Wednesday, June 1, 2016

5 Masalah Umum yang Dirasakan Seorang Blogger

Sebagian dari kita (blogger) mempunyai kesabaran dalam aktivitas blogging, namun untuk sebagian besar sayangnya tidak memiliki rasa tersebut.

Apakah anda saat ini kehilangan motivasi atau kehabisan ide posting? Satu minggu tanpa posting berubah menjadi sebulan, dan lanjut ke bulan-bulan berikutnya. Karena alasan itu anda kemudian menyerah, putus asa, melarikan diri dari dunia blogging, dan pada akhirnya melupakannya.

Memang benar bahwa itu semua adalah hak pribadi anda. Namun alangkah baiknya apabila anda baca-baca artikel blogger lainnya tentang masalah yang mereka hadapi dan pada akhirnya mereka menjadi cinta mati terhadap blog yang ia miliki.

Saya pernah baca kutipan dari blog apa, lupa. Bunyinya seperti ini:
Ngeblog merupakan pekerjaan yang paling mudah, akan tetapi hal yang paling sulit adalah mempertahankannya! Dari hari ke hari anda akan selalu menghadapi banyak masalah dalam aktivitas blogging. Tapi hanya karena sesuatu yang sulit tidak berarti anda harus berhenti selamanya.
Ya, aktivitas blogging memang bukan hal yang gampang dalam kenyataannya. Saya sendiri juga sudah menuliskan unek-unek dalam artikel yang berjudul Ngeblog Itu Bukanlah Hal yang Mudah. Saya sengaja menulis postingan tersebut karena waktu itu ada kawan yang mencela dan merendahkan aktivitas blogging dengan seenaknya jidatnya sendiri tanpa pernah mau melakukan pekerjaan ini.

Jujur saya senang melakukan aktivitas blogging. Entah apa alasannya, tapi membuat saya nyaman.

Oke. Tanpa banyak menghabiskan waktu lagi saya akan membahas sesuai dengan judul artikel ini 5 Masalah Umum yang Dirasakan Seorang Blogger. Silakan dibaca!

bingung menulis artikel postingan blog situs web masalah blogger

1. Menentukan Topik Untuk Postingan Selanjutnya

Mengapa hal ini bisa menjadi masalah? Kebanyakan para blogger memulai aktivitas blogging karena percaya bahwa pekerjaan ini merupakan cara termudah untuk menghasilkan pendapatan. Kemudian mereka memilih niche yang paling menguntungkan. Sehingga pada akhirnya mereka merasa sulit untuk menemukan bahasan untuk postingan blog mereka berikutnya.

2. Waktu Untuk Berkonsentrasi

Apakah anda melakukan pekerjaan ini semata-mata untuk mencari uang atau menyalurkan hobi atau gairah menulis?
Ingat! Waktu tidak akan pernah berkompromi pada siapa pun.
Pembagian waktu adalah masalah terbesar, terutama untuk: mahasiswa, karyawan, dan lain-lain yang memiliki aktivitas melelahkan sepanjang hari diluar blogging. Anda akan relatif sulit untuk berkonsentrasi pada blog anda, kecuali jika anda telah benar-benar terisolasi atau menyerahkan diri untuk fokus terhadap aktivitas ini.

Para blogger yang tidak sepenuhnya menyerahkan hidupnya pada blogging biasanya mereka akan fokus berkonsentrasi pada saat waktu senggang (itu pun juga hanya sebentar) atau waktu libur.

Intinya, kita harus pintar-pintar saja membagi waktunya.

3. Penghasilan

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, jika anda blogging hanya semata-mata karena uang maka masalah ini akan muncul untuk pertama kalinya.
Jika alasan utama anda melakukan aktivitas blogging karena uang namun anda tidak memiliki kesabaran untuk mendapatkan hati AdSense, maka anda tidak akan pernah mendapatkan penghasilan dari AdSense sama sekali.
Sudah banyak para Blogger Pro (White Hat) yang menyarankan bahwa, 'kita dituntut untuk berpikir mengenai penghasilan minimal setelah umur blog mencapai 6 bulan'. Tapi kenyataannya yang kita lihat bahwa saat usia blog baru mencapai 1-2 bulan saja sudah banyak para blogger pemula yang berbondong-bondong mengajukan diri untuk dapat diterima AdSense. Dan pada akhirnya, mereka ditolak oleh AdSense dan berhenti blogging.

4. Kompetisi

Hal ini sering dihadapi oleh semua blogger yang berlomba-lomba untuk meningkatkan peringkat url homepage atau url artikel blog mereka di halaman mesin pencari.

Blogging membutuhkan sebuah gairah, dan terlebih lagi anda perlu ide-ide yang luar biasa. Ide yang dapat membantu anda menulis, menulis, dan menulis lebih banyak untuk menciptakan tulisan yang berkualitas, sehingga blog anda mendapatkan pembaca dan popularitas.

Cara terbaik untuk mendapatkan kepopuleran adalah memilih niche blog favorit (dari keahlian anda) dan bersegeralah menulis sesuai jati diri anda.

5. Respon

Haha! Di sinilah letak masalah paling utama. Respon yang saya maksud adalah 3 hal berikut:
  • Lalu lintas. Lalu lintas membuat blog anda hidup. Jika Anda sangat prihatin tentang lalu lintas, maka dianjurkan kepada anda untuk meluangkan sebulan dalam meneliti topik yang lagi tren di dunia blogging sebelum anda memulai optimasi blog anda sendiri. Dan perlu diingat bahwa anda perlu memperbarui artikel-artikel blog anda dengan kejadian yang sesuai dalam niche anda. Dengan cara ini pembaca akan merasa bahwa konten blog anda fresh dan berguna. Dari situ anda akan mulai memiliki arus lalu lintas yang padat.
  • Pelanggan. Pelanggan adalah sesuatu yang menjadi tolak ukur atau cerminan apakah blog anda menjadi sukses atau tidak. Apabila para pembaca merasa konten-konten yang anda buat berguna bagi mereka, maka selebihnya merupakan untung-untungan. Apakah mereka akan berlangganan dan selalu merujuk blog anda hingga di masa depan atau tidak, biarkan mereka yang menentukan.
  • Komentar. Komentar dapat disebut sebagai respon langsung untuk artikel antara anda dengan para pembaca. Banyak yang mengatakan bahwa blog WordPress mendapatkan lebih banyak komentar karena mereka menggunakan fitur CommentLuv yang bersifat doffolow untuk link. Tapi saya percaya bahwa kualitas konten adalah faktor utama yang membuat pembaca mau berkomentar. Jika anda bosan karena tidak mendapatkan komentar di blog anda, maka saya sarankan anda melakukan BW (Blog Walking) dan Partner-an.

Beberapa hal di atas adalah masalah blogging yang paling umum dan kebanyakan dari kita menghadapinya. Tentu saja, masih banyak lagi masalah lain yang membuat kita sakit kepala sepanjang waktu. Hahaha lol.

Jika anda merasa artikel ini menarik, silakan bagikan pada publik atau teman blogger anda. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan maupun penyampaian.

Terimaksih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
5 Masalah Umum yang Dirasakan Seorang Blogger
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X