Saturday, October 10, 2015

12 Alasan Orang Berkata Bohong

Alasan mengapa orang berani berbohong bisa berbagai macam tergantung dengan siapa dia berbicara. Cara menyampaikannya bahkan ada yang unik, aneh, dan lucu. Sebenarnya sikap ini merupakan sebuah dosa bila digunakan untuk niatan buruk. Akan tetapi tidak akan menimbulkan dosa bila digunakan untuk suatu hal kebajikan.

Lalu, kenapa orang berkata bohong? Berikut alasannya:

bohong lie berkata contoh gambar

1. Membela diri

Ketika posisi kita terancam (misal: akan dibunuh) pastinya kita akan menggunakan akal untuk berpikir agar terlepas dari maut. Bagaimana caranya? Yaitu dengan berbohong. Siapa tau dengan kita berbohong, kita tidak jadi dibunuh.


2. Mengharapkan sesuatu

Ketika kita meminta sesuatu kepada orang tua terkadang tidak terpenuhi karena alasan yang sebenarnya ada landasannya. Akan tetapi bagi anak yang tidak mau berpikir, mereka terpaksa berbohong agar keinginannya terpenuhi, misal: menginginkan handphone baru. Sang anak berpura-pura berkata kepada orang tuanya kalau handphone-nya hilang. Padahal, sebenarnya handphone-nya ia jual. Dengan demikian orang tua-pun akan menyanggupi apa keinginan dari anaknya.


3. Meyakinkan orang lain

Disaat pacaran, pasti ada masanya pertengkaran terjadi. Dimana salah satu pihak menginginkan hal tersebut tidak berlangsung berkelanjutan. Dan disitulah terkadang banyak orang menggunakan cara berbohong untuk mengakhiri pertikaian yang tak kunjung berhenti.


4. Kebiasaan

Berbohong bisa menjadi sebuah kebiasaan dalam hidup seseorang. Dengan banyak melakukan kebiasaan tersebut ia akan merasakan kesenangan tersendiri. Bahkan dengan perbuatan dan sikapnya itu, ia bisa memiliki banyak teman. Jadi, kita harus berhati-hati dalam menjalin hubungan dengan seseorang.


5. Menjadi juara

Menjadi seorang juara harusnya menunjukkan sikap sportif. Tapi sayangnya, demi mengharapkan hadiah yang baginya sangat berharga terkadang dengan cara burukpun ia lakukan. Entah dengan kecurangan dan kebohongan yang ia rahasiakan sendiri.


6. Tidak percaya diri

Ketidakpercayaan diri inilah salah satu penyebab yang membuat seseorang harus rela untuk berani berbohong. Ia takut apabila yang dilakukannya jujur, orang disekitarnya akan memandang sebelah mata. Misalkan saja dengan berpura-pura menjadi orang kaya.


7. Menyelamatkan orang lain

Inilah kebohongan yang tidak membuahkan dosa. Dimana seseorang berpura-pura mengatakan kebohongan untuk menyelamatkan orang lain yang ia ketahui bahwa orang tersebut memang tidak bersalah. Dengan begitu, orang yang ia selamatkan bisa terbebas dari hukuman yang harusnya tidak pernah ada.


8. Menutupi kelemahan

Seorang pembohong pintar bermain kata. Apa yang telah ia ucapkan terkadang begitu meyakinkan. Seakan-akan semua kalimat yang ia lontarkan adalah sebuah kebenaran bagi orang lain. Pada dasarnya kebohongan yang ia lakukan demi menutupi kelemahannya.


9. Meningkatkan kepopuleran

Banyak artis yang ingin populer menggunakan cara yang terbilang wajar bagi mereka. Membuat berita hoax seakan-akan mengalami hal buruk yang membuat masyarakat biasa menjadi simpati kepada mereka. Dan ternyata, hal yang menurut mereka wajar ini benar-benar sukses dan dapat mendongkrak angka kepopuleran.


10. Mencari untung

Mana ada seorang pedagang menjual produknya dengan cara yang jujur. Pasti mereka menggunakan kebohongan dalam meraup keuntungan. Kalau berjualan jujur, ya kapan untungnya?


11. Mencuri uang rakyat

Ini adalah pengalaman seorang koruptor. Para tikus menjijikan ini seenaknya sendiri menipu masyarakat dengan membuat segala macam program pro rakyat. Yang ternyata keuntungannya ia rasakan sendiri tanpa melihat tingkat kesejahteraan rakyat yang masih hidup dibawah garis kemiskinan.


12. Mengukur kesetiaan

Kesetiaan bisa apa saja, entah: persahabatan, pacaran, hubungan suami istri, kesetiaan pegawai, kelompok lain, dan lainnya. Jadi, disini kita berpura-pura berbohong untuk menguji seseorang maupun kelompok lain agar kita tahu seberapa besar kesetiaan mereka atau seberapa peduli mereka dengan diri kita. Niatnya mungkin hanya mau nge-tes, tapi kebohongan seperti ini bisa menimbulkan perpecahan kalau pihak lain merasa dipermainkan dan kita tidak meminta maaf jika ketahuan bohong.


Itulah 12 alasan seseorang melakukan sebuah kebohongan yang bisa saya sampaikan di artikel kali ini.

Semoga dengan apa yang telah saya tulis ini, kita dapat mengambil sisi positifnya. Berbohong itu boleh, bila untuk kebenaran yang nyata.

Sekian dari saya. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
12 Alasan Orang Berkata Bohong
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -