Saturday, September 10, 2016

Hargai Pengunjung Jika Website / Blog Anda Ingin DiHargai Mahal

Dalam dunia blogging, saya akui bahwa banyak dari blogger dimanapun ia berada ingin sekali mendapatkan penghasilan atau uang dari situs mereka. Mereka rela melakukan apapun bahkan dengan cara yang kotor sekalipun. Tak heran jika beberapa dari mereka ada yang memperoleh hasil, namun ada yang tidak, bahkan malah minus.

Kita tahu bahwa apa yang kita kerjakan akan menghasilkan angka 50%:50%. 50% untuk berhasil, dan 50% untuk kegagalan. Sedangkan jika tidak berbuat apa-apa atau tidak pernah mencoba sama sekali karena mungkin takut, hasilnya sudah jelas bahwa kita 100% GAGAL. Dan setiap kita melangkah pasti ada risiko di balik itu semua.

Hargai Pengunjung Jika Situs Website Blog Anda Ingin DiHargai Mahal

Anggap saja anda sudah memiliki sebuah situs, entah personal, grup, komunitas, atau perusahaan. Dan anda tertarik untuk memperoleh penghargaan dari situs anda, entah itu berupa materi, kepopuleran, atau kepercayaan.

Jika anda benar-benar tertarik dengan hal itu, saran saya, HARGAI PENGUNJUNG anda. Anggap MEREKA ADALAH SEORANG RAJA, dan menjadi seorang pelayan ANDA WAJIB untuk MELAYANI MEREKA dengan BAIK. Visitor is Spirit!

Kata atau kalimat yang saya capslock dan bold di atas bukan karena emosi, melainkan sebagai penekanan saja.


Perhatian! Artikel ini hanya khusus blognya ingin memiliki pengunjung banyak, bukan yang menulis karena hanya sebatas hobi. Tapi jika anda penasaran, silakan anda teruskan membacanya.


Lalu, Bagaimana cara melayani mereka?


1. Buat Template yang User Friendly, karena ini adalah Citra yang bisa kita bangun pertama kali

Kebanyakan dari mereka akan tertarik membaca konten anda jika tampilan situs anda rapi, fast loading, dan tidak merusak mata. Intinya satu, please jangan Alay!

Sedikit curhat,

Ketika memiliki blog baru, saya akui bahwa saya senang sekali menambahkan widget-widget atau aksesoris pada blog ini. Jadi kelihatan lucu, unik, dan menggemaskan. Tapi itu dulu, ketika saya hanya hobi menulis dan belum berharap mendapatkan pengunjung. Dan setelah saya ingin adanya sebuah pengunjung dalam blog ini, kemudian saya mulai berpikir, apa gunanya aksesoris atau widget yang tidak berguna itu, malah membuat blog saya lemot dan terlihat main-main. Ya, itu hanya pandangan saya, mungkin berbeda dengan anda.

Beberapa ciri template yang user friendly (menurut saya):

a. Mudah ternavigasi

Seperti pembuatan menu, kotak penelusuran, halaman About, Privacy, Contact, Social Media, Sitemap, dan lain-lain. Hal ini diperlukan agar pengunjung mudah untuk mencari informasi lain yang ada dalam situs anda. Misalnya ada pihak yang ingin menitipkan iklan di situs anda, mereka dengan mudah akan menemukan kontak anda yang bisa mereka hubungi. Maka itu, buatlah navigasi yang menurut anda perlu anda tunjukkan dalam situs anda. Tergantung bentuk situsnya juga sih, sebuah Website atau sekedar Blog, karena website biasanya lebih lengkap daripada blog.

b. Kecepatan membuka halaman

Ketika anda membuka sebuah situs saat mencari informasi, pasti rasanya ingin cepat-cepat mendapatkan info tersebut. Tapi saat dibuka, loadingnya lama, padahal koneksi anda lancar jaya. Alhasil karena malas menunggu, keluar dari situs tersebut.

Begitu juga jika situs anda ingin dibaca orang lain. Anda tidak ingin pembaca kabur begitu saja tanpa pernah membaca konten yang telah anda tulis berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Rasanya jadi sia-sia atau rugi.

Penyebab loading lama dapat disebabkan oleh kebanyakan script, server hosting, dan size gambar. Untuk mengkompres script, anda bisa menggunakan Tools Compres Script, dan untuk mengkompres gambar, anda bisa gunakan Compress JPEG.

c. Responsive

Pembaca juga harus bisa mengakses situs anda dengan banyak perangkat, entah PC, Mobile, atau Tablet. Karena kita tahu, semakin ke sini era teknologi sangat mendominasi, dan berarti situs anda juga harus mengikuti arus tersebut apabila ingin dihargai lebih tinggi.

d. Rapi

Ini sangat jelas sekali, bukan? Karena ini menentukan dari apa yang telah saya sebutkan sebelumnya. Jika situs anda sudah Memiliki navigasi baik, loadingnya cepat, dan responsive, tapi ternyata pas di akses tampilannya berantakan, seperti: judul blog malah di tengah isi konten, pasang iklan asal-asalan sampai menutupi konten, pokoknya acak-acakan, otomatis ya maaf, orang yang datang jadi malas membacanya dan kabur begitu saja.


2. Buatlah konten artikel yang Berkualitas

Kenapa harus berkualitas?

Karena ini salah satu cara dimana anda ingin pembaca anda tidak hanya sekedar membaca kemudian pergi begitu saja, akan tetapi juga membuat mereka menjadi pelanggan setia di situs anda.

Saya paham, mungkin diantara anda adalah orang baru di bidang menulis online, sehingga tulisan anda masih hancur, begitu pun saya. LOL. Dan di sini, pengalaman dan kebiasaan memang diperlukan, sehingga nantinya situs anda tidak dianggap remeh.

Beberapa ciri artikel berkualitas (menurut saya):

a. Konten Original

Keaslian tulisan anda merupakan sesuatu yang bermanfaat untuk kedepannya. Bayangkan jika konten anda semua hasil copy paste, pasti anda bakal susah menemukan ide, dan suatu ketika akan datang rasa penyesalan yang akan menghantui hidup anda karena melakukan sebuah kecurangan.

Di sisi lain, pengunjung dan search engine menyukai artikel yang original, karena dianggap fresh walau kadang isinya ya hampir sama dengan artikel milik orang lain. Itu sebabnya anda diwajibkan untuk bisa membuat konten yang original tapi tetap berkualitas.

b. Tidak Menipu

Kita sama-sama tahu bahwa ada beberapa blogger dengan sengaja membuat Judul Post berbeda dengan isinya. Alasannya, agar orang tertarik untuk datang membacanya, namun yang didapat orang tersebut malah tidak sesuai dengan harapan, alhasil kesal dan menyumpahi pemilik beserta situs tersebut. Mungkin, 'anda' (blogger) juga pernah melakukan penipuan tersebut, ya kan?

Apabila anda mencintai situs anda, saya sarankan kepada anda untuk tidak melakukan penipuan apapun, karena itu akan merugikan anda sendiri. Dan anda pun akan gagal meraih penghargaan dari pembaca maupun 'adsense atau afiliasi lain' (jika anda mengikutinya). Santai, selama anda bersikap baik, maka kebaikan itu akan kembali pada diri anda sendiri, seperti gelombang yang tercipta dari batu yang di lempar ke dalam kolam. Ya intinya, Apa Adanya, Bukan Diada-ada.

c. Menjawab Pertanyaan mereka

Kebanyakan orang kalau browsing pasti mencari sebuah jawaban, dari harapannya jawaban tersebut terjawab tanpa harus buka situs yang lain. Maka itu, buatlah konten yang jelas, lengkap, pokoknya menjawab.

Saya akui bahkan saya pun masih ragu dengan konten yang saya share bisa menjawab pertanyaan pembaca atau tidak. Walaupun telah berkali-kali saya baca ulang sebelum saya publikasikan. Dan untuk mengurangi keraguan itu, tak jarang saya mengucapkan basmallah bersamaan dengan klik tombol 'Publish', harapannya supaya konten saya mendapat bantuan dari ALLAH SWT.


3. Sediakan Kolom Komentar 'jika perlu'

Mungkin bagi anda yang membuat blog untuk memperkenalkan bisnis kecil anda, hal ini sangat saya rekomendasikan, dengan catatan anda siap menerima komplain pelanggan dan kata-kata kasar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ya, itu risiko berdagang, kalau tidak ada komplain kapan akan maju?


Nah, itulah tips dari saya tentang bagaimana cara menghargai pengunjung-pengunjung situs anda.

Alasan saya membuat artikel ini karena saya tau bahwa, hidupnya sebuah situs yang ingin menghasilkan tidak akan pernah lepas dari yang namanya Pengunjung. Dengan demikian, harapan situs anda untuk dihargai bisa lebih terbuka jika anda mau benar-benar melayani para pengunjung anda. Dan jika pengunjung merasa puas, tak khayal jika pemasukan dan mimpi anda menjadi seorang yang populer bisa tercapai. Serta perusahaan atau bisnis anda bisa dipercaya oleh klien-klien anda.


Sedikit ini yang bisa saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan semoga apa yang anda mimpikan bisa tercapai secepat mungkin. Amin. Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung. Jika ada salah mohon dimaafkan. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Hargai Pengunjung Jika Website / Blog Anda Ingin DiHargai Mahal
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -