Thursday, October 27, 2016

Alasan Semua Indera Manusia Adalah Sumber Ide Menulis

Sumber paling utama memunculkan ide menulis artikel blog dan sebagainya berasal dari semua indera manusia - Percayalah bahwa manusia diciptakan bukan dengan cara yang sembarangan. Sehingga setiap individu memiliki keahlian maupun kelebihan yang bisa saja berbeda dari satu individu ke individu yang lain. Sehingga tidak ada hal yang sulit untuk anda kerjakan, terutama seputar bab tulis menulis.

Manusia diberi akal dan otak untuk berpikir dan bergerak. Cara bergeraknya bagaimana? Itu tergantung siapa yang mengemudikan. "Walau pekerjaan anda saat ini hanyalah tukang becak, namun memiliki semangat bekerja dan kepandaian berpikir, maka tak hayal jika suatu saat nanti anda akan menjadi juragan becak".

Kembali ke topik.

Menulis sangatlah mudah, karena hanya butuh pena untuk menuliskan apapun yang anda pikirkan di kertas. Mau kertas yang digunakan itu bersih atau kotor, anda masih bisa menulis dengan pena bertinta hitam selama ada slot warna putih yang kosong di kertas.

Namun sayangnya anda malah malas menulis karena 'merasa tak berguna', padahal itu anggapan yang tidak pernah dibenarkan. Tak ada salahnya anda menulis, sebelum menulis itu dilarang!

Manusia super

Semua 'indera' (tanpa cacat) adalah sumber ide menulis artikel

Anda jangan pernah berhenti menulis kecuali kalau kena stroke atau wafat. Panca indera adalah sumber ide menulis yang paling efektif dan efisien. Tanpa harus keluar rumah atau blogwalking pun anda bisa menemukan ide menulis.
  1. Coba gunakan mata dan lihat lampu kamar anda. Apakah anda bisa menuliskan sesuatu tentang lampu itu? Misalnya saja, 'manfaat yang anda peroleh' atau 'macam-macam bentuk dari 'objek' (lampu)' tersebut. Kalau ada tulis saja.
  2. Coba minum teh yang ada di depan anda. Apa yang anda rasakan dan apakah muncul ide untuk menuliskan hal-hal yang berkaitan dengan teh tersebut? Misal, 'khasiat' atau 'cara membuat teh yang enak'.
  3. Sekarang anda jalan-jalan keluar rumah, kemudian indera telinga menangkap suara orang sedang bercengkrama dengan lawan bicaranya. Dari sekedar mendengarkan saja anda bisa menciptakan sebuah tulisan, entah: 'masalah yang sedang diperbincangkan' orang tersebut atau 'bagaimana cara menyampaikan sebuah kabar yang benar kepada lawan bicara'.
  4. Ketika menuangkan air panas dari teko ke termos, tiba-tiba tangan anda merasakan panas karena tersirat gemercik air panas. Muncullah ide, 'menyembuhkan luka bakar dengan odol'.
  5. Saat mencium aroma wangi parfum dengan hidung, muncullah ide menulis. Judulnya, '9 jenis parfum yang wanginya tahan lama'
Dari kelima hal yang sudah saya sebutkan di atas, Apakah anda masih merasa kebingungan untuk menemukan ide menulis? Sebenarnya, mau tulisan anda 'kasar' (bukan tulisan jorok, tapi maksudnya masih acak-acakan) itu bukanlah masalah. Karena menjadi seorang penulis profesional pun mengalami tahap dimana tulisan mereka juga acak-acakan. Enggak percaya kalau tulisan awal mereka pernah acak-acakan? Saran saya, silakan saja anda tanyakan langsung kepada beliau-beliau yang anda anggap sebagai penulis profesional.

Tulis Menulis

Apabila anda ingin menciptakan sebuah tulisan yang luar biasa dan berkualitas, tentunya disini akal anda juga harus ikut bekerja. Dimana akal akan membuat ide-ide yang anda dapatkan terolah dan berkembang, hingga akhirnya memperoleh sebuah karya tulis yang luar biasa nan berkualitas. Tapi jika anda sudah sering copy paste tulisan orang, anda akan kesulitan mengembangkan ide tulisan original anda. Karena menurut penelitian dari beberapa ahli, keseringan menyalin atau menyontek dapat menutup daya kreatifitas anda dalam berpikir.

Pertanyaan saya:
  • Apa alasan anda menulis?
  • Tujuannya apa?
  • Sampai mana pengalamanan menulis anda?
  • Berapa banyak tulisan yang sudah anda buat?
Empat pertanyaan di atas ini silakan anda jawab tanpa harus saya tau. Karena jawaban keempat pertanyaan tersebut menjadikan tolak ukur perjalanan anda menulis selama ini. Berhasil atau tidak, semuanya tergantung kerja keras anda.

Selesai sudah alasan kenapa semua 'indera' (tanpa cacat) manusia dapat menjadi sumber ide tulisan artikel. Semoga yang sedikit ini dapat menyadarkan anda bahwa tidak ada batasan bagi kita untuk menulis.
Tetaplah menulis dan bagikan manfaat didalamnya!
Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/
Alasan Semua Indera Manusia Adalah Sumber Ide Menulis
author
Tulisan yang bersifat positif dapat mengurangi tingkat depresi si penulis dan si pembaca- Ngeblog Asyikk -