Wednesday, September 14, 2016

Adsense dan Pop Under dalam Satu Situs Website / Blog - Aman atau Tidak ?

Jika anda membuka artikel ini, berarti saya anggap bahwa anda sudah tau atau mengerti apa itu Adsense dan apa itu Pop under.

Lanjut,

Adsense memiliki kebijakan program, salah satunya yaitu Perilaku Situs, yang bunyinya:
Situs yang menampilkan iklan Google harus mudah dinavigasi oleh pengguna. Situs tidak boleh mengubah preferensi pengguna, mengalihkan pengguna ke situs web yang tidak diinginkan, memulai pengunduhan, menyertakan perangkat lunak jahat, atau berisi jendela munculan atau pop-under yang mengganggu navigasi situs.
Screenshoot!
pop under dan adsense

Apabila anda paham maksudnya, berarti anda tau harus berbuat apa, kan?


Artikel ini adalah pendapat saya pribadi. Anda Suka atau Tidak, saya tidak peduli.


Oke, lanjutkan membaca.

meme adsense versus with pop-under

Mungkin anda memiliki pertanyaan,

Apakah akun adsense akan aman jika menggabungkan iklan pop under dan adsense di dalamnya?

Saya jawab,

Jelas tidak aman. Kebijakan program adsense sendiri sudah menyebutkannya dengan secara jelas bahwa itu tidak bisa ditolerir lagi. (baca gambar di atas sekali lagi) Jadi, jika anda ketahuan melanggar, sanksi berupa banned pada akun adsense anda adalah hal yang wajar.


Kebijakan itu dibuat bukan berarti bahwa pihak Google membenci pihak penyedia iklan pop under. Jelas, bukan itu alasannya. Menurut saya, Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa nyaman ketika mereka surfing di situs anda. Di sisi lain, kita tidak tau iklan apa yang akan muncul dalam pop under tersebut. Bisa saja yang muncul malah membawa virus, malware, atau file unduhan otomatis jika di klik oleh pengunjung, seperti yang sudah dijelaskan pada kebijakan di atas. Maka demikian, pihak google yang baik hati menciptakan kebijakan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu.


Lalu, Kenapa masih banyak situs yang aman-aman saja melakukan penggabungan dua iklan tersebut. Sampai sekarang pun iklan adsense mereka masih tampil?

Seharusnya, akun adsense mereka terkena ban. Karena aturan atau kebijakan itu sudah sangat jelas. Tapi, bisa jadi ini adalah masalah pada bot adsense. Kita tau kan, bahwa sebuah mesin diciptakan tidak akan pernah sempurna. Pasti ada celah atau kesalahan didalamnya ketika merayapi sebuah situs. Kita pikir saja, lha manusianya sendiri saja tidak sempurna, apalagi mesin ciptaannya? LOL.

Untuk kasus yang satu ini saya tidak bisa mengatakan bahwa akun mereka bakalan aman di bulan pertama atau beberapa bulan berikutnya. Karena sebagian dari kita tau bahwa hal yang dianggap sepele seperti ini, bisa jadi senjata pembunuh yang paling sadis untuk diri kita sendiri. Jadi, jangan sampai suatu saat anda berkata pada diri sendiri bahwa "anda menyesal dan bodoh" karena menduakan adsense secara tidak 'sopan' (mengingkari janji).

meme adsense account banned akun

Di sini bukan berarti saya menakut-nakuti anda, saya hanya menulis berdasarkan apa yang sudah tertera. Saya hanya memberi tahu dan mencoba menjelaskan dengan cara saya, bukan berarti saya memaksa anda untuk tidak melakukannya. Anda boleh pasang dua-duanya dalam website / blog anda, tapi siap-siap saja menanggung risikonya.


Sebelum saya mengakhiri postingan ini, saya ingin berbagi info sedikit:
Setelah saya browsing dan membaca cerita blogger yang punya akun adsense, kemudian akun nya di ban. Kebanyakan dari mereka mengalami efek buruk, diantaranya:


  • Jadi malas posting,
  • Malas mengajar mahasiswanya,

  • Intinya, seperti anda kehilangan seseorang atau sesuatu yang paling anda cintai. Begitu.


    So. Silakan anda pikirkan lagi, sebelum nasi benar-benar menjadi tah*i. Jadilah orang cerdas ya bro / sis!


    ---------

    Sekian dari saya. Semoga yang sedikit ini dapat mencerahkan hidup anda kedepannya. Amin.

    Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
    Adsense dan Pop Under dalam Satu Situs Website / Blog - Aman atau Tidak ?
    author
    Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
    X