Sunday, June 5, 2016

Kolom / Kotak Komentar Blog Perlu Apa Tidak?

Perlu atau Tidak Memasang Kolom Komentar Pada Blog? - Kolom komentar pada dasarnya berguna sebagai wadah menanggapi pertanyaan-pertanyaan, kritikan, dan saran dari para pembaca atau pengunjung sesuai dengan topik artikel yang dibaca. Dan semua template pasti ada, kecuali jika kodenya telah dihapus seperti template blog ini.

Bagi anda yang menuju artikel ini pasti memiliki pertanyaan di dalam otak, Perlu nggak sih pasang / menyediakan / menampilkan kolom komentar di blog?

Perlu atau Tidak Memasang Kolom Komentar Pada Blog

Jawaban sekaligus opini saya adalah, TERGANTUNG.

Ya. Tergantung adalah jawabannya.

Tergantung dari niat anda ngeblog, tergantung topik apa yang ada pada blog anda, tergantung harapan-harapan anda bermain blog, dan tergantung-tergantung lainnya. Dan jawaban dari tergantung-tergantung lainnya itu, hanya anda yang tau.

Misalkan blog anda seputar tutorial. Perlu tidak pasang kotak komentar?
  1. Mungkin ada yang bilang perlu, alasannya (mungkin) sebagai jaga-jaga jika tutorial yang ia sampaikan tidak sesuai dengan harapan pembaca. Komentar-komentar pembaca ia gunakan sebagai bahan rekonstruksi atau perbaikan artikel disetiap tutorial yang telah ia sampaikan jika ada error. Dengan alasan itulah ia sengaja memasang kolom komentar.
  2. Tapi, ada juga yang berpendapat Nggak Perlu. Salah satu alasannya (mungkin) karena tidak ada waktu menanggapi komentar-komentar, ia sibuk dengan pekerjaan lainnya yang harus diprioritaskan. Atau bisa juga, karena merasa bosan menerima komentar sampah atau spam.
Pokoknya setiap pemilik blog pasti memiliki pemikiran dan alasan menghapus kolom komentar blog atau tetap menampilkannya. Karena pada dasarnya hanya mereka yang tau semua efek (baik atau buruk) pemasangan komentar pada blog mereka masing-masing.

Jadi, setelah anda membaca artikel ini, harusnya sudah tau dong sekarang. Mau tetap dipasang atau malah sebaliknya, dihapus kolom komentarnya?

Semua pilihan saya serahkan semuanya pada diri anda pribadi, sih.

Saya hanya bisa menyarankan saja, bahwa Mau ditampilkan atau Tidak, cobalah untuk dipikirkan lebih lama dan lebih dalam lagi. Karena siapa tau komentar-komentar yang anda dapatkan dapat mendatangkan nilai plus dari setiap artikel-artikel anda. Bahkan juga, komentar-komentar itu bisa berpengaruh baik dalam aktivitas blogging anda selama ini. Siapa tau!

Sekian dari saya. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat. Amin! Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Kolom / Kotak Komentar Blog Perlu Apa Tidak?
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X