Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Senin, 08 Juni 2015

4 Dampak Buruk Pamer / Riya

Pamer menurut KBBI (kamus besar bahasa indonesia) adalah menunjukkan (mendemonstrasikan) sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan kelebihan atau keunggulan untuk menyombongkan diri.

dampak buruk orang pamer riya sombong gaya sok kaya gaul

Saya menggolongkan sifat pamer menjadi dua

1. Pamer positif

Pamer positif adalah sikap menyombongkan kelebihannya kepada orang yang suka pamer. Jadi, pamer yang saya maksud adalah untuk memberikan efek jera kepada orang yang suka pamer.

2. Pamer negatif

Pamer negatif adalah sikap menyombongkan sesuatu kepada orang lain untuk mendapatkan banyak pujian dan terkesan mewah atau keren dihadapan orang lain. Pamer di sini hanya akan membawa sifat keburukan dan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Ingat, di atas langit masih ada langit.

Di dalam Al Quran juga membahas dampak dari riya. Pada surat An Nisa 142:

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلاةِ قَامُوا كُسَالَى يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلا قَلِيلا (١٤٢

Artinya: Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.

Tidak hanya dibalas tipuan oleh Allah, orang yang suka pamer juga akan dijauhi banyak orang. Saya sendiri juga benci dengan orang yang suka pamer. Mau bilang ke orangnya, tapi saya merasa sungkan. Jadi saya lebih memilih untuk diam.

Dampak buruknya pamer

1. Pamer itu percuma. Bukannya nambah rezeki, tapi akan mempermiskin diri kita. Ingat, Allah akan membalas dengan tipuan kepada orang yang suka pamer. Ditipu teman saja rasanya sudah tidak enak, apalagi yang menipu Allah. Miris sekali.

2. Pamer itu temannya setan. Setan suka sekali dengan mereka yang suka pamer. Setan masuk neraka. Mau masuk neraka dengan setan?

3. Pamer membuat masalah sosial. Bisa jadi karena sudah tidak tahan dengan sifat kalian yang suka pamer, kalian malah dirampok, dibully, dibunuh, diperkosa, dan tindak kriminal lainnya. Kadang saya sendiri juga ingin langsung membunuh orang yang suka pamer, tapi maaf, saya bukan ahlinya membunuh. Nanti bukannya membunuh, bisa-bisa saya malah yang dibunuh. Jadi saya lebih memilih diam.

4. Pamer akan menurunkan derajat seseorang. Seorang presiden yang suka pamer, akan dianggap buruk oleh masyarakatnya. Dibully habis-habisan dan derajat presiden yang kalian miliki hanya berupa sampah bagi mereka. Menjijikkan.

Nasehat saya mengenai pamer

1. Sebisa mungkin kita selalu bersikap sederhana. Ingat, masih ada langit di atas langit. Jadi, jangan merasa kalian itu paling hebat, paling keren, paling jago, tapi kalian lupa bahwa masih ada yang lebih hebat, keren, dan jago dari kalian. Siapa? Allah SWT.

2. Jika sifat pamer kalian itu hanya untuk menutupi status asli kalian yang hanya hidup serba kekurangan, saya sendiri hanya bisa geleng-geleng kepala. Saya merasa, orang seperti ini hidupnya akan selalu di bawah penderitaan. Kenapa bisa di bawah penderitaan? Karena orang yang tidak pernah bisa bersyukur seperti ini, tidak akan pernah dibukakan pintu rezekinya oleh Allah SWT.

Semoga kita menjadi orang-orang yang selalu dilindungi dan dirahmati oleh Allah SWT. Amin, amin, amin ya Rabbal alamin.
4 Dampak Buruk Pamer / Riya
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top