Wednesday, September 7, 2016

6 Alasan Bisnis Kecil Harus Memiliki Situs Website / Blog Sendiri

Memiliki situs website atau blog sendiri memang tidak mudah mengurusnya dan beberapa orang menggunakan website untuk tujuan lainnya. Ada yang sekedar untuk menyalurkan hobi, ingin terkenal, dan memperoleh penghasilan dari situs web blog mereka.

Apakah anda memiliki bisnis kecil-kecilan? Misal, jualan pernak pernik kamar tidur, distributor kosmetik kecantikan, agen pulsa, atau usaha kecil lainnya. Pastinya dari bisnis tersebut anda sangat berharap bahwa produk (barang atau jasa) yang anda tawarkan laku keras serta ingin dikenal banyak orang, bukan?

Saat ini kita hidup dalam era emas internet. Dalam dunia usaha ada beberapa pihak yang sangat populer membantu dalam hal pemasaran produk-produk milik anda. Disini, Google Adwords adalah raja dan Facebook Ads adalah ratu dalam melakukan promosi atau memamerkan produk anda hingga ke seluruh dunia.

Karena anda sudah terlanjur menuju artikel ini, pastinya anda sudah tau alasannya. Karena judul artikel ini sudah cukup jelas sekali, bukan?

Langsung saja,

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis kecil memiliki sebuah situs website atau blog:

internet marketing online bisnis

1. Selalu membantu mempromosikan produk anda setiap waktu

Internet tidak memiliki jam tutup pada hari minggu atau hari libur. Dan pada kenyataannya, tidak akan pernah ditutup untuk memperoleh informasi sebuah bisnis. Dengan begitu, anda benar-benar dapat menjangkau pelanggan anda setiap jam, setiap hari, atau sepanjang tahun.

Pikirkan tentang hal ini:
Bahkan ketika anda sedang terlelap tidur website anda secara otomatis akan selalu membantu anda dalam melakukan promosi dengan bisnis yang anda miliki dan itu semua gratis.


2. Reputasi adalah segalanya

Beberapa orang percaya bahwa sebuah bisnis tanpa sebuah situs web tidak akan dipercaya dalam mengurus sebuah bisnis. Memiliki situs web sendiri tidak hanya membuat usaha anda terlihat profesional, namun juga membuat usaha anda dianggap sebagai usaha kecil yang dapat dipercaya.

Coba saja anda lirik 'tetangga sebelah', pasti diantara mereka memiliki website untuk melaporkan atau memberikan informasi tentang bahan, keunggulan, harga, atau keunikan produk mereka kepada publik. Dan jangan kaget jika pelanggan mereka adalah orang-orang yang tinggal di berbeda negara.


3. Membuat kesan yang baik

Mungkin dalam mengurus usaha ini anda bekerja serba sendiri atau merasa malu jika bertemu orang-orang karena merasa bahwa usaha anda masih kecil, sehingga mengganggu anda dalam hal promosi. Maka itu anda butuh yang namanya situs yang nantinya dapat membantu anda dalam hal promosi secara online. Namun dalam pembuatan situs anda pun tidak boleh asal-asalan, karena yang terjadi malah menutup pintu rezeki anda.

Untuk membuat kesan yang baik, desain situs anda harus terlihat menarik dan rapi. Ketika anda sudah merancang situs anda dengan baik, saat pengunjung pertama anda datang karena penasaran dengan bisnis anda disini tampilan website akan memberikan kesan pertama yang baik.

Memiliki sebuah website yang terlihat rapi dan menarik, tidak dipungkiri bahwa akan meningkatkan kredibilitas anda terhadap pelanggan yang potensial, dan kemungkinan mereka bersedia untuk membeli produk yang anda tawarkan.


4. Akses dari mana saja

Sebuah website tidak hanya dapat diakses setiap hari, namun biasanya juga dapat di akses pada setiap perangkat, baik itu PC, ponsel, atau tablet (tergantung keseriusan anda dalam mendesain situs). Orang akan memeriksa ponsel mereka di mana saja, di sofa, di tempat tidur; dengan situs web anda sendiri. Sehingga anda dapat meningkatkan jangkauan usaha anda lebih jauh lagi.


5. Timbal balik pelanggan

Mendengarkan kritik, saran, atau komplain pelanggan bisa bermanfaat bagi usaha yang anda buat. Keluh kesah mereka bisa anda ketahui ketika mereka berkomentar melalui kolom komentar, buku tamu, dan formulir kontak situs anda. Sehingga pengunjung anda dapat meninggalkan umpan balik, dan anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana untuk berkomunikasi dengan mereka.


6. Ditemukan secara online

Orang menggunakan mesin pencari (terutama Google) ketika mencari sesuatu di internet. Bisnis anda dapat ditemukan secara online jika anda memiliki website sendiri.


Itulah beberapa alasan mengapa usaha kecil anda harus memiliki sebuah situs, dan tentunya tidak terlepas dari jangkauan internet yang hampir bisa terakses oleh orang banyak di pelosok bumi ini. Mungkin manfaat itu tidak akan terasa pada awalnya, karena sebuah situs baru tidak akan langsung diindeks oleh mesin pencari apabila anda kurang ahli dalam optimasi situs.

Saran saya, silakan anda menyewa jasa optimasi, ikut kelas blogging, atau baca-baca di buku atau internet, supaya situs yang anda buat tidak sia-sia.

Baca Juga:


Sedikit ini yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat, terutama dalam meningkatkan omset anda.

Terimakasih telah berkunjung. Jika ada salah penulisan atau penyampaian mohon dimaafkan. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Alasan Bisnis Kecil Harus Memiliki Situs Website / Blog Sendiri
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -