Tuesday, February 16, 2016

Tips Mengembalikan Semangat Ngeblog Ketika Bosan Melanda

Tips Mengembalikan Semangat Ngeblog Ketika Bosan Melanda - Namanya juga manusia adakalanya merasa lelah dengan segala aktivitas-aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Ketika bosan datang mau apa-apa jadi serba malas alhasil penundaan-penundaan pun menumpuk menjadi beban yang tak kunjung juga selesai, begitu juga dengan aktivitas ngeblog.

Ngeblog adalah sarana kita menyampaikan inspirasi, kreativitas, emosi, dan informasi. Segala yang kita tau bisa kita bagikan disini. Namun ketika badai menerjang ya bagaimana lagi? Hanya bisa pasrah dan merasa membosankan yang selalu muncul. Bukan hanya anda, saya pun juga demikian. Dulu saya pernah merasakan kebosanan untuk ngeblog. Ada 4 alasan penyebab saya bosan ngeblog, 1. Gara-gara selalu gagal kontes SEO, 2. Bingung mau menulis apa lagi, 3. Teralihkan oleh Game, dan yang terakhir 4. Pikiran serba Blank entah masalahnya apa. Tapi akhirnya saya berpikir bahwa apa yang telah saya keluarkan untuk ngeblog menjadi sia-sia apabila saya berhenti ditengah jalan. Dan akhirnya saya melanjutkan lagi untuk menghidupkan kembali blog yang telah mati suri ini.

Ada beberapa tips yang akan saya bagikan agar anda menjadi tidak merasa bosan lagi dan bangun untuk ngeblog kembali. Dan mungkin bisa saja akan saya tambah lagi di kemudian hari.

Tips Mengembalikan Semangat Ngeblog Ketika Bosan Melanda

A. Ketika Benar-Benar Bosan dengan Segala Aktivitas Ngeblog

1. Ingat kembali tujuan awal Ngeblog

Ini adalah landasan utama anda dalam melakukan sesuatu, yaitu dengan niat. Niat seseorang pun bermacam-macam tergantung darimana mereka meraih informasi dan berpikir. Nah, apa yang membuat anda ingin sekali membangun sebuah blog? Anggap saja blog adalah sebuah bangunan. Niat sebagai pondasinya, dan struktur bangunan tersebut hanya anda yang bisa mengetahuinya. Setiap bangunan memiliki pondasi (sebagai landasan yang didasari oleh niat), badan bangunan (sebagai bukti bahwa anda telah melakukan sesuatu, entah itu dari hasil sendiri maupun hasil edit artikel orang lain), dan atap (sebagai hasil tujuan utama anda).

Anda pasti tau bahwa semua hasil baik selalu melalui proses yang sangat panjang, dan proses tersebut pun pasti ada yang menghalangi. Namun ketika anda berhenti dan tak pernah menerobos halangan-halangan tersebut, sebenarnya itu telah menunjukkan jati diri anda sesungguhnya, yaitu jati diri sebagai seorang pecundang, lemah, dan payah. Jadi, jangan pernah berhenti ngeblog apa pun alasannya apabila tidak ingin disebut sebagai pecundang.

2. Mereka bisa, saya juga bisa

Rasa pesimis hanya akan membawa kehancuran pada kehidupan anda. Tapi, terlalu optimis juga tidak baik. Lalu harusnya seperti apa?

Pernah tidak, ketika anda sekolah guru memberikan pertanyaan kepada semua murid, sebenarnya anda tau jawabannya, namun anda ragu apabila nanti ternyata jawaban anda salah. Kemudian ada teman anda yang ingin menjawab, dan jawabannya sama seperti yang anda pikirkan, dan ternyata juga jawabannya benar. Dalam hati anda bergumam, 'sial, harusnya saya tadi berani menjawab'. Itulah tanda bahwa rasa ragu-ragu telah membuat anda menjadi serba salah.

Mereka bisa, saya juga bisa. Sebelum anda optimis, silakan untuk belajar dahulu, mencari, atau mencuri ilmu dari blogger yang menurut anda berkompeten. Saya sarankan belajar ilmu yang 'putih' (sehat, bersih, halal), bukan ilmu hitam. Karena ilmu yang sehat, bersih, dan halal manfaatnya akan lebih baik, besar, dan tahan lama daripada ilmu hitam. Setelah anda merasa cukup belajar, cobalah memulai mengaplikasikan ilmu yang telah didapat. Ketika hasilnya tidak sesuai, coba cermati kembali kesalahannya, mungkin anda kurang cermat. Namun ketika hasilnya sesuai dengan apa yang anda harapkan, saya hanya bisa mengucapkan selamat bahwa anda memang cerdas.

Alasan saya memasukkan nomor dua ini supaya anda mau berpikir optimis. Karena rasa pesimis, mengeluh, dan menyerah hanya semakin membuat anda menjadi lemah. Dan ketika kekhawatiran selalu ada pada pikiran anda dengan jenjang waktu yang lama, tidak dipungkiri bahwa rasa bosan untuk ngeblog akan selalu menyelimuti keseharian anda.

3. Mencari hiburan lain

Bosan ngeblog, anda dapat mencari hiburan sebagai obat kepenatan. Segala hiburan dapat anda nikmati. Mau nonton bioskop tapi tidak memiliki uang, bisa download film di situs film bioskop. Intinya, semua bergantung pada selera dan keuangan anda.

Anda bisa pergi ke pantai, mall, mendaki gunung, dan tempat lainnya. Bahkan ketika anda pergi keluar ruangan, ide menulis artikel blog juga bisa anda dapatkan. Akan tetapi apabila sudah merasa puas dengan hiburan yang telah anda lakukan, kembalilah lagi untuk mengurus blog anda.


B. Ketika Bosan Menulis Artikel Blog

1. Rubah jeda waktu posting

Ketika anda terbiasa berbagi artikel baru setiap hari, bahkan sampai 7 kali per hari, maka bersiap-siaplah anda akan cepat merasa bosan. Untuk mengakalinya, agar peringkat blog juga tidak turun, silakan anda rubah waktu anda memposting artikel baru. Bisa sehari satu artikel, atau 3 hari satu artikel, atau seminggu 1 artikel. Atau bisa juga sebulan satu artikel, seperti blognya mas sugeng. Itu adalah salah satu jalan agar anda tidak cepat merasa bosan menulis artikel baru.

2. Edit artikel

Iseng-iseng melihat peringkat artikel-artikel blog di SERP search engine, ternyata peringkatnya tidak sesuai harapan. Anda bisa mengedit artikel lama anda kembali entah sekedar menambahkan kalimat dan merubah kalimat atau kata yang tidak sesuai dengan yang diharapkan karena sesuatu, misal typo atau ketika dibaca tulisan anda susah dipahami. Dan tidak menutup kemungkinan juga hasil edit artikel anda membuat peringkat artikel-artikel lama anda naik peringkat di SERP.

3. Edit template

Memang benar jika edit template yang berlebihan dapat menurunkan trafik dan jumlah visitor, berarti editnya jangan berlebihan dong. Mungkin anda bisa hanya merubah pada warna background, atau ukuran tulisan, terserah yang ingin anda rubah. Setidaknya jangan sampai berlebihan.

4. Mencari ide

Kebosanan menulis pos baru di blog juga bisa terjadi karena tidak adanya ide. Untuk mendapatkan sebuah ide, anda bisa mencari ide melalui tayangan televisi, blogwalking, atau aktivitas diluar rumah. Yang pasti, jika anda menulis ulang artikel orang lain jangan asal copy paste ya. Ingat! Jadi pecinta artikel copy paste jangan bertindak bodoh. Berpikirlah cerdas.

5. Memoderasi dan membalas komentar

Cek komentar-komentar pembaca atau pengunjung. Jika perlu dimoderasi atau dijawab, silakan dimoderasi dan dijawab. Setidaknya blog anda terlihat terurus dan pengunjung menganggap bahwa admin blog bukan sebuah bot atau mesin, siapa tau jawaban-jawaban anda bermakna dan bermanfaat bagi para komentator, serta menambah nilai plus bagi kualitas blog anda.

6. Menyusun kembali kategori atau label

Ini biasa terjadi kepada blog dengan topik gado-gado, namun blog bertema tertentu pun terkadang juga mengalaminya, yaitu menyusun kembali kategori atau label blog. Dengan merapikan label-label blog menunjukkan niat anda sebagai pemilik atau pengurus blog yang profesional.


Penutup

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan mengenai sedikit tips untuk menyemangati anda pada saat bosan mengurus blog. Pesan terakhir dari saya untuk menutup artikel ini adalah 'Ingat kembali segala usaha, waktu, dan uang yang telah anda keluarkan untuk membangun sebuah blog agar nantinya tidak ada kata sia-sia atau rugi saat anda mau terus menjalaninya.'

Sekian. Apabila ada kesalahan dalam penulisan dan penyampaian, silakan beri komentar, saran, maupun kritikan di kolom komentar yang berada di bawah. Terimakasih atas kunjungannya. Silakan bantu like dan share artikel ini apabila dianggap bermanfaat. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Tips Mengembalikan Semangat Ngeblog Ketika Bosan Melanda
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -