Tuesday, October 27, 2015

10 Ciri Orang Gagal dalam Menjalani Kehidupan

Ciri-ciri orang gagal di dalam menjalani hidup bisa terlihat dari usaha, sikap, ucapan, dan pemikiran seseorang. Kegagalan adalah mutlak kesalahan diri sendiri, karena tidak adanya keinginan dalam hati untuk menjadi orang yang berhasil atau sukses dan terindikasi kurang bersyukur.

Dari apa yang telah saya perhatikan selama ini, saya merangkum 10 ciri orang gagal dalam menjalani sebuah kehidupan pada artikel ini. Apa saja itu? Silakan baca sampai selesai.

Menyia-nyiakan waktu

1. Selalu menyia-nyiakan waktu

Berapa kira-kira waktu efektif kita dalam sehari? Jika satu hari ada 24 jam dikurangi waktu tidur 8 jam, berarti tinggal 16 jam. Makan, mandi, beres-beres, berpakaian kira-kira membutuhkan waktu 4 jam. Jadi, waktu efektif kita 'harusnya' tinggal 12 jam. Dalam sisa waktu 12 jam ini cobalah diingat-ingat, apakah kita menggunakannya secara efektif?


2. Selalu berpikiran negatif

Apa enaknya berpikiran negatif? Bukankah hanya akan membunuh diri kita sendiri? Tidak ada dalil yang menyatakan bahwa berpikiran negatif akan membuat diri kita aman dan nyaman. Jika kita menganggap bahwa berpikiran negatif dapat menguntungkan kehidupan, tidak dipungkiri bahwa kita adalah orang gila. Selalu menjalani hidup dengan positive thinking akan merubah kehidupan kita dari yang buruk menjadi pribadi yang baik.


3. Kurang bersosial

Pernahkah kalian mendengar kata-kata 'bahwa banyak teman banyak rezeki'? Itu bukanlah sebuah gosip, itu adalah kenyataan. Dengan memiliki banyak kenalan/teman, referral kita banyak. Apalagi mengenai dunia pekerjaan, kebanyakan orang terdekatlah yang mudah diterima daripada mereka yang tidak dikenal. Carilah teman di dunia nyata, bukan dunia maya! Karena itu lebih bermakna dan bahagia.


4. Senang bergosip

Bergosip adalah hal yang sangat sia-sia. Tidak ada efek baik yang kita dapatkan, bahkan karena bergosip kita dijauhi banyak orang. Mumpung masih diberi waktu hidup, hindarilah sikap menggosip. Fokuslah terhadap apa yang sedang kita cita-citakan.


5. Tidak Percaya Diri

Orang yang tidak percaya diri mudah dipengaruhi oleh orang lain. Tidak percaya diri juga akan menutup pintu rezeki kita. Percayalah pada diri, tutup telinga rapat-rapat apabila ada orang yang ingin menjatuhkan niat baik kita.


6. Tidak bersyukur

Dengan bersyukur kita bisa menjalani hidup dengan baik. Rasa syukur kepada Tuhan yang paling utama, setelah itu ucapkan terima kasih kepada orang yang telah menolong kesuksesan kita.


7. Tidak mau belajar

Wawasan seseorang merupakan salah satu penilaian penting apabila kita sedang melakukan interview. Dimana kita akan diuji/ditanya mengenai berapa banyak pengetahuan kita tentang hal yang sedang diujikan. Maka itu, belajarlah terus menerus. Karena menurut saya, belajar itu adalah kewajiban bagi seluruh umat manusia dan belajar juga yang membantu kita untuk sukses di dunia maupun di akhirat.


8. Boros

Boros boleh apa tidak? Boleh apabila pemasukan dan segala keinginan kita setiap saat terpenuhi. Tapi, apa salahnya apabila uang yang kita miliki ditabung. Dengan adanya tabungan kita memiliki investasi jangka panjang. Bila ingin membangun rumah di surga, kita sumbangkan/sedekahkan harta kepada panti sosial atau saudara kita yang tidak mampu.


9. Kurang usaha

Seberapa besar usaha kita selama ini? Masih setengah-setengah atau sudah maksimal? Jangan merasa sedih apabila usaha maksimal kita tidak membuahkan hasil seperti apa yang kita inginkan. Siapa tau usaha maksimal kita selama ini diraih oleh anak cucu kita. Rasanya bahagia bukan, apabila anak cucu kita hidup makmur, sehat, dan sejahtera? Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan apa yang telah kita usahakan dengan maksimal. Jangan pernah berharap menjadi seorang peminta-peminta.


10. Niat masih naik turun

Niat adalah salah satu hal yang wajib kita miliki untuk meraih sesuatu. Dengan niat, sedikit demi sedikit usaha kita akan menjadi maksimal. Karena tanpa adanya niat, seperti kita sedang jalan tanpa adanya tujuan. Maka itu, luruskan dan mantapkan niat kita bila ingin sukses. Jangan pernah bermalas-malasan apabila kita tidak ingin besar di mulut alias banyak bicara tapi usaha nol.


----------

Nah, demikian yang bisa saya sampaikan mengenai 10 ciri orang gagal. Sebenarnya gagal bukanlah akhir dari kehidupan. Karena kegagalan adalah jalan kita menuju tangga keberhasilan. Lalu, apakah kalian ingin selalu menjadi orang gagal? Pilihlah menjadi orang sukses bila kita ingin dihargai orang tua, keluarga, pasangan, teman, maupun orang lain.
10 Ciri Orang Gagal dalam Menjalani Kehidupan
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -