Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 07 Oktober 2015

6 Ciri Blogger Pemula

Newbie confuseCiri-ciri blogger pemula itu seperti apa? Sebelumnya saya ingin sedikit bercerita. Sadar atau tidak sebenarnya semua blogger pasti melalui masanya disaat mereka benar-benar awal mengenal dunia blogging, kecuali mereka yang sudah mendapat ilmunya dulu entah dimana. Blogger newbie (seperti saya ini) saat mengoptimasi sebuah blog sangatlah overload alias berlebihan. Hingga akhirnya menyadari bahwa apa yang telah dilakukan merupakan sebuah kesalahan dalam dunia per-blogging-an. Itulah alasan saya sehingga membuat artikel ini.

Berdasarkan pengalaman dan melihat-lihat blog pemula lainnya, akhirnya saya menyimpulkan ada 6 ciri seorang blogger pemula (kebanyakan). Untuk jelasnya, silakan baca dengan seksama.


1. Tampilan template yang overload

Tampilan yang overload itu seperti apa? Bisa kita lihat dari sisi pemasangan widget. Betapa banyaknya widget yang dipasang, entah itu berupa jam dinding, cursor yang berputar, playlist otomatis, ping-ping-an, penampil pengunjung, dan widget lainnya. Sebenarnya hal itu tidak dapat dikatakan salah. Akan tetapi semakin banyaknya widget yang ditampilkan, menandakan bahwa Javascript yang terpasang juga banyak. Sehingga membuat loading blog menjadi berat atau lama. Hal ini juga berdampak berkurangnya 2 poin penilaian. Yang pertama, karena loading blog yang lama (pengurangan 1 poin SEO). Yang kedua, karena pengunjung jadi malas untuk menunggu loading. Dan akhirnya, membuat blog masuk ke dalam sandbox search engine dan tidak pernah terjamah oleh pengunjung.


2. Tulisan artikel yang berantakan

Saya sendiri juga mengalami hal seperti ini. Rasanya ingin sekali jumlah artikel di blog menjadi ratusan atau ribuan dalam sekejap. Bukannya tidak mustahil, akan tetapi bila ini dilakukan sendiri rasanya begitu sulit. Sehingga, tulisan artikel ditulis dengan cara semena-mena. Struktur penulisan menjadi kacau, dimana huruf A menjadi Z, spasi dengan jarak tak menentu, kalimat satu paragraf yang isinya tidak nyambung, atau bahkan yang harusnya penutup malah menjadi kalimat pembuka. Akhirnya, artikel yang pernah diposting harus diperbaiki kembali.


3. Artikel copas (copy paste)

Bisa jadi alasannya sama seperti sebelumnya, karena menginginkan jumlah artikel ratusan dalam sekejap. Sehingga cara burukpun terpaksa dilakukan, yaitu artikel copas. Artikel copas bisa dikategorikan menjadi 4 tipe. Tipe pertama copas tanpa edit, tipe kedua copas dengan edit, tipe ketiga artikel hasil translate tanpa edit, yang terakhir hasil translate dengan edit. Dengan adanya artikel copas, sebenarnya telah memperburuk penilaian blog oleh search engine. Perlu diingat, siapa cepat dia yang dapat. Artikel siapa yang original, pasti dia yang menang dari artikel hasil copas. Mungkin ada juga artikel hasil copas yang berada dalam halaman pertama search engine. Tapi kita harus berhati-hati dan sadar, bahwa algoritma search engine akan selalu diperbarui. Jadi, jangan menyesal bila hal buruk terjadi pada blog kita akibat kesalahan sendiri. Karena penyesalan selalu datang belakangan.


4. Mengandalkan situs pingbot

Entah apa namanya, tapi saya lebih suka menyebutnya situs pingbot. Karena cara kerjanya yang begitu ekstrem, yang membuat hati rasanya tidak percaya karena tiba-tiba traffic blog meningkat dengan sekejap mata. Dulu saya juga pernah melakukannya, bahkan rasanya seperti candu. Cara penggunaanya sangatah mudah, karena hanya tinggal menulis url blog kemudian klik ping dan abrakadabra, traffic-pun melejit. Sampai akhirnya saya sadar karena membaca artikel sebuah forum Indonesia yang membahas mengenai bahaya penggunaan pingbot dalam meningkatkan traffic blog yang tidak bersifat nyata. Bahayanya akan terasa beberapa bulan/tahun kemudian. Apalagi bagi blog kita yang memiliki iklan google adsense, bukannya untung malah buntung. Tanpa alasan yang jelas, blog kita telah banned atau berada pada sandbox karena melanggar TOS search engine.


5. Labil menentukan niche / tema blog

Contoh saja blog ini. Awalnya saya ingin membuat blog bertema khusus nasehat, motivasi, dan petuah. Tapi lama-kelamaan niatan itupun sirna, sesuai dengan berhentinya ide. Alhasil, jadilah blog ini dengan tema gado-gado. Apa blog gado-gado itu buruk? Sebagian para master menganggap iya, tapi sebagian ada yang menganggap tidak. Karena ada dua pendapat yang berbeda, akhirnya dengan senang hati saya masih menjalankan blog ini.


6. Jarang memposting artikel baru

Hal ini dapat terjadi karena landasan niat dalam hati yang belum kuat. Menganggap bahwa menjadi seorang blogger merupakan profesi yang tidak menjanjikan. Perlu kita ingat bahwa, semua profesi melewati jalan yang berat (kecuali mereka anak seorang konglomerat). Seorang insinyur pembangunanpun juga harus menjalani latihan sebagai seorang kuli bangunan terlebih dahulu untuk belajar memahami dasar-dasar pembangunan. Seperti peribahasa Indonesia, "berakit-rakit ke hulu, berenang-berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Sebuah hasil yang maksimal membutuhkan banyak proses. Tergantung bagaimana kita mau menjalani prosesnya, niat atau tidak.


---- | | ----


Itulah keenam ciri seorang blogger pemula atau newbie yang bisa saya sampaikan di artikel ini. Saya berharap, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi pelajaran bagi kita dalam mengoptimasi blog. Namun, apabila ada diantara kalian yang dari awal main blog tidak melakukan apa yang saya sebutkan di atas, berarti kalian sudah siap menjadi calon seorang master.

Seorang pemula adalah orang yang pernah menjalani masa kelam. Dan hanya pemula lah yang tau seberapa berat menjadi seorang master. Karena pada dasarnya, seorang master adalah pemula. Jadi, jangan pernah besar kepala jika ada yang memanggil master karena pengetahuan kita. Berbagilah, karena ilmu yang baik adalah ilmu yang bermanfaat untuk orang lain. Jangan sombong dan tetaplah merendah :)
blogger websites , blogger meaning , blogger search , blogger blogs , blogger app , blogger vs wordpress , blogging for money , blogger templates

Sekian dari saya. Apabila ada salah kata atau penyampaian pada artikel ini, saya minta maaf sebesar-besarnya. Terimakasih telah berkunjung di artikel ini. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Ciri Blogger Pemula
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top