Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 27 Januari 2016

Efektivitas Komunikasi Publik Di Era Sekarang atau Masa Kini

Komunikasi adalah proses pertukaran pesan atau informasi dari pihak yang memberi pesan atau informasi kepada pihak yang menerimanya. Menurut Harold Laswell komunikasi adalah “Who says what in which channel to whom with what effect?” yang artinya “Siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan pengaruh bagaimana?.


Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa setiap manusia tidak dapat tidak berkomunikasi. Komunikasi dapat digolongkan menjadi beberapa bentuk:
  • Yang pertama adalah komunikasi intrapersonal. Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada dirinya sendiri atau kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk doa.
  • Yang kedua adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh 2 sampai 3 orang yang memiliki kedekatan pribadi yang dekat sehingga kemungkinan memiliki pengertian satu sama lain.
  • Yang ketiga adalah komunikasi kelompok. Komunikasi kelompok tidak jauh berbeda dengan komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dilakukan 2 orang atau lebih yang juga memiliki kedekatan pribadi yang cukup dekat namun memiliki struktur yang tidak formal.
  • Selanjutnya ada komunikasi organisasi. Komunikasi organisasi adalah komunikasi yang dilakukan dengan tujuan tercapainya visi oleh sebuah organisasi, komunikasi dalam bentuk ini dilakukan oleh beberapa orang yang tidak memiliki kedekatan pribadi seperti yang ada dalam komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok. Komunikasi ini juga dilakukan secara terstruktur dan sifatnya formal.
  • Yang berikutnya adalah komunikasi publik. Komunikasi publik ini dilakukan oleh seorang pembicara di depan orang banyak, komunikasi publik biasanya berbentuk sebuah gagasan, ajakan, dan lain sebagainya. Komunikasi publik yang dilakukan dengan menggunakan media massa sering disebut dengan komunikasi massa.

Publik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah nomina (kata benda) yang artinya orang banyak (umum); semua orang yang datang (menonton, mengunjungi, dan sebagainya). Sedangkan menurut Niels Mulder publik adalah pihak yang menerima, dan karena pembangunan ekonomi adalah tujuan kebijakan yang paling menonjol, maka bisnis dan negara atau politik uanglah yang menjadi pemain utama dalam gelanggang politik.

Merujuk dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa komunikasi publik memiliki arti sebagai komunikasi yang dilakukan oleh seorang atau lebih pembicara yang dilakukan di depan orang banyak. Komunikasi publik biasanya menyampaikan sebuah informasi, ajakan, atau gagasan. Komunikasi publik hampir sama dengan komunikasi massa, namun publik memiliki cakupan yang lebih luas dibanding komunikasi massa yang hanya menggunakan media massa sebagai sarana penyampaiannya. Dalam komunikasi publik, sarananya dapat berupa orasi pada sebuah rapat umum atau aksi demonstrasi atau media massa. Media massa merupakan sarana yang tepat untuk melakukan komunikasi publik dikarenakan mudahnya orang - orang mengakses berbagai macam media massa dengan fasilitas yang dimilikinya.

siklus komunikasi
Saat ini kita hidup dimasa teknologi sangatlah berpengaruh pada kehidupan manusia. Begitu pula dalam proses komunikasi, banyak komunikasi yang bisa dilakukan tanpa harus tatap muka, melainkan menggunakan sarana yang lain. Media massa merupakan salah satu sarana yang sering digunakan untuk melancarkan proses komunikasi publik. Koran, televisi, web, blog, dan lain sebagainya adalah contoh media yang digunakan sebagai sarana penyampaian pesan yang ditujukan untuk orang banyak. Contoh bentuk komunikasi publik adalah sebuah kampanye yang dilakukan oleh seorang calon legislatif. Seorang calon legislatif harusnya dikenal oleh masyarakatnya agar mendapatkan hati banyak orang untuk memilih namanya sebagai salah satu anggota badan legislatif sehingga selain melaksanakan orasi di berbagai kota agar masyarakat mengenal dirinya, dia juga menggunakan televisi sebagai sarana kampanye. Menurut saya pribadi, hal itu sangatlah efektif karena dewasa ini komunikasi publik sangatlah mudah untuk dilakukan dengan menggunakan sarana media massa dan teknologi yang mumpuni seperti sekarang ini.

Contoh berikutnya yang sangat simple adalah iklan – iklan produk makanan atau apapun yang kini marak sekali kita jumpai di banyak media massa. Daripada mereka harus memberikan promosi dengan cara berkeliling memberikan sample uji coba produk mereka alangkah lebih baik kalau kita menggunakan media massa sebagai sarana untuk mempromosikan produk tersebut, hanya dengan kata – kata atau gambar atau sebuah dialog yang kita rasa cukup untuk membangkitkan keinginan dari si pembaca, kita sudah dapat menarik banyak konsumen untuk membeli produk tersebut.

Belum lama ini kita pasti telah mendengar berita tentang sebuah obyek wisata Taman Bunga Amarylis di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dirusak oleh sebagian orang yang berkunjung disana. Taman bunga tersebut menjadi perhatian banyak traveler setelah seseorang mengunggah keindahan taman bunga itu ke media sosial. Tidak lama setelah itu sekitar 1500 pengunjung datang untuk melihat langsung keindahan taman bunga tersebut, namun bukan hanya melihat melainkan para pengunjung mengabadikan momen tersebut dengan cara berfoto ditengah taman bunga itu yang berakibat rusaknya sebagian bunga karena diinjak – injak oleh pengunjung taman bunga tersebut. Bagaimana para pengunjung dapat mengetahui ada obyek wisata baru di Gunung Kidul adalah salah satu bentuk komunikasi publik. Kita dapat mengetahui berita tersebut juga dikarenakan banyaknya pihak yang menjadikan kasus tersebut sebagai sebuah berita yang diunggah ke media sosial kemudian kita dapat mengaksesnya, itu juga merupakan suatu bentuk komunikasi publik menggunakan sarana media sosial.

Pada zaman dimana teknologi belum begitu lengkap seperti sekarang, komunikasi publik cenderung lebih susah untuk dilaksanakan. Hal itu dibuktikan dengan kampanye politik yang dilakukan tidak secara maksimal seperti sekarang dikarenakan banyaknya warga yang tidak mengetahui adanya kampanye di daerahnya. Sedangkan saat ini kampanye dapat dilakukan dengan mudah dan mengundang banyak massa karena penyebaran berita atau informasi yang sangat cepat dan mudah di akses untuk masyarakat. Jadi masyarakat lebih mudah untuk mengetahui jadwal kampanye atau orasi yang dilakukan di daerahnya.


Kesimpulannya:
Dengan adanya teknologi yang sangat memudahkan seperti sekarang ini saya rasa komunikasi publik dapat dilaksanakan dengan sangat mudah dan cepat. Seperti yang kita ketahui saat ini media massa seperti internet dengan segala piranti sosialnya dapat kita manfaatkan sebagai sarana komunikasi publik, begitu banyak manfaat yang dapat kita terima seperti lebih banyaknya orang yang akan mengerti apa yang kita informasikan, serta cepatnya orang lain menerima informasi yang kita unggah. Namun dari berbagai macam manfaat yang kita terima, kita harus tetap menggunakan dan memanfaatkannya dengan penuh tanggung jawab agar komunikasi yang kita lakukan lebih efektif.
Efektivitas Komunikasi Publik Di Era Sekarang atau Masa Kini
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top