Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Senin, 19 September 2016

Cara Menggunakan 10 Fitur 'Rahasia' Pada Aplikasi Whatsapp Messenger

WA / WhatsApp Messenger adalah sebuah aplikasi chat yang paling populer di dunia dan memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. Pihak mereka secara resmi telah memberikan layanan gratis selamanya kepada para penggunanya pada awal bulan tahun ini. Walau gratis bukan berarti pihak mereka berhenti mengembangkan aplikasi ini, lho.

logo gambar image
Setelah saya ubek-ubek, ternyata banyak fitur-fitur baru yang semakin memudahkan kita untuk melakukan komunikasi dengan seseorang atau lingkup grup. Bahkan, sejak awal tahun ini jumlah fitur yang dihadirkan dalam aplikasi WA telah berkembang dengan pesat. Kira-kira, hampir setiap dua minggu ada fitur baru yang akan ditambahkan ke dalam aplikasi ini.

Beberapa dari anda mungkin tidak menggunakan WA dengan cara yang cerdas. LOL. Tapi anda tak perlu khawatir, saya akan memberitahu beberapa fitur 'Rahasia' dan bagaimana menggunakannya, supaya nantinya anda mendapatkan hasil maksimal dari menggunakan aplikasi ini.

Oke, tanpa banyak basa-basi lagi, silakan anda baca baik-baik tips berikut ini:


1. Bagi yang malas menulis panjang-panjang

Beberapa dari anda pasti ada yang merasa malas ketika mengetik pesan dengan banyak kata atau banyak kalimat. Tidak apa-apa, saya maklumi kok. Karena saya kadang juga begitu. Lol.

WA sudah mengeluarkan alat bantu bagi kita, yaitu 'Mic'. Anda cukup menekan tombol ( ) 'Mic' dan bicara sesuka hati anda. Letak tombolnya berada di pojok kanan bawah di dalam room chat. Saya tidak tau batas maksimal waktu setiap kali menggunakan tombol ini. Pengalaman paling lama memakai 'mic' hanya sekitar satu menit saja.


2. Cari tahu siapa saja yang telah membaca pesan kita dalam obrolan grup

Tidak semua orang membaca pesan kita pada waktu yang sama di room grup. Beberapa dari mereka hanya muncul apabila pesan kita telah dibaca oleh semua orang dalam grup. Tapi sekarang, kita bisa tahu siapa saja yang telah membaca pesan kita dan siapa yang tidak membaca.

Anda hanya perlu menekan dan menahan pesan anda >> lalu pilih opsi (i) 'Info'. Di sana anda juga akan melihat rincian pesan berupa jam dan hari waktu mereka melihat pesan anda.


3. Membalas pesan tertentu

Pernahkah anda dicerca banyak pertanyaan oleh teman atau pasangan anda layaknya pencuri yang tertangkap basah. Belum juga selesai menulis tiba-tiba ada pertanyaan lain yang datang bertubi-tubi, sehingga anda jadi bingung mau balas pertanyaan yang mana dulu? Jika pernah atau sekarang sedang mengalaminya, anda dapat menjawab satu per satu pertanyaan mereka di WA.

Caranya, tekan dan tahan pada pesan yang ingin anda jawab >> pilih tombol ( ) 'balas' >> kemudian ketik dan kirim tanggapan anda.


4. Buat shortcut untuk cara pintas menghubungi kontak yang dianggap penting di layar utama smartphone anda

Shortcut layar utama hp
Anda dapat membuat cara pintas untuk kontak yang anda anggap paling penting untuk tampil di layar utama ponsel anda.

Yang harus anda lakukan adalah pilih menu Chats >> tekan dan tahan kontak yang ingin anda pilih >> ikon tiga titik ( ) di pojok kanan atas >> tambah chat Shortcut. Dan sekarang anda dapat melihat shortcut kontak yang anda pilih tadi di layar utama ponsel anda.


5. Merubah style tulisan

Anda dapat merubah beberapa style / gaya pada tulisan chat anda menjadi huruf tebal (bold), miring (italic), dan garis yang memotong kata atau kalimat (strikethrough).

Change font style

Anda hanya perlu menambahkan tanda atau simbol di depan dan di belakang kata atau kalimat yang ingin anda rubah, seperti ( * ) untuk menebalkan, ( _ ) untuk memiringkan, dan ( ~ ) garis memotong.


6. Menonaktifkan pemberitahuan grup yang dianggap bising dan menjengkelkan

Ketika anda asyik bermain game, tiba-tiba permainan anda jadi lemot. Kemudian muncul notifikasi dari grup WA yang anda ikuti. Dan ternyata notifikasi itu muncul berulang-ulang dan membuat anda jadi jengkel.

Inilah yang perlu anda lakukan untuk menonaktifkan notifikasi pemberitahuan yang menjengkelkan bagi anda. Pertama, masuk ke room grup >> tekan pada nama grup >> pilih Mute / Bisu >> dan kemudian, pilih berapa lama anda ingin menonaktifkan pemberitahuan grup tersebut.


7. Membuat pesan Broadcast

Suatu ketika anda punya restoran baru yang ingin di launching, dan anda ingin memberitahukan lokasi dan waktu pelaksanaannya kepada seluruh kontak yang ada pada nomor ponsel anda atau beberapa teman anda.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur ini. Masuk ke menu Chats >> tekan tombol menu ( ) >> dan kemudian pilih New broadcast >> setelah itu, pilih kontak yang ingin anda kirimi pesan.


8. Kirim peta lokasi anda atau lokasi pertemuan

Hal ini dilakukan agar orang tahu di mana anda berada dan untuk memberitahukan kepada mereka mengenai letak lokasi pertemuan atau lokasi acara yang anda buat.

Untuk melakukan ini, masuk ke room chat pribadi atau grup >> ketuk ikon paperclip ( ) >> dan kemudian kirim lokasi anda atau lokasi pertemuan anda. Tapi sebelumnya, GPS atau fitur lokasi pada masing-masing smartphone anda harus diaktifkan terlebih dahulu untuk menggunakan fitur send location di WA.


9. Membuat wallpaper pada setiap chat

Anda dapat mengubah wallpaper chat WA anda per setiap kontak atau grup. Hal ini dilakukan karena mungkin anda ingin menciptakan suasana baru pada room chat anda.

Lalu cara mengubahnya adalah sebagai berikut: Pertama masuk room chat >> pilih ikon tiga titik ( ) pojok atas >> pilih gambar di beberapa pilihan yang ada, entah di hp, WA, default, dan lain-lain >> simpan.


10. Fitur ikon pencarian di setiap Menu menghasilkan hasil yang berbeda-beda

Jika anda masuk ke aplikasi WA maka anda akan melihat tiga menu berjejer: Call, Chat, dan Contact. Dari ketiga menu tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri, anda pun mungkin sudah tau. Nah, tapi ada fitur tersembunyi yang mungkin belum anda sadari.

Silakan tekan ikon cari ( ) pada setiap menu. Kemudian anda cermati perbedaan hasil pencarian di setiap menu tersebut.



Itu dia beberapa fitur 'rahasia' yang perlu anda tahu dan dapat anda gunakan dengan mudah.

Mungkin beberapa dari anda ada yang sudah tahu beberapanya, jadi menganggap sudah bukan rahasia lagi. Ha...ha.. Tapi, beberapa dari 10 fitur yang sudah saya sebutkan di atas belum tentu semuanya anda tahu, bukan? Makanya, kata rahasia saya beri tanda kutip, yang artinya kerahasiaan itu hanya berlaku bagi yang belum mengetahui atau 'asal pakai" saja. Toh, pihak WA juga tidak memberikan informasi dalam websitenya mengenai fitur-fitur keren ini.


Silakan anda ubek-ubek lagi setiap WA melakukan update terbaru, maka anda akan menemukan fitur-fitur baru yang memungkinkan anda untuk lebih nyaman, mudah, dan cepat dalam melakukan aktivitas per-chatting-an, pastinya dalam aplikasi ini pula.

Baca Juga:


---------

Sekian sedikit informasi mengenai Cara Menggunakan 10 Fitur 'Rahasia' Pada Aplikasi Whatsapp Messenger yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai aplikasi ini.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Cara Menggunakan 10 Fitur 'Rahasia' Pada Aplikasi Whatsapp Messenger
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top