Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 27 Januari 2016

5 Manfaat dan Contoh Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Pengguna

Media sosial atau yang sering kita singkat dengan MedSos adalah sarana pergaulan secara online di dunia maya. Para pengguna layanan media sosial dapat menggunakan media sosial untuk berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, saling berkirim pesan atau yang biasa kita dengar dengan istilah chatting, dan juga membangun jaringan atau networking. Apabila kita menuliskan “Social Media Meaning” di search engine Google, maka Google akan mengartikan media sosial sebagai “websites and applications used for social networking” , yang jika di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti “website dan aplikasi yang digunakan untuk jejaring sosial”. Pada saat ini banyak sekali media sosial yang dapat kita gunakan secara gratis seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Ask.fm, Path, Pinterest, dan masih banyak lagi.


5 Manfaat dan Contoh Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Pengguna

Manfaat Media Sosial

Berbagai macam manfaat dapat kita peroleh dari media sosial. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa saya sampaikan.

1. Media Sosial Sebagai Pengganti Buku Harian (Diary)

Buku harian atau diary bahasa kerennya adalah buku yang digunakan untuk mencatat berbagai macam curhatan si pemilik buku. Pada umumnya pemilik buku menuliskan curhatan-curhatan tentang perasaannya. Bisa berisi curahan hatinya saat sedih, jatuh cinta, bahagia, atau kejadian memalukan yang dialami si pemilik buku. Nah, pada saat ini kebiasaan menuliskan curahan hati di buku harian sudah mulai luntur karena tergantikan oleh media sosial. Seperti yang kita ketahui banyak pengguna media sosial yang menggunakan media sosial untuk menuliskan berbagai macam cerita pribadinya seperti saat jatuh cinta, sedih, bahagia, mengeluh, bahkan menyindir pengguna media sosial yang lain.

2. Media Sosial Sebagai Sarana Berbagi Informasi

Pada zaman yang serba mudah kita dituntut untuk memperoleh informasi secara cepat. Media sosial juga dipakai oleh beberapa kalangan untuk memberikan informasi seperti berita terbaru, bencana alam, kemacetan, gossip, lowongan pekerjaan, dan masih banyak lagi informasi yang dapat diakses melalui media sosial. Mudah, praktis, cepat, mungkin itulah alasan yang mendasari para pengguna media sosial yang menggunakannya sebagai sarana untuk berbagi informasi.

3. Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Bersosialisasi

Jarak dan waktu merupakan penghalang bagi sebagian orang untuk dapat bersosialisasi dengan kerabat, keluarga, atau pasangan hidupnya. Namun media sosial dapat mengatasi permasalahan tersebut. Banyak jejaring sosial seperti Facebook, Yahoo Messenger, dan lain sebagainya yang menyediakan fitur chatting untuk mempermudah penggunanya bersosialisasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka. Tidak perlu melakukan perjalanan yang jauh untuk sekedar ngobrol dengan keluarga atau kerabat anda. Cukup terhubung dengan internet anda bisa bertemu dengan mereka walau hanya dalam dunia maya.

4. Media Sosial Sebagai Media Penyaluran Hobi

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang (Wikipedia). Anda memiliki hobi namun tidak tahu ingin berbagi pada siapa? Beberapa jejaring sosial menyediakan forum diskusi yang membahas tentang berbagai macam hobi. Jadi tidak perlu bingung untuk mencari teman yang memiliki hobi yang sama dengan anda.

5. Media Sosial Untuk Mencari Uang

Pernah mendengar istilah Bisnis Online? Yap, bisnis online memang sedang ramai-ramainya dimanfaatkan oleh pengguna media sosial. Bagaimana caranya? Sangat mudah, buatlah iklan menarik mengenai usaha anda, lalu sebarkan melalui media sosial. Bisnis online banyak dipilih karena beberapa alasan seperti tidak perlu mendirikan sebuah toko, tidak perlu bayar pajak, anda juga bisa menjalankan kegiatan lainnya sembari anda menjalankan bisnis online milik anda, dan masih banyak lagi keuntungan yang didapatkan. Simple, praktis, dan juga menguntungkan bukan?

Penyalahgunaan Media Sosial

Menggunakan media sosial memang menyenangkan bahkan menguntungkan, namun tidak sedikit pula pengguna tidak bertanggung jawab yang memakai media sosial untuk hal-hal yang kurang terpuji. Berikut ini beberapa kasus penyalahgunaan media sosial.

1. Prostitusi Online


Dalam bisnis online yang dijual adalah barang atau jasa, prostitusi online malah menggunakan media sosial sebagai sarana promosi untuk menjual diri. Seperti yang kita ketahui belakangan ini banyak sekali pengguna Twitter yang merasa terganggu dengan akun @tataa_chubby yang memasarkan jasa seks komersial. Deudeuh pemilik akun tersebut memberikan informasi dengan sangat jelas mengenai dirinya. Berbagai pihak menilai akun itu adalah akun palsu yang digunakan untuk kepentingan tertentu. Namun entah itu akun palsu atau bukan, fenomena dunia jejaring sosial ini berbicara jelas bahwa ada sebagian pihak yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan jasa seks komersial. Deudeuh ditemukan tewas 11 April 2015 lalu tanpa sehelai benang menutup tubuhnya, mulut yang tersumpal kaos kaki, dan lehernya yang terlilit kabel.

Sekedar Info!!
Disini saya tidak ada unsur melecehkan atau menghina beliau. Saya disini hanya memberi contoh agar kedepannya prostitusi online musnah dimuka bumi ini dan tidak ada lagi Mbak Deudeuh berikutnya. Maaf apabila saya tidak izin terlebih dahulu kepada keluarga atau teman untuk memasukkan beliau pada artikel ini. Untuk keluarga atau teman yang keberatan dengan hal tersebut bisa inbox saya melalui akun facebook Ngeblog Asyikk dan akan saya hapus. Terimakasih.

2. Bullying

Bullying atau penindasan dalam Bahasa Indonesia adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain (Wikipedia). Bullying tidak hanya terjadi di dunia nyata, dunia maya pun dapat menjadi sarana untuk melakukan bullying. Ingatkah anda kepada Bobby Yoga Cahyadi yang akrab dengan panggilan “Kebo”? Yap, beliau adalah promotor gelaran musik LockStock Fest #2 yang digelar di halaman Stadion Maguwoharjo Sleman tahun 2013 silam yang mengakhiri hidupnya dengan menabrakkan diri di rel kereta api. Beliau memilih untuk bunuh diri karena tidak tahan dengan hujatan dan hinaan yang disampaikan para netizen di jejaring sosial Twitter. Bobby sendiri dihujat karena penonton kecewa akan banyaknya bintang tamu seperti Koil, Shaggydog, Ras Muhammad, Efek Rumah Kaca, Payung Teduh dan lain-lain yang batal tampil dikarenakan fee yang panitia janjikan tak kunjung menemui kejelasan. Sebelum memutuskan untuk bunuh diri, Bobby menuliskan permintaan maaf dan berharap keluarganya tidak disangkut pautkan dengan permasalahan tersebut melalui akun Facebook pribadinya.
"Selamat pagi teman-teman semua. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kelemahan saya, jangan pernah menuntut keluarga, anak istri dan orang tua saya, dan tidak yang harus mereka lakukan.. Berkat Tuhan selalu bersama kalian.." tulis Bobby dalam akun Facebook pribadinya.
Sekedar Info!!
Disini saya tidak ada unsur melecehkan atau menghina beliau. Saya disini hanya memberi contoh agar kedepannya perlakuan bully musnah dimuka bumi ini dan tidak ada lagi Mas Bobby berikutnya. Maaf apabila saya tidak izin terlebih dahulu kepada keluarga atau teman untuk memasukkan beliau pada artikel ini. Untuk keluarga atau teman yang keberatan dengan hal tersebut bisa inbox saya melalui akun facebook Ngeblog Asyikk dan akan saya hapus. Terimakasih.

Saran dalam menggunakan Media Sosial

Berikut beberapa saran agar pengguna media sosial terlepas dan masalah yang dapat di timbulkan.

1. Tidak mempublikasikan data yang terlalu pribadi
2. Tidak perlu menghujat orang lain
3. Menggunakan dengan seperlunya
4. Digunakan dengan bijak
5. Perkuat iman dan ibadah agar terhindar dari berbagai macam godaan

Kesimpulan

Media sosial diciptakan untuk mempermudah hidup para penggunanya. Terlepas dari berbagai manfaat yang dapat diperoleh ternyata media sosial juga berpotensi untuk menimbulkan masalah yang fatal. Penggunaan yang bijak tentu dapat menghindarkan para pengguna media sosial dari masalah yang bisa ditimbulkan. Kasus diatas adalah pelajaran bagi kita semua agar menggunakan media sosial dengan sebagaimana mestinya. Harapannya tentu kasus-kasus semacam itu tidak akan terulang di kemudian hari.

Referensi:
1. musik.kapanlagi.com
2. plus.kapanlagi.com
3. id.wikipedia.org
5 Manfaat dan Contoh Penyalahgunaan Media Sosial Bagi Pengguna
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top