Tuesday, April 26, 2016

Alasan dan Cara Membuka Situs yang Dianggap Berisi Penipuan atau Berbahaya oleh Google Chrome

Mungkin anda kaget atau bingung karena ketika anda mengklik sebuah halaman situs secara acak atau mau mendownload 'file' (lagu, game, software, film, dokumen, dll) tiba-tiba muncul tampilan halaman baru Situs yang dibuka berisi penipuan. Tak perlu panik ya guys.

Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

Hal tersebut biasa terjadi ketika kita menggunakan browser Google Chrome versi terbaru untuk browsing. Untuk browser lain saya kurang tau, karena selain GC (Google Chrome) saya tidak punya browser lain. Alasannya karena saya sudah cinta sama produk Google, mungkin. Lol.

Untuk menjawab kebingungan dan kekagetan anda, saya hanya akan menjelaskannya sedikit di dalam artikel ini. Untuk selengkapnya nanti, anda bisa baca di blog-blog milik Google.


"Kok bisa? Dulu-dulu nggak, sekarang kok seperti ini? Ada apa sebenarnya?"

Ya, mungkin seperti itu pertanyaan yang ada pada benak pikiran anda saat ini.

Saya jawab - Ini merupakan persepsi saya pribadi. Tampilan tersebut dibuat oleh pihak Google bukan tanpa alasan lho. Alasan Google melakukan ini karena menghindari dari situs yang tidak Aman atau Berbahaya. Salah satunya menghindari situs yang memasang iklan dengan model tiba-tiba redirect sendiri ketika diklik secara acak. Jenis iklan tersebut sering dikenal dengan nama iklan Pop Under.


" Apa sih Pop Under? "

Pop Under merupakan salah satu jenis iklan yang disediakan penyedia iklan via internet. Proses kerja Pop Under adalah redirect sendiri. Redirect-nya ketika anda klik apa yang terjadi malah membuka situs berbeda atau malah tiba-tiba download file sendiri. Nah, seperti itulah prosesnya.


"Kenapa banyak situs yang menggunakan  layanan iklan jenis Pop Under?"

Alasannya karena mereka merasa bahwa dengan memasang Pop Under maka akan lebih cepat dalam mendapatkan uang daripada memasang iklan jenis lainnya. Bisa juga karena mencari alternatif lain akibat kegagalan diterima menjadi 'publisher' (penayang) iklan GA (Google Adsense).



TIDAK SEMUA iklan hasil Pop Under adalahBERBAHAYA! Karena apa, pada dasarnya pemberi link tujuan atau si A yang paling bertanggung jawab dalam hal ini. Apakah link yang ia berikan adalah link Aman atau link Sesat/Berbahaya, sebenarnya para publisher juga tidak tau. Untuk mudahnya, akan saya beri alurnya!

A - B - C - A

Keterangan:
A = Link yang diberi oleh pemberi link tujuan / Pengiklan
B = Penyedia layanan iklan Pop Under
C = Publisher / Penayang / Pemilik situs yang dipasangi Pop Under

Penjelasan Alur:
A membayar uang kepada B untuk menitipkan link. Kemudian B membuat script iklan Pop Under dan menawarkannya kepada C1, C2, C3, dan C seterusnya untuk memasang script yang sudah dibumbui link A ke situs C. Lalu ketika ada seorang pengunjung masuk ke situs milik si C mengeklik di bagian halaman secara acak dan ternyata script buatan B bekerja, maka nantinya pengunjung akan dipindahkan menuju link milik A dengan paksaan. Karena situs si A sudah di kunjungi pengungjung dari situs C, maka si C akan mendapat kompensasi / bayaran dari si B. Nah, begitulah prosesnya.


Dan saya tegaskan kembali, bahwa tidak semua pop under itu berbahaya, makanya tidak semua situs yang ada pop under-nya mendapat peringatan seperti gambar di atas. Google akan menyaring dan mengetahui pop under mana yang berbahaya atau penipu dengan cara yang ia gunakan.


"Apa bahayanya link dianggap phising atau penipuan atau malware oleh Google?"

Silakan anda baca penjelasannya di salah satu artikel blog google yang berjudul Menjadikan Web Lebih Aman ini agar lebih jelas.

Atau anda bisa menonton video yang dirilis google lewat youtube mengenai bagaimana cara kerja oknum tidak bertanggung jawab seperti tindakan cyber crime untuk merusak atau meretas sebuah situs orang lain di bawah ini.




Bagaimana Cara Membuka Situs yang Akan Dibuka Berisi Penipuan atau Berbahaya?

Caranya sebagai berikut:

1. Ketika anda mendapati tampilan seperti gambar di bawah ini, maka pilih atau klik Detail.
Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

2. Terakhir. Pilih mengunjungi situs yang tidak aman, seperti gambar di bawah ini yang telah saya beri tanda panah.
Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

3. Berhasil!


Perlu anda ingat!
Ketika anda telah keluar dari situs yang memunculkan warning atau tanda peringatan tersebut, maka anda akan mendapati warning yang sama di situs atau link tersebut walaupun anda telah klik tulisan yang ada pada langkah kedua.


----------

Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Alasan dan Cara Membuka Situs yang Dianggap Berisi Penipuan atau Berbahaya oleh Google Chrome
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -