Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 29 Juli 2015

5 Cara Mudah Menghindari/Mengatasi Depresi

Ketika mengalami depresi atau stres, pikiran kita menjadi sangat kacau. Para enderita akan mudah untuk marah, sedih, atau malah senyum-senyum sendiri layaknya orang gila karena melebihi ambang batas kehidupan normal.

Biasanya para penderita lebih banyak menggunakan obat penenang daripada harus mengikuti rehabilitasi. Karena menganggap stres atau depresi mereka hanyalah sesaat saja, bukan berkelanjutan. Sehingga mereka menganggap bahwa rehabilitasi tidaklah perlu dilakukan.

depresi gila stress

Percaya atau tidak, sebenarnya penggunaan obat penenang secara berlebihan dapat memperburuk keadaan penderita. Obat penenang yang dikonsumsi sebaiknya sesuai dengan pesan dan dosis dokter. Tapi alangkah beruntungnya kalau kita tidak menggunakan obat tersebut. Karena menurut saya, obat penenang itu bersifat candu.

Kenapa saya bisa bilang 'candu'?

Memang saya bukan dokter, tapi kita bisa melihat dari khasiat obat penenang yang ampuh dalam menghambat (bukan menyembuhkan) depresi. Tapi semakin kita bergantung pada obat tersebut, maka kita akan selalu mengkonsumsinya. Apa itu bukan sebuah candu?

Banyak orang bilang bahwa depresi lebih sering terjadi kepada kalangan remaja daripada anak-anak atau orang tua. Saya setuju dengan pendapat itu, bahwa depresi memang banyak terjadi pada kalangan remaja. Kita bisa lihat dari berita bunuh diri di televisi atau internet. Pelakunya kebanyakan para remaja, bukan orang tua atau anak-anak.

Inilah 5 tips atau cara supaya anda dapat terhindar dari rasa depresi, sesuai versi saya sendiri. Dan Alhamdulillah selama ini masih ampuh.

1. Ceritakan keluh kesah maupun beban pada orang lain<

Jujur saya akui tiap orang memiliki permasalahan yang berbeda. Saya sarankan kepada anda untuk memberanikan diri untuk ceritakan masalah anda pada orang lain yang paling anda percaya, bisa: keluarga, pacar, sahabat, siapapun itu yang pasti anda ungkapkan unek-unek anda.

2. Jika anda malu mengunkapkannya secara langsung, tulis

Ya, ini adalah cara kedua yang bisa anda lakukan apabila merasa malu untuk membicarakannya secara lansung. Menulis merupakan salah satu aktivitas yang juga bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Kelihatannya aktivitas menulis adalah hal yang simple, tapi kok sekarang ini banyak sekali orang yang jarang menulis ya? Padahal aktivitas sesimple ini efeknya sungguh luar biasa dasyatnya. Tentunya dengan menuliskan hal-hal yang menjadi beban hidup anda.

3. Daripada diam tidak jelas mending sembahyang

Daripada anda bengong, merenung terus tanpa pernah melakukan aktivitas yang bermanfaat, mending anda sholat sunnah deh. Sholat saat-saat seperti ini momennya sangat pas dan siapa tau karena ini otak dan hati anda dapat tercerahkan.

4. Perbanyaklah bersosial

Anda mungkin terlalu fokus dengan pekerjaan yang pada akhirnya anda melupakan kewajiban lainnya, yaitu bersosial. Jangan salah, hidup bersosial ini juga termasuk dalam kewajiban tiap individu lho. Masa nanti saat anda meninggal bakalan mandi, pakai kafan, sembahyang, menggali kubur, dan menutup liang kubur sendiri. Jelas tidak kan? Makanya hidup itu harus seimbang, ingat keluarga, tetangga, ataupun mereka yang butuh pertolongan anda. Jangan jadi manusia yang merugi.

5. Berdoa kepada TUHAN

Hidup mati ditangan TUHAN. Begitu juga dengan kewajiban anda sebagai seorang hamba TUHAN. Anda itu aslinya lemah seperti daun kering yang jatuh di tanah. Anda terlihat kuat karena mungkin merasa gengsi. Tak perlu merasa gengsi guys, apalagi dengan SANG PENCIPTAmu sendiri. Anda boleh berdoa kepadaNYA apapun, mau minta diberi rezeki yang banyak, diberikan jodoh, menjadi gubernur, dan lainnya. Tapi konsekuensinya, tetaplah selalu bersyukur


Silakan anda lakukan kelima tips tersebut. Karena menurut informasi dari teman, cara yang saya berikan tersebut juga ampuh untuk mereka, khususnya yang sering sibuk mengurusi tugas kampus, masalah keluarga, maupun pekerjaan kantor mereka.

Itulah tadi cara simple atau mudah dari saya dalam menghindari maupun mengatasi depresi.

Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat. Amin!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata salam, Ngeblog Asyikk \^o^/
5 Cara Mudah Menghindari/Mengatasi Depresi
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top