Saturday, September 26, 2015

6 Mobil Karya Mahasiswa Indonesia yang Mendunia

Seorang mahasiswa dituntut oleh kebanyakan orang tua agar bisa lulus cepat. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa setiap individu memiliki keinginan yang belum tentu sesuai dengan orang tua. Maka itu, bagi orang tua, silakan baca artikel ini :)

mobil anak bangsa mahasiswa Indonesia yang juara dunia
sumber gambar: ugm.ac.id
Selalu saja ada inovasi keren yang membuat kagum dunia internasional. Salah satu inovasi mahasiswa Indonesia adalah menciptakan mobil dengan bermacam-macam teknologi yang unik dan tentunya sudah diakui dunia internasional.

Lalu, apa saja 6 mobil hasil karya hebat mahasiswa Indonesia yang diakui dunia?


1. Mobil Listrik Android - UII

Mobil Android ini buatan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia yang merupakan mobil pertama berbasis android. Nazri Affandi, ketua Tim Ulil Albab yang mempunyai ide dan inovasi ini menggunakan Android sebagai kendali mobil. Panel instrumen mobil yang biasanya dipasang rumit dan memberatkan mobil diganti dengan aplikasi buatan timnya yang bisa dikendalikan melalui smartphone Android.


2. Mobil Sapu Angin - ITS

Mobil Sapu Angin merupakan sebuah karya mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Sudah 4 tahun berturut-turut ITS menjuarai di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia. Tahun ini mereka berhasil meraih juara pertama untuk kategori urban concept diesel dalam ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2015 di Manila. Pada kategori urban concept diesel, mobil Sapu Angin ITS unggul dengan rekor terbaru, yaitu mencapai 153 km/liter!


3. Mobil Garuda - UNY

Mahasiswa yang berjuluk Garuda UNY Racing Tim (GURT) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga menciptakan mobil listrik. Mobil buatan mahasiswa UNY tersebut dapat dipacu hingga 130km/jam. Mobil yang bernama Garuda F-15 ini didesain sebagai mobil balap. Mobil karya mahasiswa UNY yang diketuai oleh Afri Yudantoko berhasil membuat nama Indonesia berjaya di mata dunia. Tim Garuda UNY berhasil meraih Juara Umum dan mendapat gelar Best of the Best pada International Student Green Car Competition (ISGCC) 2015 di kategori mobil Hybrid di Songsan Myun Hwasungsi, Korea Selatan. Hebatnya, tim ini menjadi satu-satunya delegasi wakil dari Indonesia yang mengikuti ajang tersebut.


4. Mobil Keris RV - UI

Universitas Indonesia (UI) kembali menunjukkan inovasi dengan meluncurkan dua mobil hemat energi, ramah lingkungan, dan ultra-efisien. Mobil karya mahasiswa Fakultas Teknik (FT) bernama Keris RV dan Kalabia evo-3. Keris RV berhasil meraih juara dan memecahkan rekor sebelumnya di perlombaan Energy Marathon Challenge. Kecepatan mobil karya mahasiswa UI ini melebihi mobil buatan mahasiswa ITS, yang dapat menempuh dengan jarak sejauh 1.027 km/liter.


5. Mobil Bimasakti - UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) juga memiliki mobil hasil karya mahasiswanya. Mobil tersebut diberi nama Bimasakti UGM. Mobil dengan kapasitas satu penumpang ini pernah mengikuti perlombaan Student Formula Japan pada tahun 2013.


6. Mobil Antawirya - UNDIP

Mobil Antawirya lahir dari tangan-tangan kreatif anggota Divisi Workshop Himpunan Mahasiswa Mesin Universitas Diponegoro. Mereka pertama kali berlaga pada Indonesian Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013, sebuah kompetisi mobil irit bahan bakar dari Ditjen Dikti. Di bawah asuhan Dr. Susilo Adi Widyanto, tim Antawirya juga akan berlaga mewakili Indonesia dalam kompetisi tingkat Asia Pasifik, Australia, dan Timur Tengah dalam kategori Urban Concept.


Semoga, artikel ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi muda untuk menciptakan sesuatu yang dapat dihargai oleh dunia. Dan pastinya, bermanfaat untuk orang lain.

Untuk para orang tua; selama itu positif, hargai dan dukung keinginan anak kalian. Jangan sampai anak kalian menjadi orang yang gagal karena keegoisan kalian.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat. Amin!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Mobil Karya Mahasiswa Indonesia yang Mendunia
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X