Sunday, January 24, 2016

Blog Gado-Gado - Asal Usul - Pengertian - Manfaat

Contoh gambar blog gado gado
Asal Usul, Pengertian, dan Manfaat Blog Gado-Gado

Asal Usul

Banyak blogger yang memulai awal karirnya dalam dunia ngeblog dengan menulis sebuah cerita pengalaman pribadi. Akan tetapi lambat laun blog tersebut tidak hanya berisi tentang diary atau cerita pengalamannya saja, mereka kemudian menjejali dengan tutorial, download, resep, dan topik-topik lainnya. Alasan memasukkan tema baru kedalam blog mereka adalah karena hambatan memunculkan ide. Akan tetapi sebenarnya bukan ide yang menjadi permasalahan utama, melainkan gengsi. Gengsi apabila nantinya diary-nya dibaca orang lain, terutama orang terdekat mereka. Padahal sebenarnya blog dapat disetel secara privat, caranya:

1. Masuk ke dashboard blogger
2. Pilih menu Setelan - Dasar - Privasi - Edit
3. Kemudian, ganti 'Ya' menjadi 'Tidak'. Setelah itu Simpan Perubahan

Namun sebenarnya, di lubuk hati yang paling dalam menginginkan tulisannya dibaca oleh banyak orang, alhasil diary tersebut berubah menjadi campur-campur agar tetap update. Begitulah awal mula Blog Gado-Gado Tercipta (versi ngeblogasyikk). Untuk blogger baru yang sudah mempunyai ilmunya, harusnya tau akan memilih blog tipe apa.

Pengertian

Sesuai yang telah saya sampaikan di atas bahwa Blog Gado-Gado adalah blog yang mengusung lebih dari satu 'niche' (bahasa inggrisnya dari kata topik/tema)

Pertanyaan Umum:
Apabila hanya terdapat dua niche, apakah tetap saja disebut blog gado-gado?
Jawaban Saya:
Ya. Alasannya, satu topik saja disebut gado, apalagi dua. Kalau dua topik kan berarti menjadi Gado-Gado. Lol. (versi ngeblogasyikk)

Manfaat

Perlu anda ingat!
Dulu, saat ini, atau esok semuanya menyimpan dan memiliki manfaat. Akan tetapi manfaat tersebut jarang anda rasakan karena terlebih dahulu mengedepankan rasa takut karena gagal. Intinya, sebelum anda merasakan manfaat dari sesuatu yang telah anda lakukan, rasakan, atau ucapkan secara terus menerus, maka jangan pernah berhenti mengulangi sampai anda mendapatkan manfaatnya. Jika sudah menerima manfaatnya, silakan bagikan kepada orang lain agar mendapat pahala. Berbagi itu harus ikhlas, apabila masih mengharapkan sesuatu dalam bentuk atau wujud apapun, berarti sebenarnya anda tidak ikhlas.

Apakah anda mengira bahwa blog gado-gado itu jelek? Tau darimana? Teman, mengaku blogger pro, atau baca-baca dari situs HOAX? Kalau iya, berarti anda sudah berpikiran negatif atau bahkan sudah melakukan perbuatan buruk, yaitu berbuat zalim terhadap Blog Gado-Gado. Astaga, tobat dulu sana. Tidak baik berprasangka buruk, apalagi bila telah melakukan keburukan tersebut. Dosa lho. Lol.

Baik atau Buruk sebenarnya tergantung bagaimana anda merasakan dampaknya. Untuk saya pribadi, blog gado-gado itu memiliki manfaat, diantaranya yaitu:

1. Postingan lebih cepat update
Tau kan maksud saya? Intinya, setiap ada ide langsung ditulis dan diposting. Entah dengan topik yang berbeda-beda atau bahkan dari hal yang wajar sampai hal-hal yang nyeleneh.

2. Iklan adsense bervariasi
Ketika melihat iklan Google Adsense itu-itu saja, lama-kelamaan rasanya bosan. Dengan blog gado-gado iklan akan terlihat bervariasi, terutama pada versi banner. Iklan akan tampil acak sesuai dengan tema/topik yang anda tulis di artikel tersebut. Memang benar jika GA ditampilkan untuk tujuan uang, namun bagi saya, selain uang/profit iklan GA juga baik untuk pemanis tampilan blog.

3. Menciptakan konten original
Saya akui bahwa hanya blogger sejati yang memiliki sejuta tulisan sendiri tanpa copy paste, edit, dan mengutip. Jika anda sering buka-buka blog gado-gado, kebanyakan dari mereka isinya berbeda dari orang lain atau unik, dan Google menyukai yang unik-unik. Topik yang ada tidak hanya berisi sekedar curahan hati saja, ada tutorial, review lokasi wisata atau benda, dan topik lainnya. Yang tau ilmu SEO pasti mengerti efek baik dari tulisan original.

4. Menghasilkan konten unik
Selain berisi original, blog gado-gado ternyata menciptakan sesuatu yang unik. Unik yang saya maksud adalah tentang perbedaan, beda dari karya tulis orang lain. Sudah saya tulis di atas sebelumnya bahwa artikel unik disukai Google dan mesin pencari lainnya. Kenapa bisa disukai? Alasannya karena menurut 'mereka' (SE = Search Engine = mesin pencari) bahwa artikel-artikel unik menghindari duplikasi. Apa salahnya duplikasi? Duplikasi bagi mereka adalah hal yang salah. Adanya duplikasi konten mengindikasikan bahwa artikel tersebut berasal dari hasil copy paste milik orang lain.

Pertanyaan umum:
Saya menulis sendiri, tapi kok setelah cek di website Plagiarism Checker Small SEO Tools hasilnya menyatakan bahwa tulisan saya hasil copy paste, ya?
Jawaban saya:
Ada dua alasan kemungkinan.
1) Banyak kata yang berulang kali muncul, dan
2) Kurangnya eksplorasi setiap kata. Contoh: kata 'main'. Eksplorasi kata: bermain, permainan, memainkan, mainan, mainkan, dan mempermainkan.

5. Mudah Diterima Google Adsense
Pernah saya bertanya kepada 'blogger pro' (menurut pribadi) yaitu mbak Indri Lidiawati di komentar 'blog milik beliau' (Juragan Cipir) pada salah artikelnya yang membahas Adsense.

Pertanyaan saya:
(Kurang lebih mirip seperti ini) Di artikel mbak tertulis dan menyatakan bahwa agar dapat diterima Adsense salah satunya adalah jumlah kata harus banyak. Tapi kenapa, artikel saya tidak sampai 100-an dan rata-rata per artikel tidak lebih dari 300 kata bisa diterima Adsense?
Jawaban beliau:
(Kurang lebih mirip seperti ini) Dalam tulisan saya tidak mewajibkan pembaca menulis banyak kata, tapi saya merekomendasikan pendaftar Adsense untuk menuliskan postingan blog lebih banyak kata, karena itu malah lebih baik dalam proses penerimaan. Kemungkinan bahwa blog anda dianggap unik oleh Google, sehingga bisa diterima Adsense.

Ya, itulah salah satu kemungkinan yang terjadi jika anda ingin diterima menjadi publisher adsense. Isi artikel anda haruslah UNIK!

6. Bebas berekspresi
Anda tidak perlu terlalu fokus atau sepaneng mengerjakan satu tema, karena blog gado-gado tidak pernah mengekang. Harus ini lah, harus itu lah, No!!! Anda tak perlu melakukannya, karena disini anda bebas untuk berekspresi. Tetapi jangan Porno, SARA, Ilegal, dan melanggar hukum.

Maaf, untuk sementara hanya 6 manfaat yang dapat saya sampaikan kepada 'anda' (pembaca blog ini). Jika saya menemukan manfaat lainnya akan segera saya tambahkan.


Sekian dari saya mengenai pembahasan Asal Usul, Pengertian, dan Manfaat dari Blog Gado-Gado yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Apabila ada kesalahan penulisan dan penyampaian mohon dimaafkan, namanya juga 'manusia' (tempatnya salah *modus).

Terimakasih juga atas kunjungan dalam meluangkan waktu untuk membaca artikel-artikel di blog ini. Jika berkenan, mohon bantu SHARE! melalui tombol sosial media di bawah artikel ini. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Blog Gado-Gado - Asal Usul - Pengertian - Manfaat
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -