Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Rabu, 21 Juni 2017

8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi 2017

Bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog yang kita miliki? Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin menyampaikan beberapa fakta yang terjadi belakangan ini. Silakan anda baca dan cermati!

Fakta!
  1. Blog bukan mesin pencetak uang secara kilat.
  2. Banyak blogger yang berhenti gara-gara akun AdSense dan Iklan afiliasi lainnya terkena penalti atau banned. Dan ada juga yang berhenti karena tak kunjung gajian.
  3. Optimasi blog agar nongol di SERP bukan hal yang mudah untuk orang awam.
  4. Membuat konten yang disukai para pengunjung dan menjadikan mereka untuk menjadi pelanggan tetap bukanlah hal yang mudah.
  5. Intinya, ngeblog = bersekolah. Anda harus selalu belajar dan jangan jadi orang manja!

Kebanyakan blogger ingin meraih penghasilan demi memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. BTW, Apakah alasan anda membuat blog karena anda pernah mendengar bahwa cari uang lewat jalan ini sangat mudah? Akan tetapi anda tidak yakin dan kebingungan bagaimana untuk benar-benar mendapat uang apabila telah melakukannya? Hmm.. saya rasa anda perlu sedikit wejangan.

Saya tidak peduli anda berada pada kelompok mana dalam memperoleh pendapatan, apakah itu dari kelompok blog hobi atau blog bisnis. Yang perlu anda ingat kembali bahwa ini bukan sebuah hal yang dapat membuat anda kaya mendadak. Akan tetapi jika anda melakukannya dengan benar, maka anda bisa meraih harapan anda dan memenuhi segala kebutuhan pribadi, keluarga, dan bahkan bisa lebih.

Oke, mari kita menyelam dan melihat bagaimana anda dapat memperoleh peruntungan dengan blog yang anda miliki sekarang ini.

Lalu bagaimana caranya?

orang ngeblog mengetik keyboard

1. Monetisasi dengan BPK atau Iklan CPM

Salah satu cara yang paling umum digunakan oleh banyak blogger dalam menghasilkan pendapatan adalah dengan menempatkan script iklan di situs mereka. Ada dua jenis model populer dalam pembayaran iklan ini:
  1. BPK / PPC Iklan: Biaya per klik (juga disebut pay per click). Model iklan biasanya berupa spanduk yang dapat anda tempatkan di bagian konten anda atau sidebar. Setiap kali pembaca mengklik iklan, anda akan dibayar untuk klik tersebut.
  2. CPM Iklan: Iklan CPM, atau "biaya per 1.000 tayangan," adalah iklan yang membayar Anda dengan sejumlah uang yang sudah dijanjikan berdasarkan berapa banyak orang melihat iklan Anda.
Jaringan yang paling populer untuk menempatkan jenis iklan ini adalah Google AdSense. Dengan program ini, anda tidak perlu untuk melakukan kontak langsung dengan para pengiklan. Anda hanya perlu menempatkan script di situs anda, kemudian Google memilih iklan yang relevan dengan konten anda dan para pemirsa yang mengeklik iklan tersebut pada blog anda.

Ada program serupa yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia jika anda gagal diterima oleh AdSense, seperti Chitika, Infolinks, Media.net, dan lain-lain.


2. Jual Iklan Swasta / Mandiri

Bekerja dengan jaringan periklanan seperti AdSense, Chitika, Infolink, dan lainnya bukan satu-satunya jalan atau pilihan untuk memperoleh penghasilan dari blog anda. Karena masih banyak jalan lain untuk menuju kesuksesan jika anda mau tekun dan berusaha.

Jika blog anda memiliki lalu lintas pengunjung yang banyak, pengiklan dapat datang langsung kepada anda dan meminta anda untuk menempatkan iklan mereka di situs anda. Atau anda juga dapat menghubungi pengiklannya sendiri.

iklan mandiri
- salah satu contoh bentuk iklan mandiri -

Perbedaan terbesar dari cara ini adalah bahwa tidak ada orang tengah (ketiga), yang berarti anda dapat mengatur tarif iklan anda sendiri.

Menjual iklan pribadi dapat berbentuk banner, tombol, atau link. Anda bahkan dapat memperoleh penghasilan dengan menuliskan sebuah postingan pengiklan dengan melakukan review terhadap produk atau jasa yang mereka miliki. Pilihan lain adalah menuliskan sebuah artikel seri tanggung tentang topik apa saja, tapi anda harus memasang url website mereka di konten blog anda.

Memperoleh uang dari iklan mandiri memang bervariasi. Misalnya, anda mengenakan biaya satu kali untuk link dalam post, atau bisa juga membebankan biaya pasang iklan di blog anda secara bulanan.

Bonus tips!
- Untuk memaksimalkan pendapatan anda, anda juga dapat memilih untuk menjual ruang sponsor dalam newsletter, podcast, dan video anda.


3. Sertakan Link Afiliasi di Konten

Afiliasi pemasaran juga alat yang hebat untuk mendapatkan penghasilan dari blog anda.

Berikut adalah bagaimana afiliasi pemasaran bekerja :
  • Pengiklan memiliki produk, dia ingin menjual. Dia setuju untuk memberikan komisi dari setiap penjualan jika pembeli datang dari situs anda.
  • Dia memberikan anda sebuah link unik yang melacak kode afiliasi anda. Dengan begitu, dia tahu ketika pembeli menggunakan link anda untuk melakukan pembelian.
  • Anda menyertakan link afiliasi anda di situs anda. Anda dapat melakukan ini secara langsung dengan memasangkan url dia di dalam konten atau melalui url iklan banner.
  • Jika pembaca mengklik link unik anda dan membeli produk atau mendaftar ke dalam program mereka yang telah anda rekomendasikan, nantinya anda akan mendapatkan persentase dari penjualan atau pendaftaran yang melalui link afiliasi anda.
Anda dapat memanfaatkan pemasaran afiliasi melalui jaringan iklan seperti Linkbucks, Adfly, PopAds, PopCash, Amazon Associates, atau anda dapat membuat kemitraan swasta dengan pengiklan dan pebisnis dengan program afiliasi ini.


4. Jual Produk Digital

Jika anda lebih suka untuk tidak mengiklankan produk orang lain di blog anda, atau jika anda ingin mencari aliran pendapatan lain, mungkin anda dapat mempertimbangkan menjual produk digital. Hal ini dapat mencakup item seperti:
  • E-Book
  • Kursus online / lokakarya
  • Gambar, video, atau musik
  • Aplikasi, plugin, atau template
Yang perlu anda ingat bahwa jika anda sudah memilih salah satu jalan tersebut, anda HARUS membuatnya relevan dan berguna untuk pembaca anda. Karena banyak blogger membuat kesalahan dengan asumsi mereka. Jika perlu, anda bisa mengembangkan sebuah produk itu untuk para pembaca yang membutuhkan atau yang meminta, dan kemudian menciptakan produk digital yang lebih baik supaya memenuhi kebutuhan mereka. Jadi, jangan sampai anda salah jalan.


5. Alat Pemasaran Konten untuk Bisnis Pribadi

Anda bisa menjual produk fisik di blog anda untuk meningkatkan omset anda. Anda bisa menjual produk buatan tangan, buku, produk manufaktur, dan banyak lagi. Atau anda mungkin sudah memiliki bisnis dan memutuskan untuk memulai sebuah blog untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan setia.

Katakanlah, misalnya anda ingin menjual sebuah tas buatan anda sendiri dari rumah. Anda bisa menggunakan blog untuk menarik pengunjung ke situs web anda. Di dalam blog itu, anda tampilkan seluruh karya tas anda, entah berupa foto atau video. Anda juga perlu untuk mendeskripsikan produk anda, entah: bahan yang digunakan, harga, dan lainnya.

Saya tau bahwa anda sangat berharap produk yang anda tawarkan dapat laku terjual, tapi disisi lain dengan berjalannya waktu hal tersebut ternyata juga dapat membantu anda dalam membangun sebuah merek atau mendapatkan pengakuan dari pembeli maupun pebisnis besar.

Konsep ini juga dapat diterapkan untuk semua layanan jenis industri. Misalnya, jika anda menawarkan jasa perbaikan tas sebagai lawan produk fisik anda, maka anda masih bisa menggunakan konsep blogging yang sama untuk meningkatkan kesadaran merek dan menjaring banyak klien.


6. Menjual Keanggotaan

Pilihan lain untuk membuat uang adalah menjual keanggotaan ke sudut eksklusif dari situs anda. Misalnya membuat blog karir, mungkin biaya yang anda kenakan untuk menjadi anggota blog anda sekitar 100 ribu per bulan untuk mendapatkan akses penuh. Contohnya seperti sebuah blog bisnis startup yang menjual keanggotaan ke forum mereka, di mana orang yang terdaftar sebagai anggota bisa mendapatkan saran pribadi tentang bisnis mereka.

Kuncinya di sini adalah bahwa keanggotaan eksklusif anda harus lebih dihargai daripada seorang pengunjung biasa yang dapat menemukan secara gratis di tempat lain. Jadi, pastikan bahwa anda selalu mengembangkan sesuatu yang bernilai dan layak dihargai tinggi oleh anggota anda.


7. Gunakan untuk Membangun Kredibilitas Anda Sendiri

Jika Ngeblog anda gunakan untuk membangun kredibilitas, maka anda memiliki banyak peluang untuk memperoleh profit. Sebagai contoh, anda membuat blog bertemakan industri keuangan. Orang kemudian datang dan mulai membaca konten anda. Karena konten yang anda buat sangat menarik dan mulai diminati, beberapa bulan kemudian blog anda menjadi sangat populer. Dan sekarang, anda adalah sosok yang diakui oleh orang-orang yang bergerak di industri keuangan.

Setelah anda memiliki otoritas itu, orang mungkin mendekati anda untuk bersama-sama menulis buku tentang manajemen utang, bisa menjadi pembicara di konferensi, atau menjadi pelatih karyawan baru di sebuah industri keuangan pada hari pelatihan. Hal ini tentunya bukanlah efek langsung dalam memperoleh penghasilan dari blog, tapi hal ini telah bekerja untuk banyak blogger terkenal, dan pastinya juga dapat bekerja untuk anda.

Yang perlu anda tahu bahwa sebuah blog populer telah terjual 4-7 angka (dalam bentuk dollar) atau bisa lebih. Karena blog populer yang terjual itu, menjual hasil brand dan konten menarik mereka.


8. Mengikuti Kontes SEO

Banyak sekali kontes SEO yang diadakan oleh pemilik web bisnis supaya website mereka dapat memperoleh banyak pengunjung dari blog peserta. Pastinya dalam membuat lomba mereka mengeluarkan iming-iming uang atau produk gratis sebagai hadiah. Nah, apabila ingin memperoleh hadiah dari cara ini tentunya anda harus menang. Disini, keahlian SEO anda juga dapat diasah dan dibuktikan.


Nah itulah 8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Milik Anda Sendiri yang dapat saya sampaikan. Hal terpenting yang perlu anda ingat adalah bahwa memperoleh profit dari sebuah blog tidak akan bisa jika anda mendiamkannya. Jika anda selalu bergerak membangunnya, 'mereka' (uang) akan datang ke pelukan anda. Dan kebanyakan blogger akan melihat lonjakan pendapatan selama beberapa bulan (kadang-kadang bisa bertahun-tahun) setelah memulai awal aktivitas ngeblog mereka.


Perlu Anda Coba Juga!

blogging error

Hmmm... sebelum anda menyelam terlalu dalam ke dalam dunia per-blogging-an, ingat sedikit saran dari saya berikut:

a. Buatlah Konten yang Berkualitas

Anda tidak akan memperoleh penghasilan dari blog jika orang tidak membacanya, makanya konten anda harus berkualitas. Setelah trafik blog naik, apakah pembaca akan mengklik iklan atau membeli produk anda itu tidak perlu dirisaukan. Yang pasti, anda harus selalu menempatkan pembaca sebagai seorang raja dan anda adalah seorang pelayan.

b. Jangan Menghabiskan Waktu Anda Secara Eksklusif pada Blog Anda

Mengembangkan blog untuk sukses perlu membangun sebuah hubungan atau relasi. Hal ini dilakukan agar anda dapat mencakup hubungan dengan sponsor, mitra afiliasi, atau blog lain yang akan mengarahkan lalu lintas pada blog anda. Pastikan luangkan waktu anda untuk dihabiskan di forum dan situs orang lain (atau apa pun yang bekerja untuk anda) agar bisa membantu membangun sebuah hubungan atau backlink menuju blog anda.

d. Bagikan Postingan Baru atau Lama ke Publik

Postingan atau artikel baru dan lama dipublikasikan ke publik supaya orang lain membacanya. Cara paling gratis adalah anda bisa membagikannya melalui akun social media.

c. Jangan Takut untuk Bereksperimen

Jangan takut untuk bereksperimen atau mengembangkan metode baru untuk melihat apa yang terbaik untuk blog anda dan pembaca anda. Anda bisa membaca dan mengikuti banyak tips dari blogger lainnya yang tersebar di internet atau sharing secara langsung. Dan akan ada waktunya, dimana eksperimen anda akan menemui titik terang.


Kesimpulan!

Mencari uang dari aktivitas ngeblog memang perlu banyak ketekunan dan waktu, tetapi itu semua dapat melunasi usaha dalam jangka panjang jika anda mau. Dan yang perlu diingat juga bahwa anda tidak harus menggunakan semua uang anda untuk membiayai blog anda. Atau anda bisa saja malah sukses apabila bekerja di luar dunia 'ini' (blogging). Maka itu, Pertimbangkanlah kembali!
Seiring berjalannya waktu, anda akan belajar apa yang bekerja untuk anda dan apa yang tidak. Jika anda kembali dan ingin sekali mendapatkan uang dari blog, pilihan mana yang akan anda pilih? Semua ada pada keyakinan anda.


Baca Juga:


Sekian dari saya. Semoga beberapa cara yang telah saya sebutkan di atas dapat membantu menerangi jalan hidup anda dan anda bisa mendapatkan manfaat dari aktivitas ngeblog. Amin.

Terimakasih telah membaca artikel dan mampir di blog ini. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
8 Cara Menghasilkan Uang dari Blog Pribadi 2017
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top