Monday, December 28, 2015

16 Cara Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog / Website Sampai Ribuan

Pada dasarnya tidak ada cara cepat atau instant dalam mendapatkan sesuatu, karena semuanya butuh proses. Perlu anda pahami bahwa membuat mie instant saja kenyataannya tidak se-instant yang ditulis pada bungkus atau wadahnya. Awalnya, kita harus memasukkan air mentah ke dalam panci - menyalakan api pembakaran - menunggu air sampai panas atau mendidih - memasukkan telur - dan seterusnya. Sampai pada akhirnya kita dapat menikmati mie yang sudah kita masak tadi. Sama halnya dengan ngeblog! Karena jika anda belum ahli dan terbiasa, ngeblog bukanlah perkara hal yang mudah untuk anda lakukan. Kecuali, jika anda sudah tau kunci-kuncinya karena memang sudah diajarkan atau kita sendiri yang menemukannya. Tapi, jika anda belum tau kunci atau caranya, lalu harus bagaimana?

Jujur, saya sendiri merasa malas dan tidak mampu jikalau menerapkan tips-tips ini semuanya, karena pada dasarnya saya ini orangnya 'mager' (malas gerak) dan tidak memiliki modal untuk membayar. Namun, siapa tau tips berikut bermanfaat bagi kehidupan situs anda kedepannya. Saya ikhlas membagikan pada anda secara 'gratis' (gratis ilmunya, tapi tetap bayar kuota internet). Lol!

Jika anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung situs anda, bahkan sampai ribuan, silakan anda terapkan beberapa tips yang telah saya dapatkan dari berbagai macam sumber web blog profesional Indonesia maupun luar negeri ini.

grafik traffic blog site website ngeblogasyikk

Sebelumnya, saya sarankan kepada anda agar tidak terlalu memaksakan diri. Lihat posisi, keadaan, keuangan, dan kesehatan anda juga. Tau sendiri kan, apabila kita terlalu memaksakan diri hanya akan memperburuk diri kita sendiri. Namun apabila belum mencobanya, anda tidak akan pernah tau akan keampuhan beberapa tips berikut ini.

Oke, kita langsung saja.

Hal-hal yang perlu anda lakukan (wajib) jika ingin mendapatkan pengunjung versi manusia adalah sebagai berikut:

1. Daftarkan web anda ke webmaster tiap mesin pencari

Kita tau bahwa google.com merupakan mesin pencari / search engine nomor satu di dunia. Nah, anda wajib mendaftarkan web anda ke webmaster google agar nantinya web anda ke indeks dan tampil ketika keyword nama web anda diburu orang.

Selain google, ada juga webmaster lainnya, seperti: yahoo! & bing, yandex, baidu, dan masih banyak lagi. Silakan submit web anda di sana, karena ini gratis dan hanya perlu registrasi serta memasukkan kode verifikasi saja pada html web anda.


2. Mendesain tampilan web

Saya suka ketika melihat tampilan / template web rapi dan menu fiturnya bisa di akses tanpa ada error. Apalagi kalau pas dibuka loadingnya cepat dan informasi yang saya inginkan bisa tampil tanpa berlama-lama menunggu loading yang lama. Seandainya lama pun, paling nantinya saya tidak akan datang lagi ke web itu (kecuali jika yang membahas hanya web itu saja).

Nah, agar web anda banyak dikunjungi pembaca, silakan atur template web anda sebaik mungkin, serapi mungkin, dan secepat mungkin, supaya kedepannya pembaca baru anda mau membuka lagi web anda.


3. Konten adalah Raja

Bagi pembaca konten merupakan raja, karena konten adalah jawaban atas pertanyaannya. Ketika mereka menemukan jawaban yang tepat, masuk akal, dan juga menginspirasi, maka tak hayal apabila mereka nantinya akan menjadi pelanggan setia anda.

Buatlah konten yang disukai oleh orang, caranya bagaimana? Silakan baca artikel saya yang berjudul 7 Ciri dan 11 Cara Membuat Artikel Berkualitas sesuai opini pribadi.

Tapi, konten tak akan elok dilihat apabila pakaiannya (templatenya) kurang menarik atau acak-acakkan, maka itu sebelum anda membuat konten, silakan perbaiki template web anda dahulu. Karena nanti rasanya jadi percuma jika konten anda sudah baik tapi ternyata tidak ada yang baca, para pembaca sudah pergi dulu karena loading web anda lama prosesnya atau karena widget anda menutupi bagian isi bacaan.


4. Perbanyak postingan

Semakin banyak semakin baik. Tulis, tulis, dan tulis, lalu share. Tapi ingat, anda tetap harus menguatkan kualitasnya. Percuma saja kalau kualitas di dalam post anda tidak ada, yang ada hanya capek yang anda rasakan. Para pembaca akan melakukan surfing didalam blog anda akibat dari trik ini.


5. Bagikan tulisan anda ke media sosial

Layaknya toko online, anda tak akan dapat pembeli jika anda tidak memamerkan produk anda walau follower anda sampai jutaan. Maka itu, produk anda (yang berisi tulisan) juga harus di share ke publik.

Tidak perlu malu karena menganggap tulisan anda jelek, toh sebenarnya yang menilai itu bukan anda, tapi para pembaca anda. Kalau para pembaca kembali lagi ke web anda, membagikan tulisan anda, serta mengikuti newsletter atau fanspage web anda, itu tandanya bahwa konten anda bagus. Maka itu, jangan pesimis dulu. Nah, kalau nanti ada saran atau kritik silakan terapkan masukan mereka. Pembaca anda peduli dan anda merespon mereka, tak hayal jika viewer anda pun bisa melonjak naik.

Beberapa social media yang saya rekomendasikan untuk anda, antara lain: facebook, twitter, google plus, pinterest, dan linkedin.

Baca juga: Cara cepat mendapatkan follower fanspage media sosial via Web


6. Menjadi member sebuah forum dan ikut berpartisipasi di dalamnya

Ketika anda menjadi member di sana anda wajib berpartisipasi (biasanya cuma buat thread atau komentar saja). Nah, dalam membuat thread jangan sampai copas keseluruhan dari artikel anda di blog, silakan ubek-ubek lagi, kalau perlu cek pakai copyscape.com. Sedangkan untuk berkomentar jangan cuma bilang, 'terimakasih', 'nice info' atau komentar pelit lainnya. Kalau perlu berikan kritik, saran, atau tambahan juga.

a. Forum online

Ada banyak sekali forum online yang tersebar di internet. Silakan anda berpartisipasi di sana, ikuti peraturannya, dan jangan asal spam jika akun anda tidak ingin kena ban atau di-black list.
  1. Khusus yang menggunakan bahasa indonesia bisa anda ikuti di bersosial.com, juragancipir.com, ads.id, kaskus.co.id, bloggerindonesia (via facebook), adsensesecret (via facebook), adsense indonesia (via google plus), dan lainnya.
  2. Khusus yang pakai bahasa inggris, ada: slashdot.com, seomastering.com, quora.com, dan lainnya.
b. Forum offline

Biasanya ini ada di tiap daerah masing-masing. Seperti komunitas blogger daerah anda masing-masing. Pasti tiap daerah anda ada. Tapi kalau belum ada silakan anda jadi salah satu foundernya, ajak teman dan rekan lainnya untuk jadi member atau foundernya juga.

Nah, setiap minggu atau tiap bulan buatlah kopdar (kopi darat) yang berguna untuk sharing-sharing, entah ilmu, perkenalan tiap individu, atau biar akrab saja. Siapa tau jodohmu selama ini ada di situ, cieeee


7. Beriklan di Adword dan Fb Ads

Jangan tanya ini bayar apa enggak, karena jelas ini bayar. Anda dapat mengetahui biayanya dan cakupan iklannya di sana.

Adwords itu layanan periklanan milik google. Sedangkan Fb Ads adalah milik facebook. Kedua pihak inilah yang saya rekomendasikan berdasarkan review dan informasi dari para pengguna (terutama para pebisnis besar), yang menyatakan bahwa jasa dari kedua inilah yang paling jos daripada lainnya. Kalau saya pribadi belum pernah menggunakannya. Silakan anda mencobanya sendiri. Biayanya sih termasuk murah katanya, tergantung jumlah target anda juga sih. Pintar-pintar buat banner atau deskripsi iklan yang menarik perhatian aja sih.


8. Beriklan di web orang lain

Anda bisa pasang banner, pasang link, atau titip dagangan di web orang lain. Saya sarankan yang memiliki pengunjung minimal 5 ribu perhari via histats. Bayar, jelas! Tapi terkadang anda bisa melakukan negosiasi juga kok, bahkan dapat potongan harga apabila anda ngiklannya lama. Yang gratis ada? Ada kok tenang aja.

Untuk mencari web mana saja yang bisa dipasangi iklan, silakan cari dan tuliskan keyword anda di search engine dengan kalimat, 'pasang iklan' (tanpa tanda kutip).


9. Mengadakan kontes SEO

Sudah banyak pihak pengusaha menggunakannya cara ini agar usaha atau webnya dikenal orang. Nah, biasanya penyelenggara akan memberikan persyaratan kontes dan menunjukkan berapa besar hadiahnya. Bagi anda yang mungkin ingin webnya dikenal banyak orang dan memiliki banyak visitor, mungkin salah satu cara ini bisa anda gunakan.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Kontes SEO bagi penyelenggara, peserta dan jasa SEO


10. Tampilkan alamat web anda di bio social media

Mungkin tips ini tidak akan terasa jika pengikut anda sedikit, tapi jika banyak, hmm jangan kaget kalau tiba-tiba alat penunjuk angka pengunjung anda meningkat.

Nggak perlu gengsi juga kalau blog anda masih pakai subdomain domain gratis (misal: blogspot, wordpress, tumblr, atau wagomu). Atau bisa anda akali dengan merubah url-nya menjadi lebih singkat atau berbeda, anda bisa gunakan: google shortlink, bitly, atau tinyurl.


11. Buatlah sebuah gambar atau banner dengan memberikan watermark url web anda

Anda pernah melihat gambar dari 9gag atau 1cak? Pasti ketika anda lihat gambar-gambar mereka watermarknya bukan sebuah logo melainkan url web mereka. Hal itu mereka gunakan agar situs mereka yang belum tenar sebelumnya, bisa dapat visitor baru apabila gambar-gambar yang mereka miliki di-share ulang oleh orang lain.

Nah, silakan anda juga tiru gaya mereka ketika anda cantumkan gambar dalam artikel blog maupun share via sosial media. Ingat! Watermarknya adalah url web anda, bukan berupa logo. Dan buat gambar anda semenarik mungkin. Kalau saya sih, yang simple-simple aja sudah keren, asalkan font-nya jangan alay.


12. Jadilah partner blog orang lain

Anda bisa menjadi partner blog milik orang lain, atau istilah lainnya adalah tukar link. Nah, jadi di sini anda juga wajib pasang link mereka ke blog anda (persyaratan lain biasanya hanya like fanspage saja). Tertarik? Silakan tulis keyword di mesin pencari google dengan kalimat, 'tukar link' atau 'link partner' (tanpa tanda kutip).

Baca juga: Cara menjadi partner blog ini (ngeblogasyikk)


13. Menjadi komentator yang bijak ketika blogwalking

Tau kan blogwalking? Itu istilah lain dari jalan-jalan ke blog orang sembari cari inspirasi untuk menulis artikel baru blog anda. Nah, ketika ada melakukan blogwalking jangan lupa juga untuk berkomentar, komentarnya jangan pelit (rekomendasi minimal 20 kata) dan jangan hanya ucapan terimakasih atau kunbal (kunjungan balik) saja yang diberikan (bisa kritik, saran, atau tambahan). Intinya, komentar anda itu bisa membuat pemilik maupun pembaca komentar anda lainnya terkesima dengan komentar yang anda berikan, alhasil karena penasaran blog anda pun akhirnya akan mendapat kunjungan dari mereka dengan cara menyisipkan url blog anda pada nama anda (kalau ada fitur menambah url).


14. Jadikan situs anda HTTPS

Google sudah menyatakan dalam blognya bahwa situs dengan domain https sangat diunggulkan dalam SERP. Coba anda tengok, sudah banyak situs besar yang melakukannya. Setelah saya mencermati juga bahwa efek 'itu' (meningkatkan peringkat SERP) memang benar adanya, salah satu efek positifnya juga telah dirasakan blog ini.

Untuk anda yang masih menggunakan platform blogger subdomain .blogspot, anda juga dapat mengaktifkan fitur HTTPS ini. Lokasinya ada pada bagian menu setelan platform blogger.


15. Template harus mobile friendly atau responsif

Semakin hari pengguna smartphone semakin bertambah, hal ini juga menjadi sorotan bagi pihak Google ketika saat menilik sumber pengakses yang kebanyakan berasal dari Mobile. Google pun juga sudah menjelaskan pada blognya bahwa template sebuah situs yang didesain mobile friendly atau responsif akan mempengaruhi meningkatkan SERP. Ditambah lagi dengan proyek template AMP yang misinya agar semua situs dapat dibuka dengan cepat ketika diakses via smartphone. Maka itu buatlah atau gunakan template yang mobile friendly atau responsif atau AMP.


16. Berdoa kepada ALLAH

Ketika anda sudah melakukan semua hal di atas tadi, silahkan anda pasrahkan kepada ALLAH. Berdoalah kepadaNya dan meminta agar web anda banyak yang mengunjungi serta banyak juga yang berlangganan. Sehingga pada akhirnya anda tidak sia-sia dalam membuat web maupun blog.



Nah, itu tadi adalah tips trik yang dapat anda terapkan ke dalam blog anda untuk meningkatkan pengunjung. Untuk tips yang lainnya, anda dapat mencarinya melalui: situs lain, buku, ikut seminar, atau sharing dengan ahlinya. Yang pastinya sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Pesan saya:
Untuk memulai membangun sebuah blog, jangan banyak berharap untuk mendapatkan profit atau uang darinya, tunjukkan dulu profesionalisme anda sebelumnya. Karena profesionalisme itu biasanya berdampingan dengan kesuksesan. Dan kesuksesan anda juga akan berdampak pada embel-embel uangnya.

Yang pasti, jangan terlalu pesimis dahulu dengan angka trafik yang kecil. Jika situs anda sudah berumur satu tahun lebih dan setiap harinya posting (original konten, unik, dan berkualitas), kemungkinan angka trafiknya dapat melebihi blog ini.

Yang terpenting dari beberapa hal yang sudah saya sampaikan di atas adalah: jangan takut, jangan gengsi, jangan malas, jangan berpikiran negatif, dan jangan pernah menyesal, karena semuanya butuh yang namanya proses. Dan hasil yang gagal atau berhasil, itu semua adalah pembelajaran buat anda sendiri agar tetap selalu melangkah baik ke depan. Happy blogging! \^o^/


Semoga artikel 16 Cara Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog / Website Sampai Ribuan ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam memperoleh visitor yang anda harapkan. Amin!

Terimakasih atas menyediakan waktu berkunjung serta membaca.

Bantu SHARE! artikel ini jika anda suka.

Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
16 Cara Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog / Website Sampai Ribuan
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -