal dan salah satu ada yang berhasil. Tapi bisa jadi, dua-duanya gagal. Disisi lain, menjadi pengurus organisasi mahasiswa menjadi nilai plus bila kalian mau mengajukan beasiswa. Semakin nilai IPK dan jabatan kepengurusan kalian tinggi, semakin besar kesempatan kalian untuk mendapatkan beasiswa dibandingkan mereka yang tidak menjadi apa-apa.


3. Bagi mahasiswa yang kost, ada rasa enak dan tidak enaknya ngekost

Enaknya ngekost, kalian bisa bebas berekspresi tanpa harus ada peraturan orang tua. Mau pulang malam, bisa. Mau bawa pacar, bisa. Mau nyetel musik keras-keras, bisa. Atau mau tidur seharian, juga bisa. Tapi, peraturan kost tetap harus dipatuhi sebelum melakukan kebebasan-kebebasan diatas. Kalau tidak enaknya ngekost, ada juga. Kalian dituntut mandiri. Makan cari sendiri. Lagi kangen orang tua juga harus bisa menahan diri. Cuci baju juga sendiri, apalagi kalian yang dirumah tidak pernah cuci baju, nah di kost kalian akan belajar mencuci baju sendiri. Tapi tenang saja, sekarang jasa laundry sudah banyak di buka. Jadi tidak perlu kuatir kalau kalian tidak mau tangannya jadi kasar atau gatal-gatal.


4. Dalam hal pembiayaan masa kuliah

Seorang mahasiswa dituntut harus pintar-pintar menggunakan uang yang kalian punya. Apalagi kalian yang ngekost. Biaya tidak hanya untuk saat kuliah saja, tapi biaya hidup kalian juga harus diperhatikan. Jangan sampai minggu pertama kalian makan pizza, burger, pasta, steak, nah pas akhir bulan kalian hanya makan nasi berlaukkan nasi. Maka itu pilih teman yang standar, makannya juga standar, main juga standar, apa-apa serba standar. Jangan sampai menyiksa diri sendiri untuk makan yang mewah, tapi di akhir bulan kalian sibuk cari hutang. Maka itu pandai-pandailah menggunakan uang bulanan.


5. Masalah pacar

Pacar yang baik adalah mereka yang peduli dan memahami kehidupan pacarnya. Kalau punya pacar yang banyak maunya dan membuat kuliah kalian jadi berantakan, lebih baik putuskan saja. Jangan karena putus sama pacar, kalian nekat bunuh diri. Cari yang sesuai dengan kriteria dan yang paham dengan kehidupan kalian. Tapi, saya paham dengan keadaan kalian yang masih sendiri tanpa seorang pacar. Mungkin kalian memang lagi ingin mengurusi kuliah demi orang tua, daripada mengurusi pacar. Tapi, saya juga paham dengan wajah kalian yang standar atau isi dompet kalian yang mudah kosong. Tapi tidak usah memaksakan diri untuk mencari pacar demi martabat kalian, jalani saja apa adanya. Kesuksesan ditangan kalian sendiri. Jadi, jangan terpengaruh dan takut dihina teman kalian, karena kalian berstatus tidak laku maupun jomblo. Daripada nanti malu karena gaya pacarannya kebablasan.


6. Masalah dengan mata kuliah

Mungkin ada dari kalian yang masuk jurusan tidak sesuai dengan basic kalian. Karena asal menulis jurusan saat ujian masuk perguruan tinggi. Repot memang, kalian dipaksa ekstra untuk belajar dari awal lagi. Tapi, itu bukanlah kendala. Banyak dari teman-teman saya yang seperti itu. Tapi kenyataannya, IPK-nya juga bagus-bagus, bahkan ada yang sampai cumloude. Yang penting usaha dan doa kalian dulu, soal akhirnya bagaimana, biar Tuhan yang menentukan.


7. Masalah dengan dosen

Ini adalah human error yang bagi saya, sangat merugikan bagi kita sebagai mahasiswa yang ingin lulus cepat. Beberapa dosen ada yang seenaknya sendiri dalam mengajar. Kuliah ditinggal pergi entah kemana tanpa ijin atau konfirmasi, sehingga kita hanya bisa menunggu didepan kelas tanpa kepastian. Alhasil, kuliah pengganti adalah jalan terbaik untuk mereka (dosen). Dan kenyataannya kuliah pengganti juga menjadi omong kosong dosen belaka. Dosen yang menjanjikan kuliah tambahan lupa, alhasil mahasiswa disuruh mengerjakan tugas. Itu salah satu keburukan dosen dalam mengajar. Tapi, ada juga dosen yang baik. Cara mengajar enak, tugasnya sedikit, nilainya juga cumloude.


Apa lagi ya? Sepertinya itu saja yang saya bisa sampaikan. Kalau saya nanti ingat, saya akan lanjutkan di artikel baru sambungan dari artikel ini.

----------

Kalau ada dari kalian yang mau share cerita tentang repotnya menjadi mahasiswa, silahkan kalian tulis pada kotak komentar dibawah.

Terima kasih juga atas kunjungan kalian. Bisa juga baca artikel lainnya juga. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Repotnya Menjadi Mahasiswa - Lika-Liku Masa Kuliah
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -