Wednesday, May 4, 2016

Akhirnya Blogspot Full Redirect HTTPS 2016

Kabar gembira untuk kita semua bagi pengguna platform Blogger!

Sekarang Blog dengan subdomain blogspot sudah full HTTPS tanpa tambahan script redirect yang pernah saya pakai. Contoh scriptnya seperti di bawah ini.

<script type='text/javascript'>
if(window.location.protocol != &#39;https:&#39;) {
location.href = location.href.replace(&quot;http://&quot;, &quot;https://&quot;);
}
</script>

Memang benar bahwa akhir tahun kemarin Google sudah merilis HTTPS, dengan kita merubah pengaturan di Setelan > Dasar > Pengalihan HTTPS > Yes.

Namun masih banyak kendala yang terjadi, diantaranya:
  1. Beberapa javascript HTTP yang dipasang pada blogspot, tidak muncul atau tidak bekerja pada tampilan HTTPS.
  2. Semua gambar yang dipos dalam blog dengan link masih HTTP, membuat lambang 'scure' (HTTPS) menjadi 'buram' (bukan berwarna hijau atau bergaris merah miring).
  3. Cara kerjanya harus manual dengan menambahkan text secure https:// di depan url, atau mengubah http:// menjadi https://, atau menambah script seperti di atas.
  4. Dan masalah-masalah lainnya.

https blogspot blogger

Dan pada tanggal 3 Mei 2016 atau baru saja, akhirnya google secara terang-terangan dengan memposting sebuah artikel diblog-nya yang berjudul Bringing HTTPS to all blogspot domain blogs, dan telah menyatakan bahwa pihak google memberikan HTTPS secara penuh dan pastinya gratis kepada seluruh pengguna atau pemilik subdomain blogspot.

Untuk manfaat HTTPS sendiri, anda bisa membacanya pada artikel yang pernah saya publish pada bulan oktober tahun 2015 sebelumnya, yang berjudul Google Merilis HTTPS Untuk Blogspot.


Namun perlu anda ketahui juga, bahwa dengan full HTTPS ini, ternyata kita masih memiliki kendala, diantaranya pada nomor 1 dan 2 yang sudah saya tulis di atas. Karena masalah tersebut hanya pemilik blog yang dapat memperbaikinya, seperti:
  1. Penggunaan template yang tidak kompatibel karena kode HTML yang bermasalah.
  2. Asal memasang script di widget/gadget yang tidak cocok dengan HTTPS.
  3. Postingan gambar yang masih ber url http://. Karena sebelum google merilis HTTPS untuk blogspot, gambar default postingan yang di upload disetiap artikel adalah ber protokol http:// bukan https://. Maka harus cek secara manual.

Dengan upaya dan usaha kita dalam memperbaiki seluruh masalah/error HTTPS pada blog kita, Insya Allah, 100% kita dapat menikmati fasilitas keamanan pada blog kita yang diberikan google dengan cuma-cuma.

Oh iya, hampir saja lupa. Masih ada satu informasi lagi!

Bagi anda yang sebelumnya sudah mengaktifkan fitur HTTPS di blogger sebelum adanya info ini, diharap untuk mengaktifkan fitur HTTPS-nya kembali. Karena apa? Dengan adanya fitur full redirect HTTPS baru ini, tools pengaktifan sebelumnya telah diganti tools pengaktifan baru oleh pihak blogger.com.

Ini cuma-cuma alias gratis, jadi enggak perlu keluar uang lho.

------------

Maaf, hanya sedikit yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Jika ada kesalahan penulisan atau kekeliruan dalam menyampaikan informasi ini, mohon dengan sangat untuk disampaikan dalam kolom komentar yang telah saya sediakan di bawah.

Sekian dari saya. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Akhirnya Blogspot Full Redirect HTTPS 2016
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -