Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 11 Juni 2015

4 Cara Mengelola Keuangan Dalam Rumah Tangga

Beginilah Cara Seharusnya Mengelola Keuangan Dalam Rumah Tangga Dengan Baik - Besar pasak dari pada tiang adalah sebuah istilah yang sering digunakan oleh orang Indonesia untuk mengisyaratkan bahwa jumlah pengeluaran keuangan lebih banyak daripada pendapatan yang didapat oleh seseorang atau perusahaan. Seorang dikatakan untung bila pengeluaran lebih kecil daripada pendapatan, dan seseorang dikatakan rugi bila pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Maka itu, kita harus pandai mengelola keuangan sehari-hari.

Kita harus bisa mengelola keuangan seefektif dan seefisien mungkin di dalam dompet kita. Jangan sampai mempunyai banyak utang demi menutupi pengeluaran kita yang melebihi pendapatan. Utang itu boleh kalau bisa bayar. Saya sendiri juga punya utang, dan punya niat untuk bayar. Ini masih nabung.

Cara Bagaimana Seharusnya Mengelola Keuangan

Apalagi bagi yang ingin menikah dan sudah menikah, pasti pengeluaran akan lebih bertambah banyak. Biaya sewa tenda pernikahan, biaya catering, biaya sekolah anak, biaya makan sehari-hari keluarga, dan biaya lainnya. Maka itu kita harus pandai mengelola keuangan.

Banyak hal yang dilakukan suatu keluarga demi menambah pendapatan keluarga. Mereka bisa membuat toko di depan rumahnya atau membangun bisnis online dengan produsen yang mereka kenal. Alhasil, pendapatan yang diperoleh bisa mencukupi biaya kehidupan sehari-hari dan bisa mendapat modal untuk berjualan kembali. Mengelola keuangan tidaklah mudah, butuh prihatin dan harus memikirkan untuk keesokan harinya.

1. Meminimalisir

Kita bisa berbelanja keperluan bulanan di pasar. Harga barang pasar bisa dibilang paling mengirit keuangan daripada berbelanja di mall. Membeli pakaian seperlunya saja, yang penting ada di setiap acara. Pakaian yang mempunyai merk terkenal memang berharga mahal dan mempunyai kualitas bagus. Maka belilah pakaian dan barang sehari-sehari yang memiliki merk terkenal seperlunya saja, tidak perlu membelinya karena gengsi. Karena sifat gengsi dapat merusak niat kita untuk mengirit, maka buang jauh-jauh rasa gengsi.

2. Prihatin akan hari esok juga patut dipikirkan

Jangan sampai boros dan menjajakkan uang kita untuk melakukan hal-hal yang tidak penting. Asalkan mau prihatin, keuangan kita akan baik-baik saja.

3. Membeli barang secara kredit juga tidak masalah

Misal motor. Motor kendaraan yang sangat dibutuhkan masa sekarang. Bisa dibilang motor adalah kendaraan yang paling praktis dan minimalis. Praktis untuk menjangkau perjalanan jauh, minimalis karena tidak membutuhkan banyak ruang di jalan.

4. Biasakan hidup hemat

Ada istilah, hemat pangkal kaya. Istilah itu memang benar bila kita mau benar-benar menerapkannya. Tapi jangan sampai hemat kita menjadi pelit. Karena pelit malah menjauhkan kita dari rezeki Tuhan. Tidak hanya menjauhkan rezeki, sikap pelit juga bisa memutus tali persaudaraan. Entah dengan keluarga, teman, dan orang lain.


Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai 4 Cara Bagaimana Seharusnya Mengelola Keuangan Rumah Tangga Dengan Baik sehari-hari.

Semoga bermanfaat dan bisa membuat keuangan kita membaik. Amin. Terima kasih telah berkunjung. Salam Ngeblog Asyikk \^o^/
4 Cara Mengelola Keuangan Dalam Rumah Tangga
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top