Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 03 September 2015

Blogspot.com Berubah Otomatis Menjadi Blogspot.co.id

Hari ini saya merasa sedikit khawatir karena iklan google adsense di blog saya yang masih menggunakan subdomain blogspot tiba-tiba tidak muncul atau menghilang. Menghilangnya bisa di seluruh halaman.

Berhubung laptop saya juga baru diservis, otomatis saya hanya bisa pasrah dengan masalah iklan google adsense blog saya yang hilang entah kemana.

Tidak lama kemudian handphone saya muncul notifikasi email dari forum bersosial.com. Judul email itu tertulis Domain Blogspot Indonesia Berubah Blogspot.co.id. Karena penasaran, akhirnya saya buka. Kemudian saya baca artikelnya dan komentar-komentar yang ada dari member maupun admin forum tersebut. Sampai akhirnya kekhawatiran saya pun kini mereda. Ternyata penyebab iklan google adsense yang tidak muncul di blog blogspot ini terjadi karena perpindahan .com ke domain tiap negara (kalau Indonesia ya .co.id) yang dilakukan oleh pihak google untuk mempermudah mesin pencari dalam memberikan peringkat situs yang sesuai dengan tiap bahasa negara.

Awalnya saya tidak menyadari dengan adanya perubahan otomatis / redirect subdomain url blog saya, misal: ngeblogasyikk.blogspot.com menjadi ngeblogasyikk.blogspot.co.id. Alasannya karena saya buka lewat HP android yang bar url / address-nya di browser google chrome tidak tampil secara 'utuh' (perlu digeser agar bisa melihat secara utuh).

Tapi, jangan khawatir guys. Setelah saya mencoba dengan merubah .com menjadi .de atau menambah .com menjadi .com/ncr sesuai arahan Kang Andre (salah satu member forum bersosial.com), iklan google adsense blog saya ternyata muncul.

Jadi, saya simpulkan bahwa hanya blogspot.co.id saja yang belum bisa memunculkan iklan google adsense. (Salah satu efek platform Blogger saat melakukan maintenance)
Blogspot.com Otomatis Redirect ke Blogspot.co.id. Sebagai member google, kita sebagai blogger hanya bisa pasrah dengan perubahan ini. Dan sepertinya, hanya custom domain TLD blogger saja yang iklan Adsensenya masih tetap muncul walau dengan adanya perubahan domain pada blogspot ini.

Update! : url blogspot.co.id sudah dapat menampilkan iklan Google Adsense

Update lagi! : Alasan pihak Google merubah blogspot.com menjadi blogspot.co.id untuk meratakan kebebasan berekspresi di setiap wilayah, kecuali bab SARA.

Tapi menurut saya pribadi hal ini juga berdampak baik kepada webmaster dan blogger Indonesia dalam usaha mencari posisi / peringkat terbaik / page one di search engine googlehususnya pencari informasi dengan keyword / kata kunci bahasa Indonesia.


Itu saja yang bisa sampaikan mengenai Blogspot.com Otomatis Redirect Blogspot.co.id. Semoga artikel yang sedikit ini dapat membuat kalian menjadi tidak khawatir lagi dengan redirect domain .com menjadi co.id di blog subdomain blogspot.

Happy blogging. Salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Blogspot.com Berubah Otomatis Menjadi Blogspot.co.id
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top