Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Minggu, 21 Februari 2016

5 Alasan Penyebab Ide Susah Muncul dan Solusinya

Ini bukan hanya membahas mengenai ide menulis artikel blog yang susah muncul, tapi juga tentang ide-ide lainnya. Disini saya tidak akan menulis banyak-banyak, dikarenakan saya tau bahwa yang akan saya sebutkan di bawah ini, anda pastinya sudah paham. Namun, apabila ternyata anda masih kurang paham, anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang tersedia bagian bawah artikel ini.

5 Alasan Penyebab Ide Susah Muncul

Ide Susah Muncul

1. Memiliki Beban Pikiran

Pernah tidak? Ketika anda mengajak orang lain pergi ke lokasi yang masih abu-abu, kemudian anda bertanya mengenai lokasi mana saja yang cocok kepadanya, dan mereka menjawab dengan kata 'terserah kamu' atau 'aku ikut saja' tanpa mengungkapkan saran apapun. Apabila ada, besar kemungkinan bahwa orang tersebut memiliki beban berat yang sedang dipikirkan. Mungkin saja itu juga terjadi dengan anda sendiri?

Ya, ketika anda memiliki beban pikiran, fokus anda menjadi terbelah. Atau bisa jadi pikiran dan tubuh anda tidak sinkron, seperti misal : tubuh anda ada di dalam kelas tapi pikiran anda ada di luar kelas, sehingga anda tidak dapat menerima pelajaran yang diberikan dosen atau guru anda.

Beban tidak hanya berupa masalah-masalah, ketika anda mendapatkan hadiah undian besar pun juga dapat menjadi sebuah beban untuk anda. Tak jarang orang memiliki masalah berat cenderung sering melakukan aksi nekat seperti bunuh diri.

Solusinya, silakan hapus beban anda. Memang tidak semudah ibarat membalikkan telapak tangan, tiba-tiba beban hilang begitu saja. Tidak! a. Jika beban anda berupa masalah, silakan secepat mungkin selesaikan masalah anda, bagaimana caranya? Caranya, selesaikan satu per satu dahulu, jangan semuanya langsung. Semuanya saja jelas susah, Perlu saya ingatkan kembali bahwa ada pepatah mengatakan 'sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit', begitu juga dengan masalah anda apabila tidak pernah anda hapus satu per satu. Dihapus bukan berarti dibiarkan saja, melainkan harus diselesaikan. b. Jika beban itu berupa, misal mendapat rezeki, silakan anda syukuri saja. Jangan sampai terlena, karena hanya akan membuat beban baru berupa sebuah masalah.

2. Terbiasa Malas Berpikir

Orang malas berpikir cenderung manja, ini fakta. Jawab pertanyaan guru, 'tidak tau'. Jawab pertanyaan teman untuk berunding, 'terserah'. Jadi orang harus punya prinsip. Mungkin orang lain tidak sadar atau paham dengan prinsip anda, namun setidaknya prinsip anda harus terarah dengan baik meskipun hanya cemooh yang anda dapatkan. Karena pada dasarnya pemikiran satu orang dengan orang lainnya itu berbeda. Tapi malas berpikir bukanlah sebuah prinsip, melainkan sebuah penyakit. Ya! Sebuah penyakit yang nantinya akan membuat anda merugi sendiri.

Solusinya, gunakan otak anda untuk berpikir. Jangan yang jorok atau porno, tapi yang membangun dan baik, sehingga hidup anda menjadi terarah dan menjalani masa tua yang sehat.

Saya pernah membaca sebuah situs luar negeri, lupa namanya. Disitu tertulis kurang lebih seperti ini, 'Orang yang malas berpikir dari muda, kecenderungan terkena stroke dan penyakit jantung lebih mudah pada masa tuanya. Karena pada dasarnya fungsi pembuluh otak tersambung dengan jantung'. Maka, silakan mulai sekarang anda mengasah daya pikir anda. Dari yang kecil-kecil dulu saja, seperti baca buku pelajaran atau situs internet. Kemudian, setelah anda menangkap maksud di dalamnya, cobalah untuk tuangkan ke dalam sebuah tulisan, Tulisan itu yang akan menjadi tolak ukur keberhasilan hasil daya tangkap olah pikir anda. Semakin ada banyak tulisan, semakin baik juga hasilnya.

3. Penyakit Otak

Banyak macam penyakit otak, seperti : migrain, vertigo, tumor, dan lainnya. Karena penyakit yang mengganggu fungsi otak inilah yang dapat mengakibatkan anda untuk susah memunculkan ide.

Penyakit otak memang banyak sekali penyebabnya. Beberapa penyebabnya bisa ditimbulkan karena faktor gen atau keturunan seperti tumor otak, bisa juga karena konsumsi makanan berbahan dasar kimia seperti makanan ringan, dan bisa juga karena kejadian hal tidak terduga karena kecelakaan seperti gegar otak.

Solusinya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukanan, misal mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, mengenakan helm pengaman saat berkendara atau olahraga ekstrim, dan hindari pemakaian NAPZA. Anda juga dapat melakukan sesuatu untuk mengasah kinerja otak, seperti membaca, bermain puzzle, memainkan alat musik, membuat karya seni, dan membuka sebuah bisnis usaha.

4. Ide yang Tak Tersalurkan

Ide yang baik adalah ide yang dapat tersalurkan dengan sesuatu yang nyata. Dan sebuah keinginan merupakan salah satu akses memunculkan ide-ide anda.

Sebagai contoh, anda berkeinginan sekali membuat gorengan, karena terbawa asyik baca-baca komik alhasil tidak jadi masak gorengan. Pernahkah anda melakukan hal seperti itu? Jika itu sering anda lakukan, tidak dipungkiri di kemudian hari anda akan susah untuk berpikir dalam membuat ide atau inovasi baru. Jadi ide anda hanya serba monoton, itu-itu saja. Tidak ada yang berubah sama sekali. Harapannya, disaat anda memasak gorengan, anda bisa berpikiran kreatif ke depannya, misal membuat gorengan tempe

Pemikiran yang monoton membuat jalan hidup anda tidak berkembang. Layaknya anda adalah sebuah patung yang terpasang dikerumunan manusia yang sedang berlomba-lomba mencari rezeki, dan anda hanya menonton tak bergerak sedikitpun. Salah tidak yang hidupnya serba monoton? Ya, salah! Anda telah menyia-nyiakan sesuatu yang harusnya sudah anda dapatkan saat ini. Karena hidup anda yang serba monoton membuat anda gagal dalam memperolehnya.

Solusinya, kembangkan kreatifitas berpikir. Salurkan dan buatlah hidup anda bermakna. Hidupkan gairah anda, kecuali jika anda telah tiada.

5. Tak Sadarkan Diri

Orang tak sadarkan diri layaknya seperti orang mati. Ketika roh dibawa ke alam lain atau mimpi jauh dari raga terutama otak, bagaimana ide bisa datang? Mungkin setelah sadar barulah anda akan mendapatkan sebuah ide.

Solusinya, anda harus dalam keadaan sadar. Kalau perlu mandi, biar fresh otaknya.


Itulah alasan-alasan yang membuat ide susah muncul. Yang mau menambahkan silakan komentar.

Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.

Terimakasih juga atas kunjungannya.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
5 Alasan Penyebab Ide Susah Muncul dan Solusinya
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top