Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Sabtu, 25 Juni 2016

10 Manfaat / Dampak Positif Begadang yang Perlu Kita Ketahui

Manfaat atau Dampak Positif Begadang yang Perlu Kita Tahu - Menilik pengertian begadang itu sendiri, sebenarnya memiliki versinya sendiri-sendiri yang pada intinya sebenarnya sama. Kalau menurut saya pribadi, begadang adalah sebuah aktivitas dimana orang tidak tidur di waktu malam hari melebihi batas waktu tidurnya orang normal kebanyakan karena alasan-alasan tertentu, bisa karena nggak enak badan sehingga susah tidur, tugas, nongkrong, menonton televisi, kebanyakan minum kopi, dan alasan lainnya.

Yang perlu kita ingat bahwa, setiap apa saja yang kita lakukan selama itu tidak menyakiti orang lain, pada hakikatnya memiliki manfaat dibalik itu semua. Hanya saja, manfaat tersebut jarang diketahui oleh banyak orang, entah karena mengalami musibah atau persepsi yang berbeda.

Untuk kerugian dari begadang, bisa anda cari atau baca-baca di media elektronik atau non elektronik, karena saya belum menulisnya di blog ini.

manfaat begadang malam hari

Tanpa banyak basa-basi lagi, lalu, apa saja manfaat yang kita peroleh saat begadang. Beberapanya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Beban Pikiran

Beban tidak selamanya buruk jika kita segera menyelesaikannya. Namun apabila dibiarkan dan terus menumpuk, hal buruknya bisa membuat seseorang menjadi gila dadakan.

Sebagian orang mempunyai kewajiban yang harus diselesaikan, misal tugas: kuliah, kantor, sekolah, atau kerja. Nah, dengan menyelesaikan tugas-tugas (beban) yang ada di waktu begadang, maka dapat mengurangi beban dalam pikiran tentang tugas itu, sehingga kita juga dapat mencicil tugas lainnya yang perlu dikerjakan juga sebelum deadline.


2. Memperkuat Solidaritas

Apakah ada kegiatan ronda di kampung atau tempat tinggal anda? Jika ada, dipastikan orang-orang yang selalu kumpul untuk melaksanakan ronda pasti lebih solid kemasyarakatannya daripada kampung-kampung yang tidak mengadakan ronda.

Memang sih, tidak hanya waktu ronda saja solidaritas dalam bermasyarakat dapat tercipta, bisa juga saat ada tetangganya yang wafat ikut memandikan si mayit atau menata tempat layat, membantu menata tempat resepsi, rapat RT/RW, kerja bakti, dan bentuk solidaritas lainnya. Tapi ingat! Artikel ini membahas tentang begadang, jadi saya fokuskan pada aktivitas ronda, khususnya ronda yang dilakukan dari malam sampai subuh tiba.

Nongkrong dengan sahabat atau kenalan di jam-jam begadang pun juga bisa memperkuat solidaritas, selama tidak mengganggu hajat orang lain.


3. Keamanan Terjamin

Ketika diadakan ronda malam, pastinya keamanan lebih mantep, dong. Kecuali kalau yang ronda malah tidur atau keasyikan main kartu, sehingga si maling lebih bebas bereaksi karena kurangnya kewaspadaan dari peronda.

Dirumah pun juga demikian. Ketika sedang begadang, keadaan dalam rumah sunyi, suara-suara yang pelan saja jadi terdengar sangat jelas. Entah suara kucing, ranting pohon yang bergesekan, langkah kaki orang yang jalan di depan rumah, dan suara yang biasanya tidak terdengar di siang hari dengan jelas, jadi terdengar sangat jelas di waktu begadang.

Jadi, manfaat begadang saat ronda maupun di rumah dapat membuat keamanan lingkungan sekitar lebih terjaga daripada tidak ada ronda sama sekali maupun begadang di rumah.


4. Melakukan Sholat Tahajud dan Membaca Kitab Suci

Pernah tidak, ketika kita tidur jam 9 malam terus bangun jam 10 malam hari itu juga karena sesuatu hal, entah karena mimpi buruk, atau hal-hal lain yang membuat kita bangun dengan cepat. Efeknya, kita malah jadi begadang.

Khusus untuk kita (yang muslim), ketika jam-jam itu terkadang mau tidur kembali saja susah. Sudah membolak-balikkan badan di kasur seperti menggoreng oseng-oseng, tetap saja susah buat tidur. Karena tugas juga nggak ada, alhasil hanya bengong tidak melakukan kegiatan lain. Karena kekosongan itu kita bisa mengisinya dengan melaksanakan sholat Tahajud atau baca Al Quran sampai subuh.


5. Saur Tepat Waktu

Niat atau tidak dalam melakukan begadang di malam hari ternyata membantu kita untuk sahur tepat waktu, khususnya pada bulan Ramadhan.

Tak jarang, ketika kebanyakan orang memilih tidur kemudian waktu sahur tiba masih saja memeluk guling di kasur. Bahkan karena saking lelapnya, sampai lupa bangun dan sahur. Alhasil, hari itu juga berpuasa tanpa sahur, membuat tubuh kita cepat lemas dan tak bertenaga. Batal, batal deh puasanya. Lol.


6. Lebih Fokus Dalam Suatu Hal

Malam hari adalah waktu efektif kita untuk lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Dimana kebisingan luar ruangan maupun dalam satu rumah/gedung hilang karena para manusia lainnya kebanyakan beristirahat dan pergi untuk memasuki alam mimpi (tidur). Mau menulis artikel blog, mengerjakan skripsi, membuat konten vlog, dan kegiatan lainnya, lebih damai dan memuaskan hasil kerjanya.


7. Mensejahterakan Karyawan Kafe, Burjo, Warung Makan, dan Tempat Makan Lainnya

Bayangkan jika kafe, burjo, dan warung makan sepi tanpa pelanggan, bisa dipastikan cepat untuk gulung tikar (bangkrut).

Kita (selaku orang yang suka begadang dan mangkal di tempat seperti itu) ternyata dapat membantu meningkatkan perekonomian karyawan/pegawai tempat tersebut. Jika biasanya buka sampai jam 9 malam saja, mungkin pendapatan tempat tersebut ya segitu-segitu saja. Tapi, jika dibuka sampai jam begadang, bisa dipastikan penghasilannya melebihi dari biasanya.

Memang sih, tergantung juga dengan lokasinya. Namun setidaknya, tempat-tempat yang buka sampai jam begadang pasti pendapatannya besar dan pegawai pun juga akan terkena imbasnya, yaitu berupa kenaikan gaji.


8. Memunculkan Banyak Ide dan Inspirasi

Saya merasa ketika waktu-waktu begadang, tiba-tiba ide dan inspirasi didalam otak mulai bermunculan. Ide dan inspirasinya pun bermacam-macam. Apabila dari kalian juga merasakannya, berarti kita sama.

Ide dan inspirasi tersebut dapat kita tampung atau catat dalam sebuah diary, note, dan buku, supaya ide dan inspirasi itu tidak menghilang secara sia-sia. Setidaknya saat kita lupa, dengan membaca kembali catatan tersebut dapat mengingatkan kita kembali ide-ide dan inspirasi-inspirasi yang sudah kita simpan sebelumnya. Mungkin saja, ide dan inspirasi yang sudah tersimpan tersebut dapat membantu kita kelak dimasa yang akan datang.


9. Hubungan Suami Istri Lebih Harmonis

Kalau kita sudah menikah, pastinya banyak cara dong membuat pasangan kita menjadi bahagia. Salah satu caranya yaitu melakukan hubungan intim atau s*ks.

S*ks di malam hari waktu-waktu begadang katanya lebih leluasa dan lebih puas (kata orang yang sudah nikah, kalau admin blog ini belum nikah) daripada di waktu lainnya. Soalnya di waktu lainnya masih sibuk dengan urusan pekerjaan atau masih mengurusi buah hatinya (anak). Malam hari juga adem (dingin), jadi inginnya yang anget-anget (hangat-hangat). Lol.

Survei pribadi dari hasil baca-baca artikel orang dan tanya-tanya pasangan yang sudah menikah, menyatakan bahwa:
Kebanyakan suami/istri yang begadang dengan pasangannya tiap malam dan melakukan hubungan s*ks, dapat menciptakan hubungan perkawinan yang lebih harmonis daripada pasangan yang jarang atau malah tidak pernah melakukan hubungan s*ks diwaktu begadang.


10. Menolong Orang yang Terkena Musibah di Jalan

Musibah yang terjadi di jalan ada bermacam-macam. Ada yang bannya bocor, tabrakan, kehabisan bensin, dan masih banyak lagi.

Seandainya waktu pulang nongkrong dari tempat tongkrongan menuju ke rumah pas jam begadang melihat ada orang yang sedang mengalami musibah di jalan, setidaknya kita bisa membantu mereka sebisanya, entah mendorong, memperbaiki busi, membawa ke rumah sakit, dan melakukan bantuan-bantuan lainnya yang dapat meringankan beban mereka.


Seperti itulah beberapa manfaat yang kita peroleh dalam melakukan aktivitas begadang.

Lho, katanya begadang itu nggak baik. Bikin sakit?

Ya, itu benar. Tapi hal itu dapat terjadi kalau kita begadangnya berlebihan. Tiap malam begadang terus, tanpa pernah mau minum air putih yang banyak, memaksakan mata untuk selalu melek (terbuka), atau jarang mengisi perut dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Begadang itu nggak salah kok, yang salah itu cara orang yang melakukannya. Atau mungkin, anda coba ingat kembali sepenggal lirik lagu ciptaan Haji Roma Irama yang judulnya Begadang,

... Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya ...


-------

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Amin

Bila ada salah dalam penulisan maupun penyampaian, mohon dimaafkan.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
10 Manfaat / Dampak Positif Begadang yang Perlu Kita Ketahui
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top