Template Blogger Simple and Responsive Blog

Sunday, September 4, 2016

6 Alasan Kolom Komentar Video Youtube dan Situs Flat Earth 101 Tidak Dimunculkan

Tidak ada satu orang pun yang boleh membatasi kebebasan orang lain. Semua orang boleh berpendapat. Semua orang boleh mencurahkan isi di dalam otaknya dengan sebuah tulisan, ucapan, media, dan apapun itu. Selama hal tersebut bukan untuk menghina dan memojokkan salah satu/beberapa pihak sehingga menimbulkan fitnah atau pertumpahan darah.

Inilah yang dinamakan sistem DEMOKRASI. Dan itu berlaku di negara kita, yaitu Indonesia.

Anda boleh memberikan kritik, saran, atau komentar, karena itu juga hak anda tentunya.

Sebelum melanjutkannya, saya ingin bertanya kepada anda.

Apakah anda pernah atau punya sebuah ide yang luar biasa, sampai-sampai anda takut menyampaikannya gara-gara ide anda bertolak belakang dengan pandangan kebiasaan orang-orang di lingkungan anda, sehingga anda takut dianggap aneh, tak bermoral, atau bodoh?

Anda tak perlu merasa khawatir dengan hal itu. Karena saya dan kebanyakan orang pun juga memiliki masalah yang sama dengan hal tersebut.

Begitu juga dengan admin flatearth 101, beliau juga memiliki pemikiran dan pendapat yang berbeda dengan kebanyakan orang, bahkan kemungkinan, orang-orang yang memiliki perbedaan pendapat itu lebih banyak dari yang kita alami selama ini. Dan nyatanya, admin flatearth tidak peduli dengan hinaan yang ia dapatkan, bahkan ia malah mau merampungkan video ke sepuluh atau akhir dari cerita dari konspirasi bumi datar. Dan nyatanya, tidak sedikit orang yang setuju dengan pendapat beliau. Ya, sesuatu yang baru pasti akan memunculkan idealisme pro dan kontra, bukan?

Lalu, apa alasan di setiap video yang dipublikasikan oleh admin channel flat earth 101, entah di youtube atau di situsnya tidak dibuka sesi tanya jawab atau kolom komentar? Ini menurut pendapat saya pribadi.

No comment

1. Beliau sadar bahwa akan ada pro dan kontra

Saya tidak akan menjelaskan mengenai bab ini secara mendetail atau lengkap.

Singkatnya, selama hal ini masih baru, pasti tentu akan memunculkan dua idealisme, pro dan kontra. Di samping itu, beliau tidak ingin melihat para komentator melakukan debat kusir tanpa pernah melakukan pengujian secara 'langsung' (bukan dengan perantara media) seperti apa yang selalu ia katakan dalam videonya.


2. Menghindari komentar bernada penghinaan yang tak berdasar kuat

Pernah anda menghina orang? Pasti pernah dong, nggak perlu membela diri. Apa alasan anda menghina orang tersebut? Mungkin karena anda anggap orang itu lucu, aneh, atau anda merasa sok berkuasa.

Namun disisi lain, apakah anda tau alasan yang SEBENARNYA orang tersebut dengan rela menerima hinaan anda? Bagaimana kalau yang sebenarnya, mereka mau menolong hidup anda, menyadarkan anda dari kesalahan, dan membangunkan anda dari mimpi buruk? Pernahkah anda berpikiran seperti itu? Pastinya belum, kan?

Langsung saja. Alasan tersering orang suka menghina (menurut saya) ada tiga:
  • Pertama, karena merasa berkuasa.
  • Kedua, karena menutupi kelemahannya.
  • Terakhir, karena dia Bodoh.
Alasan yang terakhir inilah yang sering orang lakukan, ya, karena ia bodoh, tak terkecuali dengan saya sendiri. Maaf bro / sis, saya sadar diri, tidak seperti anda yang serba munafik. Lol

Saya tau, yang kontra ini pasti kebanyakan adalah orang-orang yang pintar. Pintar soal apa? Pintar soal menutup-nutupi realita yang ada. Anda itu aslinya bodoh, tapi sok memiliki wawasan yang luas, sehingga anda mencari sumber yang menurut anda itu benar, dan menjadikan itu sebagai pegangan yang kuat. Anda percaya dengan sumber itu, tapi anda tak pernah menyelidikinya sendiri, apakah sumber itu asli atau rekayasa. Jika itu yang anda lakukan, berarti saya tidak asal tulis dong? Saya tidak salah, bukan? Anda sebenarnya bodoh?

Yang harus anda percayai sebagai sumber adalah diri anda sendiri, hasil penelitian anda sendiri. Kenapa anda tidak mengkaji ulang? Padahal anda tau bahwa sumber anda itu sudah dianggap HOAX oleh banyak orang, tapi kenapa anda malah keras kepala? Cara bodoh itu kah anda menghina orang? Menghina tanpa dasar yang kuat?


3. Tidak ingin memperlihatkan kebodohan orang di depan publik

Pernah anda melihat atau membaca seseorang yang dibully karena kecerobohannya saat memberikan komentar di sebuah status atau artikel? Pasti pernah dong, karena ini sudah banyak terjadi berulang-ulang, sampai-sampai rasanya ingin muntah karena merasa jijik melihatnya. Lol.

Penyebab orang dibully saat berkomentar ada tiga (menurut saya):
  • Pertama, tidak sesuai dengan topik.
  • Kedua, menghina.
  • Terakhir, memiliki kepribadian ganda alias plinplan atau berubah-ubah pendapat.
Admin flat earth mungkin sudah menyadari bahwasanya sudah banyak kasus bully yang terjadi selama ini. Maka itu, admin tak ingin menampilkan kolom komentarnya.


4. Admin tidak memiliki kepercayaan diri yang sempurna

Orang PD (Percaya Diri) tentunya harus penuh dong. Kalau setengah-satengah, jadinya malah gimana gitu. Kita pede ikut audisi pencarian bakat, tapi pas mau naik ke atas panggung kok jadi nervous ya? Nah, itu lah yang mungkin terjadi dengan admin flatearth 101.

Ia berani mengungkapkan unek-uneknya, tapi ia takut mendapat caci maki dari orang-orang yang beridealisme kontra. Ia juga takut salah jawab ketika menjawab pertanyaan orang lain, yang kemungkinan bisa menjadi celah dari argumen ia selama ini.

Yang intinya, disini si admin kurang PD.


5. Merasa argumennya kurang kuat

Orang kalau punya argumen tapi tidak kuat atau kurang valid dan terlanjur basah menyebarkannya melalui media online, menonaktifkan kotak komentar bukanlah hal yang tabu.

Begitu juga dengan blog saya ini. Saya merasa bahwa apa yang telah saya berikan kepada anda dalam blog ini juga tidak sempurna, makanya di beberapa artikel blog ini saya merekomendasikan anda untuk mencari referensi di luar blog saya ini.

Dari awal saya sudah tuliskan, bukan? Bahwa setiap orang bebas berpendapat selama bukan untuk memojokkan atau menfitnah. Admin flatearth sah-sah saja berpendapat seperti itu. Bahkan anda mau membuat video tentang bentuk bumi itu segitiga, jajar genjang, kotak, atau apalah juga tidak masalah. Toh selama argumen anda kuat tidak memungkinkan bahwa anda akan memiliki pengikut yang terhipnotis dengan cara penyampaian anda.


6. Admin memiliki kesibukan lain

Siapa tau bahwa admin adalah seorang CEO atau Owner sebuah bisnis. Dalam menjalankan bisnisnya agar berhasil tentunya sang admin tidak boleh lepas tangan begitu saja. Terlihat dari jarak posting video beliau yang sangat jauh dan tak menentu.


Jadi, dari apa yang telah saya bagikan hari ini, bukan berarti saya pro dengan admin flatearth bahwa bumi itu datar dan segala sesuatu yang ia kemukakan. Dan bukan juga menjadi kontra dengan beliau. Setiap orang memiliki rahasia, dan saya ingin menyimpannya sendiri.

Dan alasan admin flatearth sengaja menutup komentar, hanya beliau dan TUHAN yang tau. Artikel ini adalah pendapat saya pribadi, bukan berarti saya asal menulis, siapa tau juga ternyata beberapa alasan saya ini memiliki kecocokan dengan pola pikir si admin. Jadi, tidak salah juga kan kalau saya memiliki pendapat sedemikian rupa. Atau bahkan, anda pun juga punya pendapat yang sama dengan pendapat saya ini, mungkin. Namun jika tidak, anda pun boleh membuat pendapat anda dan menyebarkannya, selama pandangan anda tidak menyalahi aturan hukum, oke?


Sedikit ini yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
6 Alasan Kolom Komentar Video Youtube dan Situs Flat Earth 101 Tidak Dimunculkan
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
X