Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Selasa, 08 Maret 2016

Apa Gunanya Pakai Domain Berbayar Tapi Hanya Untuk Gaya? NOTHING!

Entahlah, ini mungkin hanya anggapan pribadi saja.

Sah-sah saja jika anda punya domain berbayar singkat, seperti .com, .id, .top, .pro, dan domain singkat lainnya. Tapi jangan buat gaya dong. Emang gaya bikin kenyang? Emang gaya bikin trafik blog naik? Nggak kan?

Memang benar apabila blog berdomain singkat memiliki nilai plus daripada domain gratis yang masih ada embel-embelnya, misalkan .blogspot, .wordpress, .tumblr, dan lain sebagainya. Tapi kalau hanya untuk gaya-gayaan, percuma!

Apa Gunanya Pakai Domain Singkat Berbayar, Tapi Hanya Untuk BerGaya? Berpikirlah Cerdas!

Ingat! Tidak semua blog memiliki embel-embel gratis kalah bersaing di SERP maupun page one. Bisa anda cek pada setiap kontes SEO, pasti banyak domain gratis lebih menang SERP daripada yang bayar.

Contoh lainnya adalah blog strukturkode.blogspot.com. Sadar atau tidak pasti banyak blogger baru Indonesia membuka blog tersebut dalam mencari tutorial blog. Alasan utamanya karena artikelnya sering muncul berada di halaman satu.

Pada dasarnya, yang sangat menentukan posisi artikel situs anda adalah anda sendiri. Search engine, misal google merupakan sarana bagi anda untuk menunjukkan bahwa postingan anda ada. Namun, search engine juga memiliki kriteria tersendiri dalam menentukan artikel mana saja yang patut berada diurutan pertama. Yang pastinya situs anda harus BERKUALITAS! Semakin tinggi kualitas artikel-artikel situs anda, semakin bagus juga posisinya di SERP.

Artikel yang berkualitas memiliki banyak ciri, beberapa ciri yang anda harus ketahui:

1. Original

Bukan hasil copy paste, maupun hasil editan. Walau bukan TUHAN, search engine tau mana yang ori dan mana yang copas. Karena pihak mereka pastinya memiliki tenaga ahli dan mesin atau alat yang canggih dalam mendeteksi artikel hasil kloningan.

2. Unik

Ketika anda browsing, anda melihat banyak sekali artikel-artikel dengan topik bahasan yang sama, misal tema 'menambah widget kotak pencarian di blog'. Mungkin anda anggap bahwa jika anda membuat artikel dengan bahasan yang sama pula, dianggap tidaklah Unik. No! Itu anggapan yang salah. Unik bukan berarti sekedar dilihat dari topiknya saja, tetapi juga melihat dari sisi lainnya, salah satunya seperti pemberian judul artikel. Misal,
Blog A : 'Cara Membuat Kotak Pencarian di Blog'
Blog B : 'Cara Mudah Menambah Kotak Pencarian di Blog'
Blog C : '2 Cara Menambah Kotak Pencarian di Blog'
Blog D : 'Cara Menambah Kotak Pencarian di Blog Responsive'
dan sebagainya.
Itu satu bahasan, tapi unik jika melihat perbedaan pada judulnya. Akan tetapi, dengan judul yang sama pun bukan berarti artikel anda tidaklah unik. Saya sampaikan kembali bahwa artikel unik tidak hanya melihat dari satu atau dua sisi saja, melainkan banyak sisi. Bisa dilihat dari cara penyampaian isi, pemberian ilustrasi gambar atau video, jumlah kata per paragraf atau keseluruhan, dan masih banyak lagi sisi-sisi lainnya.

3. Menarik

Pada akhirnya konten yang menarik banyak menerima like atau share dari pembaca. Menarik bukan berarti scam, anda kira MLM? Menarik artinya sesuai dengan harapan para pembaca. Mereka suka, maka tak hayal jika artikel anda mendapat pujian, like, dan share. Cara membuat artikel menarik bisa anda lakukan sebelum mempublikasikannya. Coba anda baca kembali tulisan anda dan memposisikan diri sebagai pembaca bukan penulis. Disitu anda akan tau menarik atau tidak artikel yang akan anda publikasikan. Hapus atau rubah kembali jika terdapat kata yang typo maupun kalimat yang membingungkan.

4. Mudah dipahami

Daya tangkap setiap orang berbeda-beda. Ada yang mudah mencerna, ada yang butuh waktu dalam mencerna, bahkan ada juga yang sulit mencerna gara-gara kurang minum. Lol.

Mudah dipahami berarti harus bisa mencakup 'semua pembaca' (minimal harus sesuai dengan target pilihan anda). Sebenarnya ada trik sederhanya. Caranya kata-kata atau kalimat-kalimat anda ditulis dengan tulisan pada umumnya, jangan sok intelek. Yang biasa-biasa saja malahan lebih berbisa daripada yang sok-sok-an menulis gaya orang intelek. Paham?

Ciri lainnya bisa anda searching di situs lain, karena saya baru tersadar bahwa saya sudah menulis keluar dari batas pembahasan utama artikel ini.

Aduh, saya jadi serba salah. Maafkan saya yang malah melanjutkan menulis dan tidak mau memperbaiki. Memang sengaja sih. Lol.


Pokoknya, inti dari saya menulis artikel ini adalah sebagai berikut:

Segala aktivitas yang berbau Riya' atau Sombong, dampaknya menjerumus pada hal-hal yang negatif. Dan jatuhnya akan menimpa pada diri anda sendiri. Apalagi mengenai aktivitas ngeblog. Bukannya dapat trafik maupun penghasilan, taunya malah buntung dan jadi frustasi.

Jangan pernah menganggap pesimis atau rendah dengan domain-domain gratis. Memang benar jika domain berbayar lebih tangguh. Tapi, rasa pesimis dan rasa merendahkan anda itu yang perlu di sekolahkan kembali. Punya otak itu harusnya dipakai, bukan hanya sebagai pelengkap. Berpikir cerdaslah! Karena apapun yang ada di alam semesta ini memilik manfaat dan hal buruk, begitu juga dengan ngeblog, terutama berkaitan dengan domain. Dan tidak semua cara ngeblog anda yang sudah sesuai dengan kaidah SEO menjamin artikel-artikel anda mendapat posisi atau peringkat baik, karena pada dasarnya restu TUHAN lebih berpengaruh besar daripada teknik-teknik yang sudah anda terapkan. Bimsalabim Abrakadabra.


Yasudah, mungkin hanya ini yang dapat saya tulis. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan manfaat bagi anda para pembaca artikel ini.

Saya bukanlah seorang Master atau Pro, disini saya juga baru mulai merangkak dan mencoba belajar mengenai dunia ngeblog. Jadi, maaf apabila ada kekeliruan dalam penyampaian.

Sekian dari saya. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Apa Gunanya Pakai Domain Berbayar Tapi Hanya Untuk Gaya? NOTHING!
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top