Saturday, September 12, 2015

Renungan: Pengguna Aplikasi Dubsmash Harap Hati-Hati

Siapa yang tidak tau mengenai aplikasi Dubsmash di smartphone? Saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Dubsmash.

Dubsmash adalah aplikasi smartphone dubbing suara dari lagu atau rekaman suara lainnya, yang kemudian ditransformasikan menjadi sebuah video. Pengguna aplikasi ini hanya perlu mengerakkan mulut dan membuat sedikit aksi agar menyerupai suara dari lagu atau suara yang dipilih lainnya, dan kemudian upload video yang sudah jadi ke instagram, facebook, atau media sosial lainnya.


Dianggap bodoh atau hiburan?
dont be idiot with dubsmash app Kebanyakan orang menganggap fenomena penggunaan dubsmash sebagai hiburan semata, terutama pengguna dubsmash yang mayoritas adalah remaja. Tapi, ada juga yang menganggap penggunaan dubsmash seperti menontonkan kebodohannya sendiri. Lihat saja video yang dibagikan ke Instagram, Facebook, dan sosial media lainnya, setiap hari ada saja video yang dibagikan kepada publik.

Tapi, akhir-akhir ini saya merasa janggal dengan pengguna dubsmash. Dimana video berlabel dubsmash.com yang dibagikan ke publik, hanya menampilkan gerakan tubuh selain mulut dan itu bukanlah dubbing. Bahkan ada yang membagikan suaranya sendiri. Apa mereka tidak tau arti dari dubbing? Entahlah, semoga saja itu adalah sebuah kekhilafan semata.


Pesan saya - Semoga para pengguna dubsmash menggunakan aplikasi itu secara wajar. Jangan sampai apa yang telah kalian bagikan ke publik menjadi sebuah bumerang bagi diri kalian sendiri. Hinaan atau pujian yang kalian peroleh dari membagikan video apapun itu, merupakan tanggung jawab kalian sendiri. Maka itu, berpikirlah sebelum membuat video dan membagikannya kepada publik. Gunakan otak kalian untuk berpikir, bukan hanya sebagai sebuah hiasan. Dan jangan menyia-nyiakan nikmat Tuhan.

Itu saja yang ingin saya sampaikan.


-----------

Terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Renungan: Pengguna Aplikasi Dubsmash Harap Hati-Hati
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -