Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 01 Oktober 2015

Cara Setting HTTPS Blogspot Platform Blogger

Akhirnya google memberikan bonus bagi para blogger yang menggunakan domain blogspot berupa HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure). Dengan perubahan ini, blog kita terlihat secure / aman / terjamin untuk diakses oleh para pengunjung.

HTTPS biasanya digunakan untuk keperluan internet banking, halaman login dan pendaftaran, transaksi pembayaran, dan lainnya dalam merahasiakan data pengguna agar tidak dijamah oleh para cracker. Contoh web yang menggunakan HTTPS adalah facebook, academia, amazon, twitter, bersosial dan lain-lain.


Lalu, apa manfaat dari HTTPS itu sendiri? Berikut adalah manfaat yang dapat kita peroleh:
  1. Membantu memeriksa bahwa pengunjung membuka situs yang benar, aman, dan terjamin, serta tidak sedang diarahkan ke situs berbahaya.
  2. Membantu mendeteksi jika ada cracker yang mencoba mengubah data yang dikirim dari Blogger untuk pengunjung.
  3. Menambahkan langkah-langkah keamanan yang membuat lebih sulit para cracker untuk melacak aktivitas dan mencuri informasi pengunjung.

Tapi sayangnya, dengan mengaktifkan HTTPS untuk blogspot dapat membuat error / masalah pada setiap template, widget, dan post content. Maka itu, google menghimbau para blogger khususnya pemakai domain blogspot untuk memperbaiki sendiri masalah yang terjadi pada blognya.

Tapi tenang saja, bisa diperbaiki dengan mudah tapi harus jeli. Google menghimbau kepada semua pemilik situs untuk merubah elemen HTTP ke HTTPS yang di area template, widget, dan post content, baca selengkapnya di Google Developer.

Cara mengaktifkan / merubah HTTPS di blogspot, lihat gambar di bawah ini:

Cara mengaktifkan merubah HTTPS di blogspot plaform blogger

Setelah HTTPS diaktifkan, silakan buka blog kalian. Apakah sudah muncul tanda secure di bagian kotak url? Kalau belum, berarti menandakan bahwa google belum merayapi blog kita. Lalu selanjutnya bagaimana? Tunggu saja. Karena saya sendiri juga menunggu perubahan HTTP ke HTTPS dengan blog ini. Kita berdoa saja, semoga google segera merayapi blog kita. Amin.

Silakan ketik "https://url-kalian" di kotak url browser. Apakah ada tanda secure-nya? Harusnya ada! Karena sebelumnya fitur HTTPS ini sudah ada sebelum google merilis tombol pengaktifan HTTPS. Akan tetapi hanya sedikit orang yang mengetahuinya.

Update
Akhirnya muncul juga url HTTPS blog ini di pencarian Google (halaman homepage dan artikel).


Catatan!
  • Sebagian javascript tidak dapat tampil di "https://url-kalian". Hapus JS apabila sangat tidak diperlukan.
  • Untuk blog custom domain tidak tersedia menu pengaktifan HTTPS.


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Amin

Akhir kata, Salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Cara Setting HTTPS Blogspot Platform Blogger
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top