Saturday, August 27, 2016

Sudah Tidak Ada Batas Maksimal Jumlah Unit Iklan Google Adsense Per Halaman

Dua hari yang lalu (akhir Agustus 2016) tersiar kabar bahwa google sudah tidak menetapkan limit / batas maksimal jumlah unit per halaman di setiap situs website / blog para penerbit iklan AdSense. Itu artinya berapa pun jumlah iklannya, mau menggunakan ukuran apapun, dan mau pilih modelnya yang mana, kita bebas menggunakannya. Dan setelah saya cek di Ad placement policies, ternyata memang benar adanya. Bukan hoax atau isu belaka. Hal ini pastinya membuat banyak publisher/penerbit merasa senang dengan berita ini.

Apabila anda cermat, anda dapat melihat di Ad placement policies saat ini, bahwa bagian 'ad limit per page' telah dihapus. Atau batasan seperti:
  • Maksimal tiga unit AdSense untuk konten
  • Maksimal tiga unit tautan
  • Maksimal dua kotak telusur
Dan sekarang telah digantikan dengan bagian baru, yang berjudul 'valuable inventory', yang memperingatkan kepada pemilik situs untuk tidak membiarkan jumlah iklan pada halaman web mereka melebihi jumlah konten yang sebenarnya. Hal tersebut dapat membatasi atau menonaktifkan iklan Google yang disajikan pada halaman sampai perubahan yang sesuai dibuat.

no limit unlimited units adsense google aug agustus 2016

Apa alasan dibalik penghapusan batas maksimal iklan AdSense per halaman oleh google?

1. Meningkatkan Konten Web

Alasan utama dibalik perubahan ini adalah untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kualitas konten dan iklan. Daripada anda melihat perubahan ini sebagai limit iklan yang dihapus, lebih baik anda fokus dan mengambil masalah ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas keseluruhan konten di web.

Kebanyakan penerbit melakukan pemecahan konten ke dalam beberapa halaman menggunakan slideshow karena batas limit unit per halaman. Menghapus batas pada jumlah iklan yang dapat ditempatkan pada satu halaman diharapkan agar konten yang berbasis slideshow dapat berkurang, dan akhirnya akan muncul lebih banyak konten yang berkualitas tinggi.


2. Mendorong Penerbit untuk Melakukan Test Unit Iklan Baru

Google baru-baru ini telah memperkenalkan unit iklan ramah versi seluler baru / PLA (Page Level Ads). Namun ternyata, banyak dari penerbit yang ragu-ragu untuk menguji unit iklan baru tersebut. Mereka bersikeras dan tidak mau merubah setiap unit iklan yang saat ini mereka tempatkan / pasang di blog mereka. Mereka berasumsi, jika menghapus salah satu unit iklan yang mereka gunakan saat ini, dapat berpotensi menyebabkan kerugian pendapatan.

Menyadari hal ini, Google membuat keputusan untuk memikirkan kembali kebijakan batas iklan dengan harapan bahwa lebih banyak penerbit akan mulai menggunakan iklan seluler baru.


3. Menjaga Kemitraan dengan Perusahaan yang Menggunakan Jasa Periklanan Google

Perusahaan yang telah membayar untuk beriklan melalui unit iklan seluler merasa tidak menerima pengembalian investasi maksimum jika penerbit tidak memanfaatkan iklan seluler di pasang di web mereka. Bagi perusahaan, penerbit adalah komponen terpenting dari iklan; jika penerbit tidak menampilkan iklan maka perusahaan akan cenderung untuk tidak memilih jalur seluler.

Google melihat masalah ini, dimana kemitraan dengan perusahaan harus mereka utamakan. Sehingga dengan cara unlimited unit iklan ini, para perusahaan dapat terpuaskan oleh program kerja google.



Yang perlu publisher ingat!

Walau sekarang tidak ada batasan penayangan jumlah iklan yang dapat ditempatkan pada satu halaman, bukan berarti penerbit dapat menyalahgunakan hak istimewa iklan mereka.

Para penerbit diharapkan untuk tidak membuat lautan iklan di dalam blog mereka, karena hal tersebut hanya akan menurunkan kualitas situs mereka. Jika pengunjung yang datang malah dibanjiri dengan terlalu banyak iklan, hal buruknya, pengunjung dapat langsung meninggalkan halaman web mereka, yang pada gilirannya akan mempengaruhi penghasilan penerbit untuk menguangkan hasil pemasangan iklan adsense mereka.

Meskipun tidak ada lagi batas yang tepat pada jumlah iklan yang dapat digunakan pada satu halaman, anda harus bisa menyeimbangkan antara iklan dan konten asli. Menggunakan jumlah iklan yang berlebihan, masih dapat menyebabkan pelanggaran kebijakan penerapan iklan Google, yang nantinya akan mengakibatkan Google membatasi atau menonaktifkan akun iklan penayang.



Sekian informasi seputar kebijakan baru penerapan batas maksimal iklan google adsense setiap satu halaman situs web / blog. Semoga yang sedikit ini bermanfaat bagi anda, khusunya publisher adsense. Maaf jika ada salah dalam penyampaian atau penulisan. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Sudah Tidak Ada Batas Maksimal Jumlah Unit Iklan Google Adsense Per Halaman
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -