Saturday, May 16, 2015

12 Tipe Teman atau Sahabat di Kehidupan Sosial

Tidak ada yang namanya sahabat didalam kamus kehidupan sosial saya. Semua sama-sama spesial. Tidak ada yang saya umpamakan sebagai anak tiri. Teman saya banyak, sampai-sampai tidak bisa dihitung dengan jari. Pengalaman saya kenal dengan banyak teman, masing-masing punya tipe-tipe tersendiri. Tapi ada juga yang sama dan bisa dibilang ya itu tadi, sama.

Tipe Macam Teman atau Sahabat di Kehidupan Sosial

Nah, di artikel kali ini saya akan membahas tentang tipe / macam-macam teman atau sahabat menurut pengalaman saya pribadi. Silahkan dibaca baik-baik!


1. Abstrak

Tipe abstrak adalah salah satu tipe yang membuat saya paling bingung dengan pemikiran mereka. Tipe yang susah ditebak, karena bisa beda hari sudah beda karakter. Kadang baik, kadang buruk, kadang periang, kadang pendiam, semuanya serba kadang-kadang. Dan satu hal yang paling saya maklumi dari tipe ini adalah emosi mereka yang kadang tidak bisa dikontrol, alias beringas.


2. Pemalu

Tipe pemalu adalah tipe yang bikin saya paling gemes. Niat saya yang baik kadang dianggap menjerumuskan. Susah payah saya membuat mereka untuk tidak malu, tapi malah mereka tolak mentah-mentah. Tapi saya akui bahwa tipe pemalu adalah teman atau sahabat yang paling jujur dan setia.


3. Absurd

Tipe absurd adalah tipe yang mempunyai keabnormalan diatas rata-rata. Abnormal paling maksimal skornya 10. Tapi tipe absurd ini bisa mencapai skor 50 dan kadang bisa lebih. (*untuk skor saya buat sendiri, jadi jangan dijadikan patokan universal)

Tipe absurd ini yang kadang ngeselin dan membuat saya maklum. Niat mereka memang baik, ingin membuat kami atau saya tertawa, tapi itu sia-sia, karena yang mereka ucapkan memang garing.


4. Penemu

Tipe penemu adalah tipe yang paling jenius. Apa yang mereka perbuat dan ucapkan adalah kenyataan. (*kenyataan disini bukan berarti mereka Tuhan, tapi karena mereka kita tidak akan diam dan bisa menghilangkan kebiasaan kita untuk mengucapkan kata 'manut' atau 'nurut saja')

Tipe ini adalah tipe yang paling dicari ketika kita sedang berdiskusi untuk menentukan tempat makan, tempat piknik, maupun melakukan sesuatu yang lingkupnya bersama.


5. Pemarah

Memang setiap manusia punya rasa amarah, tergantung kita bisa atau tidak untuk meredamnya. Nah, tipe pemarah adalah tipe teman yang paling dibenci oleh temam-temannya, kecuali saya. Sedikit-sedikit marah. Dipanggil jelek, marah. Dipanggil pendek, marah. Dibilang hitam, marah. Dibilang tolol, marah. Semua kejujuran kita akan dianggap buruk bagi mereka dan marah-marah adalah kebiasaan mereka untuk melawan kejujuran kita.

Saya maklumi tipe seperti ini. Walau sebenarnya dalam hati saya, jengkel juga. Tapi bagaimana lagi. Itu sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Nah, saya punya teknik khusus dalam berteman dengan tipe ini. Ini teknik atau cara saya bisa kalian coba. Kalau gagal, bukan salah saya. Kemungkinan bisa jadi kesalahan kalian memang fatal, membuat mereka benar-benar sangat marah. Langsung saja. Jadi, setiap mereka mau marah, cepat-cepatlah untuk pergi menjauh. Nanti setelah beda waktu atau hari, bawakan mereka makanan kesukaan mereka dan minta maaflah, lihat saja nanti marahnya juga sudah mereka lupakan.


6. Pembual

Tipe pembual adalah tipe yang setiap mereka ucapkan adalah omong kosong belaka. Kalian bakal sadar ketika mereka telah membuat janji dengan kalian. Lihat saja, apakah dia akan benar-benar menepati janji mereka atau omong kosong belaka. Janji-janji mereka tidak pernah mereka tepati dan hal ini membuat saya maklum. Berteman dengan tipe pembual seperti ini sebenarnya mudah. Caranya adalah "kalian jangan pernah membuat janji-janji dengan mereka". Simpel kan?


7. Paranoid

Tipe paranoid adalah tipe teman atau sahabat yang harus selalu kita dampingi dan ajak mereka untuk bermain dan bicara. Pemikiran yang sedikit-sedikit mengerikan bagi mereka, tapi tidak untuk kita adalah ciri khas mereka. Mereka memang selalu hati-hati dalam hal apapun, tapi sisi buruknya mereka tidak akan cepat berkembang dan tidak memiliki wawasan luas.

Memang susah untuk mengubah pemikiran mereka. Jalan terbaiknya adalah anggap saja mereka seperti balita yang harus kita bimbing. Bimbing mereka untuk menentukan mana yang baik atau yang buruk, menentukan mana yang sebenarnya dan mana yang khayalan, serta menentukan mana yang menyenangkan dan yang mengerikan.


8. Sok-Sok'an

Tipe sok-sok'an adalah mereka yang selalu ingin terlihat baik dimata kita, padahal itu semua hanya gelagat mereka untuk menutupi kelemahan atau sekedar pamer. Kadang risih bahkan jijik juga melihat teman seperti itu. Kita tau sebenarnya mereka siapa, tapi sebagai teman yang baik, alangkah baiknya kita meng'iya'kan apa yang ia ucapkan dan perbuat untuk terhindar dari perpecahan. Semakin kalian biasa, semakin cepat kalian akan memaklumi semua perbuatan mereka.


9. Pendiam

Tipe pendiam adalah mereka yang hobinya menyendiri. Apa-apa sendiri. Mandi sendiri, makan sendiri, minum sendiri, sakit sendiri, dan sendiri-sendiri lainnya. Tipe seperti ini lebih cepat populer, terutama di lingkungan sekolah. Tapi populernya bukan mengenai hal-hal baik, para penggossip akan selalu melancarkan serangan kata-kata ke penjuru dunia yang menjerumuskan orang lain untuk mengikuti kaum penggosip masuk ke neraka jahanam. Para penggosip mengatakan orang penyendiri itu HOMO, penyakitan, jual mahal, pelit, autis, idiot, dan sebutan buruk lainnya. Yang padahal, kebanyakan orang penyendiri itu adalah orang Jenius, Pintar, dan Cerdas.


10. Periang

Tipe ini adalah orang yang selalu tampil bahagia. Dapat doorprice bahagia, diberi mobil bahagia, dapat uang bahagia, selalu bahagia. Tipe seperti ini mudah sekali bergaul dengan orang yang baru dikenal. Omongannya nyambung membuat lawan bicaranya menjadi nyaman.


11. Dermawan

Tipe seperti ini banyak temannya. Para teman mendekati hanya untuk mendapatkan atas kedermawaannya. Saya kadang miris melihatnya. Baik memang, tapi kalau para temannya itu selalu meminta uang atau barang dari tipe dermawan ini, kan rasanya sedih banget kalau jadi teman yang peduli seperti saya ini.


12. Penghancur

Nah tipe penghancur juga membuat benci dikalangan temannya termasuk saya. Tipe penghancur ini sukanya menjelekkan teman dibelakang. Penyebar gossip seperti ini patut di waspadai.

Cara berteman dengan mereka juga mudah. Berbuat baiklah kepada tipe seperti ini. Kepada semua teman lainnya juga. Agar kalian tidak terkena dampak buruk dari omongan tipe penghancur ini.


Nah, itulah pembahasan mengenai 12 Tipe / Macam-Macam Teman atau Sahabat di Kehidupan Sosial. Untuk tipe-tipe lainnya bisa kalian buat sendiri. Isi dalam komentar. 5 orang pertama akan saya beri link aktif. (*yang pastinya beda dengan apa yang saya sebutkan diatas). Setelah 5 orang berikutnya, saya beri link mati.

Sekian dari saya. Semoga informasi artikel kali ini bermanfaat. Amin!

Terima kasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
12 Tipe Teman atau Sahabat di Kehidupan Sosial
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -