Wednesday, March 23, 2016

5 Hal yang Biasa Dilakukan Siswa Saat Tengah Bolos Sekolah

Orang bolos identik dengan rasa kebosanan, saya sendiripun juga pernah mengalami. Karena Alhamdulillah orang tua punya biaya buat bayar sekolah saya. Tapi sayangnya, perasaan bosan dengan suasana sekolah tetap saja muncul. Padahal sudah punya niat untuk tidak menyia-nyiakan uang yang dikeluarkan orang tua untuk menyekolahkan 'anaknya' (saya).

Masa sekolah tau sendirikan, jarang ada anak yang memiliki pemikiran untuk mencari pekerjaan yang menghasilkan uang, kecuali bagi mereka yang keluarganya memang kurang mampu. Jadi, banyak siswa maupun siswi yang setiap harinya hanya memikirkan main, main, dan main saja. Selama uang saku cukup untuk digelontorkan sebagai dana pemuas nafsu belaka. Tugas-tugas dikerjakan saat hari H, itupun di sekolah bukan di rumah, tepatnya sebelum bel masuk berbunyi atau pada saat pelajaran lain berlangsung.

Ya, itulah sedikit cerita kelam saya waktu sekolah dulu.

Baca juga > 6 Cara Bolos Sekolah dan Cara Mengantisipasinya

Oke kembali ke topik.

Apa saja yang biasa atau bahkan sering dilakukan seorang siswa ketika tengah membolos? Dan ini lah kebiasaan itu, yang saya ambil dari pengalaman dan observasi lapangan. Silakan anda baca:


5 Hal yang Biasa Dilakukan Siswa Saat Tengah Bolos Sekolah
1. Nongkrong

Biasanya sudah janjian sebelumnya dengan teman sekelas atau teman lingkup satu sekolah atau teman beda sekolah untuk bolos dan kumpul di tempat nongkrong pada saat jam belajar sekolahan masih berjalan.

Tempat yang biasa untuk nongkrong adalah spot yang cocok untuk bicara dengan nada keras, bebas merokok, bisa lama, dan ada sumber airnya untuk menghilangkan rasa haus, misal: borjo, mall, angkringan, warung makan langganan, dan lain-lain.


2. Main Game di Gamenet

Untuk anak yang nakal, suka berkelahi, dan suka tawuran, sedikit kemungkinan untuk mampir atau bolos ke gamenet. Karena itu memang bukan hobi mereka.

Kebiasaan ini biasa dilakukan anak sekolah dengan emblem seorang gamers. Bahkan dimulai dari jam sekolah hingga maghrib untuk bolos atau bahkan sampai malam merelakan waktu berharga hanya untuk main game di gamenet dengan teman-teman gamers lainnya. Ya, inilah kebiasaan siswa-siswa dengan jiwa sebagai gamers yang kebablasan.


3. Pacaran

Ini khusus yang punya pacar. Karena yang jomblo, mustahil. Namanya juga jomblo.

Bagi yang memiliki pacar, mereka sebelumnya akan saling janjian terlebih dahulu. Setelah saling setuju untuk ketemuan mereka akan bertemu di sesuatu tempat. Khususnya cewek, biasanya sang cewek melarikan diri dari sekolah dengan teman sesama ceweknya, dan kemudian setelah si cewek bertemu dengan cowoknya, temannya akan pergi entah kemana. Karena tugas utama temannya hanya mengantarkannya keluar dari sekolah saja agar tidak terjadi kecurigaan oleh guru piket.

Posisi sudah bertemu pacarnya, kemudian ada enam opsi tempat familiar yang akan didatangi saat bolos sekolah bersama pacar:

Pertama >> Bioskop (non mall)
Kedua >> Mall (plus bioskop)
Ketiga >> Kost cowoknya
Keempat >> Warnet
Kelima >> Taman
Terakhir >> Tempat sepi


4. Pulang ke Rumah

Mumpung rumah sepi, orang tua sibuk kerja, kakak kuliah, adik sekolah, pembantu pun tak punya. Solusi terbaik adalah pulang ke rumah.

Di rumah bisa tidur, main PS, nonton film, dan hal lainnya sampai orang tua dan saudara pulang ke rumah. Ketika ditanya, "kok pulang duluan? Biasanya sekolah kamu pulang terkhir karena ada les tambahan." Dengan entengnya menjawab, "Ada rapat guru, jadi siswanya disuruh belajar di rumah." Dan orang tua pun percaya tanpa ada menaruh rasa curiga.


5. Baca Buku di Toko Buku

Kebiasaan aktivitas anak teladan yang bosan dengan suasana sekolah adalah bolos di Toko Buku. Walaupun membolos tapi masih positif.

Toko buku menjadi sasaran mereka karena di tempat inilah mereka dapat mengisi waktu dan menambah ilmu. Disini juga tidak ada razia, jadi aman.


Untuk saat ini, hanya ada 5 kebiasaan bolos siswa di tengah jam belajar sekolah masih berlangsung yang dapat saya sampaikan.


Faktanya, hingga saat ini masih banyak anak yang tidak dapat bersekolah karena keterbatasan biaya, sementara para pelajar yang orang tuanya mampu menyekolahkan malah tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya.


Pertanyaan saya pada anda,

Pedulikah anda dengan nasib anda kedepan dan usaha orang tua anda yang selama ini banting tulang setiap hari demi membiayai anda sekolah?

Dan jangan lupa akan adanya Razia siswa dan siswi yang bolos karena ketahuan menggunakan seragam sekolah. Saran saya, ketika mau bolos siap-siap bawa baju ganti. Lol.

Bolos itu sebenarnya ada benarnya juga, jika memang pikiran otak dalam kepala sudah siap mau pecah. Tapi harus positif dan menghasilkan. Oke. LOL. Yang intinya, jangan pernah membolos jika tidak ada manfaat atau faktor X.


Sekian dari saya. Jika ada salah dalam penyampaiaan atau penulisan saya mohon maaf.

Yang ingin menambahkan juga saya persilakan, tulis di kolom komentar di bawah postingan ini. Masukan atau kritikan anda sangat bermanfaat untuk kehidupan blog ini. He..he..

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
5 Hal yang Biasa Dilakukan Siswa Saat Tengah Bolos Sekolah
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -