Tidak Peduli Kata Orang, Yang Penting Page One 🏆 & Gajian 💰

Jumat, 30 September 2016

Tampilan Iklan Google Adsense TIDAK 100% Full HTTPS

Beberapa dari kita tahu bahwa pihak Google menyarankan kepada semua pemilik situs dengan topik pembahasan apapun untuk pindah ke HTTPS. Pada akhir tahun 2015 kemarin, mereka akhirnya menerapkannya kepada platform blogger sebagai bentuk keyakinan mereka. Namun kenyataannya dan sedikit ironis juga sih, sampai sekarang beberapa dari para pengiklan dalam jaringan Adwords belum semuanya melakukan hal tersebut. Dan hal ini berdampak menimbulkan masalah atau error HTTPS beberapa situs milik publisher AdSense.

not secure

Tampilan yang masih tidak valid https yang saya maksud adalah iklan video.

Coba lihat di address bar browser anda ketika membuka situs publisher AdSense yang menggunakan HTTPS dan ada tampilan iklan videonya, pasti ada tanda peringatan atau seperti gambar di atas jika menggunakan browser Chrome, dan tanda warna kuning untuk Mozzila.

Atau anda bisa buka inspect element (Ctrl+Shift+I), dan jangan kaget jika terdapat banyak problem. Contohnya, lihat gambar di bawah ini:

problem

Cara mengatasi masalah ini

Hampir seluruh blog blogspot yang saya miliki menggunakan HTTPS, karena itu gratis dan dapat membantu meningkatkan peringkat SERP dan meningkatkan pendapatan adsense. Dan pada akhirnya saya menyadari bahwa iklan video membuat masalah, dan melalui informasi yang saya dapat akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasinya.

Cara mengatasinya:
  1. Buka akun AdSense anda
  2. Izin iklan
  3. Penayangan iklan
  4. Non aktifkan "Iklan yang dapat diperluas - tampilkan iklan yang meluas melebihi ukuran unit iklan, mengikuti aksi dari pengguna" dan "Iklan VPAID - menampilkan iklan video VPAID".
Atau bisa lihat gambar di bawah ini:

problem solved


Mungkin ada yang bertanya,

Apakah dengan menerapkan cara di atas dengan menghilangkan iklan video dapat menurunkan pendapatan AdSense?

Saya jawab,

Selama saya menerapkan ini, ya kira-kira hampir 2 bulan lah, pendapatan masih normal dan tidak ada penurunan yang signifikan. Bisa dibilang, masih di batas wajar.


Lucunya, sampai artikel ini dipublish google masih menayangkan iklan yang tidak valid HTTPS. Karena ini memang tidak sesuai dengan apa yang selama ini Google serukan. Apa ini semata-mata karena uang? Entahlah. Tapi, saya yakin dari waktu ke waktu Google AdSense akan 100% Full HTTPS dengan tersadarnya pihak pengiklan jika banyak publisher yang menonaktifkan iklan video karena alasan yang sudah saya sampaikan di atas.


Tambahan!
- Ketika diakses, iklan video ternyata membuat loading situs menjadi agak lambat.


UPDATE 31 OKTOBER 2016

Setelah saya observasi selama seminggu ini, iklan video sudah FULL SUPPORT HTTPS! Anda tak perlu lagi menonaktifkan kedua tombol di atas. Tapi, loading lemot masih berlaku.



-----------

Mungkin sedikit informasi yang saya sampaikan dalam artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda. Jika ada salah dalam penyampaian mohon dimaafkan.

Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Tampilan Iklan Google Adsense TIDAK 100% Full HTTPS
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -
top