Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 31 Maret 2016

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop yang Rusak - Windows 7

Sebenarnya ini merupakan ilmu lama, tapi demi blog ini agar tetap update saya putuskan membuat artikel tutorial ini. Dengan harapan bermanfaat juga bagi anda yang belum tau bagaimana cara mematikan / menonaktifkan keyboard bawaan / internal yang rusak, khususnya di Windows 7 pada Laptop maupun NoteBook. Untuk Keyboard Portable seperti PC, anda hanya perlu beli baru apabila sudah banyak kali mencoba untuk memperbaiki sendiri.

laptop keyboard rusak broken

Saya tau perasaan anda ketika keyboard anda error, jengkel kan? Soalnya sama, saya juga begitu. Gara-gara error, keyboard suka sekali menulis sendiri tanpa kita komando. Apalagi pas searching atau ngetik tugas, ckck pengen banget rasanya banting laptop. LOL. Sudah ah basa-basinya.

Oh iya, cara ini mengerikan lho. Karena mouse dan keyboard internal benar-benar mati total. Tapi santai aja, masih bisa dikembalikan seperti semula atau default kok. Karena pada dasarnya tips trik yang saya bagikan ini berguna hanya di waktu emergency saja. Atau berguna ketika anda ingin menjaga keyboard atau mouse bawaan anda dari kerusakan karena anda adalah seorang gamer.


Terus, bagaimana sih caranya?

Mudah kok caranya, nggak ribet atau susah. Asalkan anda mau mengikuti urutannya.

Oke, langsung saja!


1. Siapkan keyboard dan mouse tambahan atau eksternal anda. Ini sangat perlu dibutuhkan. Karena setelah anda selesai melakukan cara ini, keyboard dan mouse internal tidak dapat digunakan sama sekali. Maka itu, persiapkanlah.

2. Colokkan sambungan USB-nya ke laptop/notebook.

3. Tunggu sampai proses penyambungan selesai. Tandanya, keyboard/mouse eksternal anda dapat digunakan. Kalau sudah menunggu lama tapi proses penyambungan belum juga berhasil, ada kemungkinan bahwa keyboard dan mouse eksternal anda rusak, atau juga bisa dikarenakan driver USB eksternal laptop/notebook anda error atau belum terinstal.

4. Apabila telah tersambung, pergi ke Control Panel.

5. Lalu pilih Hardware and Sound.

6. Kemudian, Device Manager.

7. Klik bagian Keyboard. Disitu akan ada dua pilihan, yaitu keyboard ekstern dan keyboard intern. Nah, klik kanan pada keyboard internal, biasanya namanya ada kata 'standard' - standard-nya gitu. Kalau tempat saya >> Standard PS/2 Keyboard. Sudah diklik kanan, pilih Update Driver Software.

8. Kita akan menuju laman baru.

9. Lalu pilih Browser my computer for driver software, pokoknya yang paling bawah sendiri.

10. Setelah itu, [1.] 'uncheck' (hilangkan centang) dahulu pada Include subfolder. Lanjut ke [2.] Let me pick from a list of device drivers on my computer.

11. Jika sudah, [1.] uncheck Show compatible hardware. Maka akan terbuka menu Manufacturer. [2.] Pada menu Manufacturer anda bisa pilih yang mana saja, asalkan harus berbeda dengan merk Laptop/NoteBook yang sedang anda gunakan untuk mempraktikkan cara ini. Atau anda dapat mengikuti saya dengan memilih Ortek. [3.] Pilih ORTEK keyboard. [4.] Terus Next.

12. Ketika ada munculan Update Driver Warning, klik Yes.

13. Maka tampilan judulnya berubah menjadi Update Driver Software - ORTEK Keyboard. Bukan Update Driver Software - Standard PS/2 Keyboard lagi. Setelah itu Close.

14. Karena menekan tombol Close, maka kita diminta untuk me-restart laptop kita. Silakan restart atau tekan Yes. Restart berguna supaya cara-cara yang sudah kita lakukan sebelumnya bisa berjalan sesuai dengan harapan kita. Maka itu, restart memang wajib dilakukan. Tunggu proses me-restart selesai.

15. Sebenarnya jika kita sudah selesai me-restart, itu artinya kita sudah selesai atau berhasil. Namun apabila anda kurang merasa mantap, coba tekan keyboard internal atau gesek-gesekkan jari anda ke flat mouse laptop anda. Pasti nggak akan berfungsi, kan? Karena itu artinya menandakan bahwa kita sudah Sukses. Atau anda bisa menuju ke Device Manager. Cek pada menu Keyboard, apakah berubah atau tidak? Apabila berubah, berarti memang Sukses!!


-------

Begitulah caranya. Andai ada yang bertanya sesuai topik kali ini, akan saya jawab semampunya.

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop yang Rusak - Windows 7
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top