Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 24 September 2015

10 Aktivitas Saat Mati Lampu

Entah apa namanya. Mau mati lampu atau listrik padam, terserah. Yang pasti, dalam keadaan dimana satu desa atau kecamatan mengalami kondisi gelap gulita atau pekat karena kantor PLN sengaja mematikan arus listriknya.

Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya adalah
  1. Kotak tenaga PLN rusak,
  2. Kabel listrik tertimpa pepohonan atau bangunan rubuh
  3. Kabel putus
  4. Pemasangan kabel listrik baru, dan
  5. Program pemerintah (penghematan listrik negara).

Ketika terjadi mati lampu, hal ini dapat mengganggu aktivitas (kecuali tidur) kita dan malah menimbulkan suasana yang menyeramkan (bila terjadi saat malam hari). Sehingga untuk menghilangkan kebosanan menunggu hidupnya lampu maupun menghilangkan rasa takut akan gelap, beberapa orang tetap melakukan aktivitas walau saat mati lampu.

korek api & lilin

Lalu pertanyaannya, aktivitas apa saja yang dapat dilakukan seseorang pada saat mati lampu terjadi?

Aktivitas tersebut diantaranya sebagai berikut:


1. Tidur

Ketika bosan melanda, terkadang membuat kita jadi kebingungan. Mau main handphone baterainya habis, pengen mengakses internet PC dan sambungan internet tidak bisa hidup, mau makan jalan ke dapur gelap, intinya mau apa-apa juga malas.

Akhirnya, tidur menjadi aktivitas yang digemari banyak orang ketika terjadi mati lampu.


2. Main handphone

Ketika asyik mengerjakan tugas sekolah atau kantor, tiba-tiba #phett (mati lampu). Tidak tau kapan lampu akan menyala, mau tidur juga tidak bisa karena tanggung dikejar deadline. Terpaksanya harus tahan melek.

Tiba-tiba melirik handphone yang masih menyala. Akhirnya, bermain handphone menjadi aktivitas sambil menunggu lampu menyala kembali. Entah bermain game, mengedit foto atau video, atau keasyikan mengakses internet.


3. Main bayangan

Aktivitas bermain bayangan pasti pernah kita lakukan waktu kecil ketika mati lampu dan merasa bosan di malam hari. Entah main dengan orang tua, saudara, atau sendirian.

Dengan bantuan cahaya lilin atau lampu darurat, kita dapat membuat bayangan sesuai keahlian dan keinginan dengan menggunakan anggota tubuh (tangan) atau benda lainnya.


4. Mendengarkan musik

Setiap mati lampu tiba-tiba suasananya berubah menjadi terasa sepi dan sunyi, apalagi kejadiannya pada malam hari pas di rumah atau di kost dalam keadaan sendiri. Sehingga membuat suasananya menjadi terasa seram atau mencekam.

Untuk menghilangkan perasaan seram maupun ketakutan, mendengarkan musik dapat menjadi sebuah solusi. Ketika musik dimulai, suasana rumah atau kost menjadi sedikit ramai. Perasaan takut akan hal-hal yang menyeramkan dapat mulai berkurang dan akhirnya tidak jadi menyeramkan lagi.


5. Memandang langit

Ketika terjadi mati lampu di malam hari, ingin rasanya memandang keluar rumah. Tiba-tiba pandangan refleks menuju ke atas, tertuju ke arah langit. Langit terlihat begitu indah walau waktu itu sangatlah mendung atau sedang turun hujan. Entah kenapa, ketika memandang langit malam, perasaan di dalam hati menjadi begitu tenang. Lalu kita tersadar, betapa indahnya pemandangan langit ciptaan Tuhan di malam hari.


6. Bermain alat musik akustik

Sembari menunggu lampu menyala dan ditemani cahaya lilin atau lampu darurat, bermain alat musik bisa menjadi sebuah aktivitas dalam mengisi kebosanan. Tentunya bermain alat musik yang akustik, karena bila ingin bermain alat musik yang memakai listrik harus menunggu sampai listriknya menyala. Lol.

Nyanyi apa saja sambil duet dengan jangkrik-jangkrik. Gitar dipetik ditambah suara jam berdetik. Sukses deh konser dadakan malam ini.


7. Nonkrong dengan teman

Sebenarnya hal ini bisa dilakukan juga pada saat listrik masih menyala. Tapi, sebagai mengisi kebosanan menunggu listriknya menyala aktivitas ini juga bermanfaat lho.

Disamping sosialisme, aktivitas ini juga dapat digunakan untuk membahas hal-hal yang nantinya berguna untuk masa depan kita bersama teman-teman.


8. Membuat api unggun

Hal ini dilakukan ketika mati lampu di malam hari. Aktivitas ini bertujuan untuk menerangi kegelapan malam. Kita bisa membuat api unggun bersama keluarga, teman, tetangga, maupun orang yang baru kita kenal.

Membuat api unggun sebenarnya tidak hanya dibuat dengan kayu atau ranting pohon saja yang kemudian dibakar, membakar sampah dan dedaunan juga bisa membuat api unggun kok. Jadi, jangan salah mengartikan kata unggun itu sendiri.


9. Olahraga ringan

Ketika mati lampu ternyata bisa membuat beberapa orang tersadar dengan kesehatannya, karena sebelumnya mereka lebih fokus pada kesibukan pekerjaan.

Sembari menunggu lampu menyala, mereka kemudian mulai meregangkan tubuh. Olah raga kecil seperti; lari di tempat, menggoyangkan kepala atau badan ke kanan dan kiri, push up, lompat-lompat, dan gerakan lainnya. Tentunya, menggerakkan tubuh agar tidak tegang dan ketika kerja nggak takut sakit.


10. Menyalakan lampu emergency dan lilin

Menyalakan lampu emergency dan lilin dilakukan ketika mati lampu di malam hari. Fungsinya untuk menerangi ruangan dan meredakan rasa takut akan kegelapan. Ya, ini sudah sangat jelas sekali, bukan? LoL.



Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas yang dapat dilakukan saat mati lampu, seperti; menggambar, keliling kampung, main ke rumah teman, dan hal lainnya. Yang telah saya sebutkan di atas tadi adalah semua aktivitas yang lebih sering dilakukan oleh kebanyakan orang berdasarkan observasi lapangan, tanya-tanya, dan pengalaman pribadi.


--------

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai 10 Aktivitas yang Dapat Kita Kerjakan Saat Mati Lampu.

Jika ada salah dalam penyampaian atau penulisan mohon dimaafkan ya. #peace

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Aktivitas Saat Mati Lampu
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top