Template Blogger Simple and Responsive Blog

Sunday, August 2, 2015

Peringatan ! Bahaya Pasang Iklan Secara Ugal-Ugalan di Blog

Saya memiliki hasrat tersendiri dalam bermain blog walau sebenarnya saya tidak layak menyandang gelar sebagai blogger, karena dasarnya blogger bukanlah basic saya. Karena saya hanyalah seorang penulis kacangan atau malah abal-abal. Namun di sisi lain, saya juga berharap atau ingin sekali, agar para pengunjung merasa betah berselancar menelusuri artikel-artikel yang ada di dalam blog ini. Sehingga dalam pemasangan iklan pun, saya memilih untuk mengalah kepada para pengunjung blog ini. Dan alhasil, tidak ada iklan yang akan menutupi konten (kecuali Page Level Ads yang akan tampil hanya khusus mobile, itupun juga muncul di bawah).

Oke, karena sepertinya anda penasaran, mengenai alasan, kenapa pasang iklan secara ugal-ugalan / ngawur / sembarangan di semua situs itu berbahaya? Nah, khusus artikel ini saya akan beri tahu alasannya. Selamat membaca paragraf berikutnya.

Contoh Tampilan template Blog yang Pasang Iklan Ngawur atau sembarangan
Contoh tampilan blog pasang iklan secara ugal-ugalan alias salah

Pasang iklan pada blog harus benar dan hati-hati. Jangan sampai kalian menyesal sendiri di kemudian hari karena terlalu egois dan mementingkan nafsu pribadi. Sama halnya seperti melakukan tindakan bodoh atau senjata makan tuan.

Saya ingin bertanya pada anda.

Bagaimana tanggapan kalian ketika mengunjungi atau masuk ke website atau blog orang untuk mencari sebuah informasi, kemudian anda mendapati banyak iklan bertaburan bagaikan ikan yang dijemur bahkan sampai menutupi isi bacaan? Apakah kalian merasa nyaman?

Silakan anda renungkan sendiri.

Kalau saya pribadi, jujur merasa tidak nyaman. Biasanya saya malah langsung out dari situs tersebut agar kesehatan mata saya tidak terganggu dan tetap normal.


Memang saya sadari bahwa kebanyakan para blogger ingin sekali mendapatkan banyak pendapatan dari iklan afiliasi atau iklan pribadi yang terdapat pada website atau blog mereka. Tapi saya sadari juga bahwa mencari pendapatan dari blog tidak hanya dengan cara-cara itu saja, karena anda bisa melakukan cara lain dengan memanfaatkan blog milik anda untuk menghasilkan uang.

Sebenarnya ada tips trik tertentu agar sukses mengelola adsense atau afiliasi lain yang tidak semua tau termasuk saya sendiri. Makanya saya lebih memilih untuk mencari penghasilan di luar blog sebagai pendapatan utama daripada harus membuat sampah di blog ini.

Namun saya yakin ada yang setuju dan tidak setuju dengan pendapat saya ini. Karena pada dasarnya setiap blogger memiliki cara pandang atau persepsi sendiri-sendiri. Otomatis gaya pengelolaan website atau blog dari satu admin ke admin blog lain pun tentunya juga sangat berbeda-beda. Namun jangan sampai menyesal nantinya ketika kalian terkena efek negatif atau dampak buruk akibat kesalahan sendiri dalam memasang iklan secara ngawur dan berlebihan.


Opini pribadi sih.

Sebaiknya, kalian yang merasa sebagai blogger wajib membuat nyaman pengunjung dalam membaca artikel website atau blog kalian. Karena dengan membuat pengunjung nyaman membaca artikel kita, setidaknya kita sudah memiliki nilai tambah bagi mereka. Serta kita tidak merasa merugi telah menulis artikel banyak-banyak, karena otomatis artikel kita telah dibaca secara menyeluruh. Apalagi jika isi artikel kita bisa membuat pengunjung merasa terhipnotis. Pengunjung bisa semakin bertambah, pendapatan pemasangan iklan juga mengalir deras, dan syukur-syukur blog atau website kita menjadi terkenal atau populer.

Selain itu, kita wajib menyiasati supaya blog kita juga tidak terlalu berat atau lemot loadingnya ketika diakses, yaitu dengan cara memasang beberapa script iklan saja yang dianggap paling vital. Dan menghilangkan beberapa script widget tambahan yang juga dianggap vital saja.

Perlu anda Ingat!

Dengan banyaknya pengunjung yang langsung melarikan diri dari blog kita karena lemot atau kebanyakan iklan yang menutupi konten, sehingga hanya akan memperburuk nilai bounce rate. Karena buruknya nilai dari hasil bounce rate, mesin pencari juga akan menganggap bahwa situs yang kita miliki adalah jelek dan bisa jadi tidak SEO, akibat dari cara kita mengelola situs yang asal-asalan tanpa memperhatikan kenyamanan pihak pengunjung. Kemungkinan terburuknya, search engine akan menaruh situs yang kita punya berada pada sandbox / hilang dari SERP dan akun Adsense kita diban oleh pihak google.

Bagi 'kita' (publisher adsense maupun afiliasi lainnya), tentunya harus mengikuti segala aturan yang ada, dan itu wajib dijalankan. Melenceng sedikit saja, bisa-bisa terkena penalty, banned, blokir, serta black list sepihak oleh pemilik maupun penyedia jasa iklan. Maka itu, kita harus berhati-hati dalam memasang iklan. Jangan asal tempel seenaknya sendiri.

Mau menuai pendapatan dari blog?

Utamakan dahulu kenyamanan pengguna atau pembaca situs kalian. Tentunya hasil yang diperoleh dari mementingkan kepentingan umum dan bermanfaat menurut khalayak banyak, hasilnya akan kembali baik untuk diri kita. Intinya, tidak ada yang dirugikan deh. WIN WIN solution.


---------

Sekian tulisan hari ini mengenai topik efek negatif atau dampak buruk pemasangan iklan secara ugal-ugalan alias ngawur di blog. Semoga artikel ini dapat merubah persepsi dan bermanfaat untuk kalian.

Terimakasih juga atas kunjungannya serta bersedia membaca postingan-postingan blog ini.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Peringatan ! Bahaya Pasang Iklan Secara Ugal-Ugalan di Blog
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X