Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Kamis, 25 Agustus 2016

6 Cara Membuat Password yang Aman / Sulit Di Hack Tapi Masih Mudah Kita Ingat

Proteksi atau keamanan password atau kata sandi sangat penting di era digital saat ini, dan kekuatan password menjadi semakin lebih kompleks. Kita semua tahu bahwa "password" dan "123456" bukanlah sebuah password yang kuat (namun dua password itu merupakan yang paling umum digunakan!).

Beberapa dari anda beranggapan bahwa password seperti "blackjack99" dan "kamboja1987" aman dan sulit untuk di hack, benar kan?

Tapi, sebenarnya itu SALAH!

Mungkin kita merasa bahwa password yang telah dibuat cukup kuat dan susah untuk diretas oleh orang lain, sebenarnya yang mengejutkan bahwa ternyata password seperti itu mudah retak. Karena para cracker software telah menjadi semakin efisien untuk tahu password akun anda.


Jadi, apa yang harus anda lakukan untuk Membuat Password yang Sulit Di Hack Tapi Mudah Anda Ingat? Anda bisa mengikuti beberapa tips dari saya ini, mudah-mudahan berkah.


1. Jika anda dapat menemukannya di kamus, maka itu dapat ditebak

Jangan gunakan kata-kata yang dapat ditemukan di dalam kamus. Ini berarti setiap kata di dalam kamus. Perangkat lunak yang khusus dirancang untuk plug-in kata-kata dari kamus itu ada, dan beberapa bahkan dapat menggabungkan beberapa kata-kata dari kamus pada kecepatan yang sangat tinggi. Ini berarti bahwa password seperti "topihitam" atau "ngeblogasyik" juga terlalu mudah untuk diretas.


2. Semakin banyak karakter (huruf dan angka), semakin baik

Kita semua pernah mendengar bahwa password harus memiliki minimal 8 karakter. Semakin banyak karakter, itu yang lebih baik. Tapi, apakah anda tahu alasannya kenapa?

Katakanlah, anda memiliki password dengan lima huruf, seperti "retas". Sebuah password lima huruf memiliki 10 miliar kemungkinan kombinasi, dan dapat dibobol dalam 5 detik. Sandi enam huruf akan mengambil 500 detik untuk memecahkannya, tujuh huruf akan mengambil 13 jam, dan delapan huruf akan mengambil 57 hari. Jadi, anda lihat untuk setiap karakter tambahan yang anda tambahkan ke password anda, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membobol kata sandi/password anda memerlukan banyak waktu.


3. Jangan menggunakan kembali password yang sama di beberapa situs

Mari kita akui, banyak dari kita melakukan ini. Karena hal tersebut adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi menggunakan password yang sama untuk beberapa situs web dan akun dapat menyebabkan pencurian identitas jika salah satu account tersebut terkena hack.

Contoh. Anda tidak akan menggunakan satu kunci untuk membuka semua pintu di rumah anda. Kunci mobil dan pintu kantor anda juga berbeda. Jadi, cobalah untuk menggunakan password yang berbeda untuk akun anda. Jika anda masih ingin melakukannya, setidaknya menggunakan password khusus untuk login di akun anda yang paling penting, seperti : rekening bank anda, e-mail account anda, dan akun media sosial anda.


4. Jangan gunakan nama atau sesuatu yang pribadi

Nama anda, usia, tanggal lahir, nama salah satu dari orang tua anda atau anak-anak, atau hewan peliharaan. Karena sebetulnya semua informasi ini tidak pribadi dan tidak sulit untuk ditebak, baik bagi komputer atau hacker, sebanyak informasi ini bisa diakses di akun media sosial dan situs-situs lain. Mengarahkan strategi ke pembuatan password seperti ini jelas mudah diingat bagi kita, tetapi juga sangat mudah ditebak oleh komputer dan hacker.

Jadi, kembali lagi ke anda untuk mendesain password yang sulit diretas, tapi masih cukup mudah bagi anda untuk mengingatnya?


5. Berpikir di luar kata-kata dan huruf, coba berpikir sebuah pola atau bentuk

Alih-alih menggunakan huruf pada kata kunci untuk membuat kata-kata, sebenarnya melihat tombol pada keyboard dapat menciptakan sebuah bentuk yang cocok untuk kita gunakan dalam membuat password.

Sebagai contoh. Cobalah membuat password dengan beberapa karakter, yaitu: 2wdCFt6 pada keyboard anda. Kumpulan karakter itu akan membuat pola V.

password account keyboard safety pola V

Sama untuk password 2wDCfT6yjMKO0, password ini akan membuat bentuk/pola W pada keyboard anda.

password account keyboard safety pola W

Satu-satunya hal yang perlu anda ingat untuk membentuk pola V atau bentuk W pada tombol keyboard anda, darimana pola itu dimulai dan dengan karakter besar atau karakter kecil anda menggabungkannya.


6. Menggunakan frase dan singkatan dari kata-kata


Alih-alih menggunakan nama hewan peliharaan anda atau tanggal lahir sebagai password, anda dapat menggunakan frase disingkat sebagai gantinya, seperti: tanggal jadian aku dan pacar aku dua puluh delapan mei 2016. Jika anda singkat dan menjadi sebuah password, maka jadinya adalah tJadPA2p8m20sE. Anda hanya perlu mengingat huruf pertama dari setiap kata dalam kalimat.

Tips lain adalah mengambil kalimat, seperti : Saya Benci Kecoa. Dan untuk setiap akun yang anda miliki, anda dapat menambahkan kata yang relevan di depan kata Saya. Sebagai contoh: SayaEmailBenciKecoa, SayaGoogle+BenciKecoa, SayaBankBTNBenciKecoa, dan sebagainya.


Tambahan! Silakan manfaatkan fitur password verifikasi 2 langkah yang tersedia di situs-situs yang anda ikuti (jika ada).


Nah, itulah beberapa tips trik atau cara bagaimana kita membuat sebuah password akun yang mudah diingat tapi sulit untuk dihack atau diretas oleh orang-orang jahat. Semoga dapat membantu atau berguna untuk anda dalam mendesain sebuah password yang aman tanpa takut kecolongan.

Akan tetapi cara-cara tersebut tidak dapat 100 persen bekerja dengan sempurna. Karena yang perlu anda ketahui adalah sebuah sistem yang terhubung dengan internet tidak ada yang aman 100 %.

---------

Sekian dari saya. Jika ada salah dalam penulisan atau penyampaian mohon dimaafkan.

Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Cara Membuat Password yang Aman / Sulit Di Hack Tapi Masih Mudah Kita Ingat
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top