Tuesday, July 14, 2015

Hikmah Positif dan Negatif Di Balik Sikap Percaya Diri

Pengertian Pede (percaya diri) menurut saya adalah sikap dimana seseorang berani menampilkan apa adanya yang mereka miliki, entah itu penampilan luar atau kemampuan otak dan berperilaku.

Menurut saya, sikap percaya diri bisa timbul disebabkan oleh tiga faktor:
  1. Yang pertama karena bawaan lahir,
  2. yang kedua karena proses berlatih, dan
  3. yang terakhir karena terpaksa.

Disisi lain, sikap percaya diri memiliki keuntungan bila digunakan dengan baik dan tepat sasaran. Dan menimbulkan kerugian bila digunakan dengan salah dan berlebihan.

Hikmah Positif dan Negatif Di Balik Sikap Percaya Diri


Dari sisi keuntungan:
  • Keuntungan yang pertama bisa dilihat dari prestasi. Dimana kebanyakan siswa yang memiliki percaya diri cenderung mendapatkan ranking tinggi daripada siswa yang biasa-biasa saja.
  • Keuntungan yang kedua bisa dilihat dari pergaulan. Dimana orang yang memiliki kepercayaan diri lebih mudah bergaul dan banyak memiliki teman daripada orang yang biasa-biasa saja.
  • Keuntungan yang ketiga bisa dilihat dari kepopuleran. Dimana orang yang memiliki kepercayaan diri lebih banyak memiliki penggemar daripada orang yang biasa-biasa saja. Lihatlah para artis atau model yang percaya diri menampilkan karakter mereka di depan kamera. Dan keuntungan-keuntungan lainnya.

Untuk kerugian dari percaya diri bisa kita lihat dari lawan dari keuntungan percaya diri sebelumnya. Dimana kalau kita terlalu percaya diri memang banyak memiliki penggemar dan teman, tapi pastinya memiliki musuh juga karena tidak suka dengan kepopuleran dan kepandaian kita dalam bergaul.
  • Prestasi juga dapat turun karena kita terlalu percaya diri dengan kepintaran kita. Kadang ada guru yang tidak senang bila kepintaran kita melebihi kepintaran guru, sehingga alhasil nilai buruk yang kita dapatkan.
  • Terkadang percaya diri yang tidak diimbangi dengan kecerdasan atau bakat personal juga berakibat buruk untuk individu itu sendiri. Bukan prestasi atau teman yang didapat, melainkan cacian dan rasa malu yang diperoleh. Lihat saja orang yang ingin populer dan kemudian mengikuti lomba bernyanyi di salah satu perlombaan. Contoh saja perlombaan bernyanyi X-Faktor. Bila kita tidak memiliki bakat bernyanyi, jangan memaksakan diri. Bila suara kita buruk dan dapat membuat para juri maupun penonton menjadi sakit telinga, pasti kita akan hanya menjadi bahan bully atau hinaan semata.
  • Percaya diri dengan kesombongan juga dapat berakibat buruk bagi pelakunya. Alih-alih karena gengsi, hanya malu yang akan ia dapatkan.

Jadi nasehat kali ini adalah, alangkah baiknya kita tidak hanya melihat dari satu sisi atau sudut pandang, yaitu rasa percaya diri kita. Lihatlah sisi atau sudut pandang lainnya. Jangan sampai rasa percaya diri itu merusak moral dan harga diri kita sendiri. Tuhan tau adanya rasa percaya diri memang baik untuk kita, tapi manusia beda dengan Tuhan. Tapi di sisi lain, pasti ada hikmah di balik rasa percaya diri yang kita miliki. Renungkan dan bercerminlah.


-------

Sekian dari saya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun penyampaian.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Hikmah Positif dan Negatif Di Balik Sikap Percaya Diri
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X