Saturday, June 20, 2015

Pengertian dan Siapa Master SEO Sebenarnya

"Siapa master seo terbaik saat ini, orang Indonesia atau luar negeri?" Saya jawab, "Semua orang yang berkecimpung dalam optimasi serp saat ini, entah profesinya adalah seorang blogger, maka ia bisa menjadi Master / Pakar / Ahli SEO dengan syarat, mau berusaha dan bereksperimen tanpa takut merasa rugi, minimal mengoptimasi blognya sendiri. Karena para pencari peringkat di serp harus melakukan banyak riset dan melewati banyak proses agar url homepage atau konten milik pribadi ataupun klien mereka berada di posisi pertama, minimal page one."

Hmm... saya memiliki 2 pertanyaan kepada kalian yang ingin menjadi seorang pakar seo:
  1. Apa saja yang sudah kalian lakukan selama ini?
  2. Ilmu atau jalur mana yang anda pilih (black or hat)?
Silakan anda ingat kembali usaha-usaha yang sudah anda lakukan dan cobalah bercermin, 'pantaskah anda menjadi seorang master seo?'

Jujur, selama ini saya sudah mencoba melakukan teknik a, b, c, d, dan seterusnya, tapi tetap saja saya masih gagal. "Gagal?" Sebenarnya tidak ada kata gagal yang ada adalah keberhasilan yang tertunda. Karena semua itu butuh proses dalam mencapai kesuksesan. Silakan, sekarang hapus kata gagal di kamus hidup kalian juga.
Ingat! Semua tidak ada yang instant
Makanya sampai sekarang saya masih sering otak-atik template dan artikel, membaca artikel mengenai algoritma terbaru, mengikuti forum para blogger, dan kegiatan lainnya yang masih berhubungan dengan web and SEO.

all search engine

Kita juga tahu bahwa pihak pengelola mesin pencari (google, yahoo, baidu, dan lain-lain) selalu memperbarui program atau sistem algoritma agar url homepage maupun artikel yang muncul di mesin pencari mereka bukanlah sebuah atau menjadi kumpulan sampah, melainkan situs web/blog yang memiliki artikel berkualitas, informatif, bermanfaat, dan bernilai tinggi.

Dengan adanya pembaharuan algoritma mesin pencari yang berkelanjutan, membuat teknik seo juga mengalami perkembangan dan juga perubahan. Sehingga akan membuat 3 kemungkinan yang terjadi mengenai teknik seo pada akhirnya. Tiga kemungkinan tersebut, yaitu:
  • adanya teknik seo baru
  • adanya teknik seo lama yang dihapus
  • teknik lama yang dikembangkan
"Siapa master SEO?" Cobalah anda bercermin dan mengingat kembali. Sudah berapa teknik yang anda pelajari? Dan berapa teknik pula yang sudah anda terapkan dalam mengoptimasi situs website atau blog pribadi anda?

Saya pernah membaca sebuah artikel blog luar negeri. Artikel tersebut menuliskan bahwa kemungkinan ada 204 teknik seo yang harus diterapkan sampai saat ini. Banyak sekali bukan? Apa lagi bagi blogger baru, pasti sudah pusing dulu. Ha..ha. lol. Tapi, yang bikin pusing itulah yang seharusnya memacu keinginan kita untuk maju kedepan, agar natinya mimpi-mimpi anda dapat tercapai, amin.

Sampai pada akhirnya saya berpikir bahwa seorang master seo itu adalah diri kita sendiri. Kenapa kita? Karena siapa saja bisa menjadi master seo, tergantung usaha dan pengetahuan kita mengenai perkembangan algoritma mesin pencari. Semakin kita memahami algoritma terbaru, semakin bertambah pula teknik baru seo kita, dan semakin membuat pusing, lol. Tapi ingat kembali bahwa setiap pembaharuan algoritma mesin pencari terkadang ada teknik SEO yang dihapus, ditambah, dan ada yang dikembangkan lagi. Jadi, kita tetap harus berhati-hati pada saat mengoptimasi situs web/blog kita. Jangan sampai karena kita terlalu percaya diri membuat kita lupa diri dan kurang teliti. Sehingga kita lupa dengan aturan search engine, dan kemungkinan terbesar situs kita tiba-tiba dihapus dari mesin pencari atau terlempar ke area 'sandbox' (kehilangan SERP).

Tak khayal jika semakin kesini saya merasa bisa jadi pakar seo bagi lingkungan kecil, seperti teman-teman saya. Bukannya mau sombong, hanya saja karena saya yang paling lama berkecimpung di dunia optimasi serp daripada mereka. Dan syukur, beberapa artikel teman saya juga ada yang sudah di page one. Pastinya, usaha merekalah yang paling berpengaruh di sini dan ilmu yang saya bagikan hanyalah intermezzo belaka. Lol. Saya pun juga tak mau disalip oleh mereka, dengan begitu saya dan teman saya tetap selalu berusaha mencoba teknik ini dan itu, kemudian kita sharingkan bersama, dan hasil manisnya bisa kita nikmati bersama.

Jadi, inti dari pembahasan saya di atas adalah sebagai berikut:



Master SEO adalah mereka yang selalu berusaha, mau menerima ilmu baru, dan berani mencobanya di dalam mengoptimasi situs atau artikel mereka yang sesuai dengan perkembangan algoritma mesin pencari, serta artikel blognya menduduki peringkat pertama di dalam SERP pencarian. Dan siapa orangnya itu? Bisa diri kita sendiri.


Semoga sepenggal opini dan curhatan yang saya bagikan ini bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan anda. Amin.

Terimakasih telah berkunjung dan silakan baca juga artikel lainnya dalam blog ini. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Pengertian dan Siapa Master SEO Sebenarnya
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -