Thursday, July 14, 2016

6 Manfaat Mengucapkan Kata Minta Maaf

Mengatakan kata "Saya minta maaf" sebenarnya jauh lebih mudah daripada memperkuat rasa sok gengsi kita. Dengan mengucapkan sebuah kata permintaan maaf dapat membuat hati kita menjadi nyaman, damai, dan tidak akan pernah diliput rasa takut ataupun beban.

Tanpa basa basi lagi, kita langsung bahas saja ya.

Berikut adalah enam manfaat yang dapat kita rasakan ketika memberdayakan kata maaf pada saat sadar setelah melakukan kesalahan:

Minta maaf menyesal sorry

1. Membangun Kepedulian

Cari tahu dan ingat kembali kesalahan kita. Hubungan yang dibangun di atas rasa hormat, dan mengatakan permohonan maaf karena kesalahan menunjukkan bahwa anda menghormati perasaan orang lain.


2. Membantu Kita untuk Selalu Hidup Damai, Aman, dan Bahagia

Setiap manusia pernah membuat kesalahan. Menyimpan rasa bersalah dan kemarahan sebenarnya tidak baik bagi kita dan orang lain. Mengakui kesalahan diri sendiri membantu kita untuk tumbuh dan dapat melanjutkan kehidupan yang damai, aman, dan bahagia.


3. Memperkuat Sebuah Hubungan

Kadang kala sebuah hubungan memiliki keretakan dan secepatnya kita perlu untuk melakukan perbaikan. Mengabaikan keretakan hanya semakin membuat hubungan kita menjadi lemah. Namun dengan mengakui kesalahan membuat kita bergerak dengan cara yang sehat sehingga dapat memperkuat hubungan kita dengan orang lain.


4. Memperlancar Mengucap Kata Maaf Ketika Berbuat Salah yang Tidak Disengaja

Kebiasaan mengatakan "Maaf" akan terasa seperti waktu anda berada di atas tikar yoga atau menyalurkan hobi anda. Hal itu akan lebih nyaman dan terasa lebih akrab. Sehingga ketika kita semakin sering mengatakan maaf saat melakukan kesalahan, semakin lancar juga kita meminta maaf saat melakukan kesalahan yang tidak disengaja.


5. Memberikan Contoh yang Baik untuk Anak-Anak

Mengatakan "Maaf" untuk anak atau di depan anak-anak, hal itu menunjukkan kepada mereka bagaimana cara yang tepat ketika mengakhiri kesalahan mereka kepada teman, sahabat, atau keluarga. Dan itu tidak perlu saya contohkan, ya kan?


6. Menjadikan Orang Memiliki Sifat Pemaaf

Kita tau bahwa sebuah kata maaf yang terlontar dari orang yang telah melukai hati atau mencedarai fisik kita, merupakan sebuah penyesalan bagi mereka. Dan kita harus sadari ketika kita juga memiliki kesalahan dan lalu meminta maaf, maka kita akan terlatih untuk menjadi seorang yang pemaaf.



Jadi pada hakikaktnya memiliki kesalahan tanpa pernah mengucap maaf, hanya akan membuat anda dicap buruk dimata orang lain. Dan karena itu membuat orang lain tidak akan pernah menyukai dan mempercayai anda di hari berikutnya.

Jika anda tidak segera meminta maaf, itu tidak membuat kesalahan anda menghilang. Seperti melihat gajah di dalam ruangan, sehingga selalu terlihat atau terekam oleh ingatan orang yang telah kita lukai. Maka itu, segeralah minta maaf saat punya salah.


Mengatakan "Maaf" adalah perilaku yang harus dipelajari dan dibutuhkan waktu serta latihan seperti sesuatu yang lain.

Minta maaf dan mau memaafkan adalah tidakan terbaik dari semua. Karena tindakan itu menunjukkan empati dan kasih sayang bagi orang-orang di sekitar anda.


Jadi lah orang baik. Karena kita sebenarnya BISA melakukannya!


-----------

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Semoga artikel 6 Manfaat Mengucapkan Kata Minta Maaf ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin!

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Manfaat Mengucapkan Kata Minta Maaf
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X